Cara Mudah Mengekstrak File Zip dan Rar Menggunakan Hp Android

ekstrak zip dan rar

Jika anda sering bergelut menggunakan komputer, tentu tidak asing lagi dengan file kompresi Zip dan Rar yang berfungsi untuk mengumpulkan beberapa file menjadi satu dengan ukuran yang lebih kecil. Saat anda mengunduh beberapa file dari hasil browsing, biasanya anda juga menjumpai file-file yang telah diubah menjadi berformat Zip atau Rar agar file lebih cepat dan mudah saat diupload maupun didownload.

Bagi uploader, merubah file menjadi bentuk zip atau rar juga menjadi solusi saat terkena batasan ukuran ketika hendak mengupload file yang terlalu besar. File akan menjadi kecil ukurannya saat diubah menjadi bentuk zip atau rar ini. Selain itu, Ukuran file yang telah dikompres menjadi file berekstensi zip maupun rar juga berfungsi untuk menghemat kapasitas penyimpanan sehingga pemakaian data internet juga lebih hemat saat kita mengunggah maupun mengunduhnya. Meski begitu, file akan kembali ke ukuran aslinya setelah diekstrak kembali. 

Meski format Zip dan Rar merupakan tipe file yang berbeda, namun keduanya memiliki fungsi yang hampir sama yakni untuk memudahkan pemindahan file-file dalam satu paket. Untuk membuka atau mengekstrak kedua format file ini, kita bisa melakukannya dengan mudah menggunakan software aplikasi dari PC yaitu WinRAR dan WinZIP. Namun bagaimana jika kita hanya menggunakan smartphone, apakah bisa?. Jawabannya tentu saja juga bisa. 

Seiring berkembangnya teknologi, apa yang sebelumnya hanya bisa dilakukan lewat komputer sebagian besar kini juga bisa dilakukan lewat smartphone, salah satunya yaitu untuk mengekstrak file ZIP dan RAR. Dengan menggunakan aplikasi yang diunduh dari google play store, kita juga dapat dengan mudah mengekstrak file Zip dan Rar cukup menggunakan hp smartphone android kita. Bagaimana caranya?, simak penjelasan di bawah ini. 

Cara Mengekstrak File Zip dan Rar dengan Hp Android

Saat anda membuka google play store, mungkin ada beberapa aplikasi pengekstrak rar maupun zip yang bisa anda jumpai di sana. Namun dari beberapa yang ada, saya sarankan untuk pilih aplikasi ZArchiver. Aplikasi ini cukup ringan dan mudah digunakan untuk mengekstrak file zip dan rar. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung beberapa format lainnya seperti 7Z, tar, tar.gz, tar,xz, dan tar.lz4. Untuk cara penggunaannya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

1. Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi ZArchiver dari Google Play Store. Anda bisa mencarinya lewat kolom pencarian. 

instal zarchiver

2. Buka aplikasi ZArchiver dan cari file yang hendak anda ekstrak. 

pilih file

3. Setelah dipilih, maka muncul pilihan untuk mengekstraknya, silahkan pilih Ekstrak disini. 

ekstrak di sini

4. Hasilnya akan langsung muncul file dari hasil ekstrak tersebut. Anda juga bisa membukanya lewat folder pada file smartphone anda. 

hasil ekstrak

Cukup mudah bukan?. Demikianlah cara mengekstrak file Zip dan Rar menggunakan aplikasi ZArchiver dari Hp Android. Ohya, selain mengekstrak file, anda juga bisa melakukan kompres file menggunakan aplikasi ini. Semoga bermanfaat. 

Labels: Tips & Cara

Thanks for reading Cara Mudah Mengekstrak File Zip dan Rar Menggunakan Hp Android. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Mudah Mengekstrak File Zip dan Rar Menggunakan Hp Android"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.