Ngeblog Lewat/ Pakai Hp, Kenapa Tidak

ngeblog pake hp
ilustrasi 

Bagi kebanyakan orang, aktivitas blogging lewat hp/ hape (handphone) mungkin kurang lumrah. Namun dari kekurang-lumrahan ini, saya ingin menjadikannya lumrah setidaknya bagi diri saya pribadi. Percaya atau tidak, hingga saat ini dan detik ini Alhamdulillah saya masih beraktivitas blogging memakai handphone smartphone saya. Bukan smartphone terbaru atau yang tercanggih seharga puluhan juta rupiah, tetapi bisa dikatakan hp smartphone jadul yang kini sudah lumayan ketinggalan zaman.

Hp (handphone) adalah ibarat kebutuhan manusia masa kini yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Bagi kebanyakan orang, hape biasa digunakan untuk alat berkomunikasi, browsing, bersosial media, menonton youtube, atau bermain game. Namun bagi saya, hp juga bisa dimanfaatkan untuk aktivitas blogging dengan membuat dan mengelola sebuah web atau blog. Merawat atau mengelola blog menggunakan hp sebetulnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan laptop. Setidaknya itulah yang saya rasakan selama menjalani aktivitas ini. 

Seperti tertera pada judul artikel ini, pada postingan kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman selama menekuni dunia blog, terutama kaitannya dengan penggunaan hape untuk aktivitas ini. Sampai saat ini, ngeblog bagi saya pribadi merupakan aktivitas sampingan di sela-sela aktivitas dunia nyata untuk menyalurkan hobi menulis, mengalihkan stress, dan mencurahkan apa yang ada di pikiran. Ngeblog juga menjadi sarana untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki agar dapat bermanfaat bagi orang lain. 

Akhir tahun 2015 merupakan tahun dimana blog ini dibuat. Sebelum terciptanya blog ini, saya sempat berpikir bagaimana saya bisa menulis di blog padahal tidak punya laptop atau komputer. Sebetulnya saat kuliah memang pernah punya, tapi sayangnya setelah lulus laptop tersebut harus berpisah dengan saya. Untungnya kebetulan saat itu saya memiliki hape smartphone android yang sudah lumayan 'canggih' pada masa itu. Meski layarnya kecil, Samsung Galaxy Y Neo Duos S5312 menjadi bidan dari lahirnya blog ini. 

Alhamdulillah hingga saat ini hp yang saya pakai sejak tahun 2014 ini juga masih berfungsi meskipun jarang digunakan. Saya tidak bisa membayangkan kalau sekarang saya harus ngeblog lagi pakai hape tersebut. Saya pernah mencobanya lagi tapi tetap tidak bisa dan selalu salah ketik karena layarnya yang sangat kecil. Tapi pada kenyataannya, awal mula ngeblog sampai sekitar tahun 2017, dari hape itulah saya menulis postingan dan mulai belajar mengutak-atik template html. Mungkin terdengar kurang waras, tidak normal, atau tidak masuk akal, tapi itulah yang saya lakukan.

Sekitar pertengahan tahun 2017, saya memutuskan untuk beli handphone (smartphone) android baru yaitu Samsung Galaxy J1 2016. Hal ini sebetulnya lebih kepada agar tidak dikatakan ketinggalan zaman meskipun hp tersebut keluaran tahun sebelumnya (2016). Tetapi sayangnya, dari awal tahun 2017 hingga awal 2019 tahun lalu, saya justru jarang sekali membuka blog ini. Postingan yang saya buat sepanjang tahun itu juga tampaknya tidak lebih dari 20 artikel. Meski sesekali saya masih mengeceknya, entah kenapa sangat sulit bagi saya untuk mulai aktif kembali ngeblog. 

Moment itu akhirnya datang di awal tahun 2019 (sekitar pertengahan Maret). Jujur saja memang saya aktif ngeblog kembali setelah blog ini diterima di Google Adsense. Secara tidak sengaja membaca artikel tentang Google Adsense, tanpa berpikir panjang saya langsung coba daftarkan blog ini di google adsense. Tidak dinyana, dalam dua kali mencoba blog ini berhasil diterima sebagai publisher adsense. Padahal saya ingat saat itu saya masih vakum alias belum membuat artikel lagi. Namun dari peristiwa inilah akhirnya saya coba memaksakan diri untuk terjun lagi merawat blog ini. 

postingan blog

Masih tetap menggunakan hape, kali ini Samsung Galaxy J1 2016 gantian menemani langkah saya dalam menandai kembalinya saya di dunia blog. Memang sulit untuk memulainya kembali. Tapi dengan layar ponsel yang sedikit lebih lebar, setidaknya postingan jadi lebih mudah diatur sehingga cukup membantu. Meskipun sekarang hape ini juga sudah terbilang jadul, tapi hape inilah yang hingga kini masih setia menemani saya dalam menjalani aktivitas sebagai blogger. 

Meskipun ngeblog pakai hp, saya selalu memastikan agar blog ini bisa seperti blog-blog lain pada umumnya. Setiap kali melakukan aktivitas blogging, saya memang selalu membayangkan sedang beraktivitas lewat laptop meskipun sebenarnya pakai hape. Ini sudah saya lakukan sejak awal mula membuat blog ini. Oleh karenanya, sejak dulu saya selalu menggunakan Google Chrome dengan tampilan desktop setiap kali hendak membuat postingan. Sempat memang mencoba aplikasi blogger yang ada di google play store, tapi saya hapus lagi karena lebih nyaman dan lebih lengkap fiturnya jika diakses lewat browser. 

Begitu pula saat utak-atik kode di dalam template, mendesain tampilan blog, saya juga melakukannya lewat browser google chrome tampilan desktop meski diakses lewat mobile (handphone). Saya selalu memastikan blog ini bisa tampil responsive meskipun hanya terlihat dari layar hape yang disetting versi desktop. Untung saja di awal tahun 2020 ini ada update tampilan blogger sehingga kini membuat postingan atau mengedit template bisa diakses dengan lebih mudah lewat versi mobilenya. Untuk meningkatkan kinerja blog, saya juga melengkapi blog ini dengan tool-tool penting seperti Google Webmaster (Search Console), Google Analytics, dan lain sebagainya.

Untuk membuat postingan, saya memang tidak menuliskannya langsung di dashboard blogger agar lebih mudah. Postingan saya tulis terlebih dulu di aplikasi catatan bawaan Samsung yaitu Memo. Ini tentunya lebih efektif dan efisien karena seperti yang anda tahu menulis juga butuh waktu yang tidak sebentar. Dengan menulisnya lebih dulu di memo, saya bisa lebih santai dan hp juga tidak harus selalu tersambung dengan paket data. Setelah artikel selesai dibuat, barulah kemudian dipindahkan ke dalam menu postingan blogger. Selesai diatur dan tambahkan gambar pendukung, artikel pun siap dipublish. 

Ada beberapa kelebihan atau tepatnya kemudahan yang saya rasakan saat ngeblog pakai hp. Jika laptop biasanya dipakai pada saat-saat tertentu, dengan hape saya bisa ngeblog kapan saja dan di mana saja. Tidak jarang di sela-sela aktivitas dunia nyata saya sempatkan membuka catatan untuk sekedar merangkai kalimat sebagai bahan postingan. Ide-ide yang terlintas di pikiran juga dapat segera dituliskan kerangkanya sebelum kelupaan. Intinya, di balik setiap keterbatasan itu ada celah yang bisa dibuat menjadi lebih mudah, bukan malah dipersulit. 

Apakah selama ini saya benar-benar tidak pernah menggunakan laptop/ komputer saat mengelola blog ini?. Jawabannya belum pernah sama sekali masuk dashboard blogger menggunakan laptop/ komputer. Termasuk saat mendaftarkan blog ini di Google Adsense, Google Analytics, Google News dan lainnya, semua dilakukan pakai hp. Kalaupun beberapa kali saya meminjam laptop milik teman atau saudara, itu lebih kepada urusan lain. Kaitannya dengan blog ini paling hanya untuk mengecek tampilannya di layar komputer (PC). 

Entah sampai kapan saya akan ngeblog pakai hape, mungkin sampai nanti saya bisa membeli laptop dari hasil mengelola blog ini. Tapi yang jelas, saya masih menikmati aktivitas yang saya jalani ini. Biarlah orang berkata apa, setidaknya saya masih cukup waras untuk merawat dan membesarkan blog ini. Dan biarlah orang memandang rendah saya, setidaknya saya mencoba berguna lewat tulisan-tulisan di blog ini. 

Memang alangkah lebih baik jika ngeblog itu semestinya menggunakan laptop (PC/ komputer). Ada beberapa hal yang tidak bisa tergantikan dari fitur-fitur dalam komputer. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk ngeblog lewat hape bagi anda yang belum punya laptop. Saya yakin hp anda mungkin juga lebih bagus dan lebih canggih dari hape saya. Sayang jika ide-ide atau inspirasi hanya menggantung di pikiran anda. Tulislah ide-ide tersebut ke dalam wadah blog walaupun hanya bisa pakai hp. Setidaknya anda bisa berkaca dari pengalaman saya ini. Ngeblog Pakai Hp, Kenapa Tidak. Salam. 

Labels: Blogging

Thanks for reading Ngeblog Lewat/ Pakai Hp, Kenapa Tidak. Please share...!

0 Komentar untuk "Ngeblog Lewat/ Pakai Hp, Kenapa Tidak"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.