Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen (Bag. II)

Merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya (Baca: Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen Bag. I), pada postingan ini kita akan kembali mengenal beberapa wisata pantai cantik dan eksotis yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Kebumen. Pantai-pantai di Kebumen memang terkenal akan keindahan alam pesisir yang disajikan sehingga sangat disayangkan jika anda sedang berada di Kebumen namun melewatkan untuk berkunjung ke beberapa wisata bahari tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasinya untuk anda. 

1. Pantai Petahanan 


pantai petanahan
via travel.detik.com

Dengan deburan ombak khasnya, pantai petanahan telah dikenal sejak dahulu sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kebumen. Meski kini pamornya mulai tergeser oleh pantai-pantai lainnya di Kebumen, pantai Petanahan masih menjadi favorit tempat wisata bagi warga Kebumen dan sekitarnya. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan sarana prasarana yang komplit sehingga wisatawan dapat berplesiran dengan nyaman di pantai ini. Ombaknya memang cukup besar sehingga ada larangan berenang di pantai ini. Meski begitu, panorama sekitar pantai yang indah tetap bisa anda nikmati sembari bermain pasir atau bersantai memandangi birunya laut. Pantai Petanahan berlokasi di desa Karanggadung, kecamatan Petanahan.

2. Pantai Lampon 


pantai lampon
via jejakpiknik.com

Wilayah kecamatan Ayah dengan perbukitan karstnya memang banyak memunculkan destinasi wisata pantai khas dan jempolan yang tiada duanya. Pengelolaan yang baik juga telah menjadikan pantai-pantai tersebut semakin dikenal luas oleh para wisatawan. Salah satu di antara wisata bahari tersebut yaitu pantai Lampon yang berlokasi di desa Pasir kecamatan Ayah. Pantai Lampon menyuguhkan panorama pantai tersembunyi dengan keindahan alam perbukitan dan pepohonan hijau yang berada di dekatnya. Pantai ini memiliki pasir berwarna coklat berpadu dengan air laut yang berwarna biru kehijauan. Bagi anda yang hobi berfoto selfie, banyak spot-spot foto menarik untuk memenuhi ruang galeri foto anda. 

3. Pantai Bopong 


pantai bopong
via travelingyuk.com

Berlokasi di desa Surorejan Kecamatan Puring, pantai Bopong kini mulai dikenal wisatawan karena keindahan pesona pantainya. Pantai ini juga memiliki laguna cantik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin datang mengunjunginya. Meski belum begitu populer, pantai Bopong menyajikan pemandangan pantai yang asri dan alami dengan gulungan ombak yang menari-nari di lepas pantainya. Beberapa fasilitas seperti mushala, warung makan dan lainnya juga telah dibangun oleh pihak pengelola untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang ke tempat ini. Jika anda berkunjung ke sini, jangan lupa untuk menikmati cantiknya matahari terbenam (sunset) di pantai Bopong ini. 

4. Pantai Logending/ Ayah 


pantai logending
via potensijateng.com

Pantai Logending atau juga disebut pantai Ayah merupakan pantai cantik dengan pemandangan eksotisnya yang berada di desa Ayah, kecamatan Ayah, Kebumen. Seperti halnya pantai petanahan, pantai Logending juga telah lama dikenal sebagai destinasi wisata Kebumen yang selalu ramai akan kunjungan wisatawan saat akhir pekan atau memasuki musim liburan. Pantai ini memiliki pasir hitam kecoklatan dengan pemandangan hutan mangrove yang tampak hijau dan menyejukkan mata. Banyak spot-spot foto menarik bagi anda yang ingin berburu foto selfie. Fasilitas yang tersedia di tempat ini juga cukup lengkap meliputi arena bermain, naik perahu, tempat ibadah, hingga warung-warung makan.

5. Pantai Pedalen 


pantai pedalen
via lintaskebumen.wordpress.com

Pantai dengan pemandangan kapal-kapal nelayan yang berlalu lalang ini berlokasi di desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kebumen. Pantai Pedalen juga dikenal karena biasa menjadi tempat observasi bulan untuk melihat posisi hilal saat hendak menentukan bulan puasa atau awal bulan dalam kalender Hijriyah. Keunikan lainnya dari pantai berpasir putih ini yaitu pengunjung juga dapat melihat dari dekat indahnya bebatuan karang yang merupakan gugusan karst di wilayah ini. Untuk memanjakan pengunjung yang datang, tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung meliputi spot selfie seperti bukit love, bukit pandang, saung-saung di pinggir pantai, dan lain sebagainya. 

6. Pantai Karang Bolong 


pantai karang bolong
via lintaskebumen.wordpress.com

Bersebelahan dengan pantai Suwuk, pantai Karang Borong berlokasi di desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Pantai cantik berpasir kelabu ini memiliki kontur landai yang dibatasi oleh perbukitan batuan sedimen klastik yang berasal dari gunung api. Selain keindahan pesisirnya, pantai ini juga dikenal karena keberadaan goa Karangbolong yang dihuni oleh ribuan burung lawet yang menjadikan goa ini sebagai sarangnya. Goa inilah yang menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri dari pantai ini yang selalu dapat menyedot wisatawan untuk berkunjung. Keberadaan burung lawet ini pula yang mengilhami pemerintah Kabupaten Kebumen saat menjadikan burung lawet sebagai lambangnya. 

7. Pantai Pecaron 


pantai pecaron
via iqbalkautsar.com

Kembali ke bagian barat, kali ini kita menjumpai pantai Pecaron yang berlokasi di desa Srati, kecamatan Ayah, Kebumen. Jika anda pernah mengunjungi pantai menganti, pantai Pecaron ini berjarak sekitar 100 meter ke arah timur dari pantai menganti. Ciri khas dari pantai ini yaitu memiliki pasir halus berwarna gelap dengan deburan ombak yang cukup besar. Pantai ini juga memiliki pemandangan alam berupa perbukitan yang hijau sehingga tampak asri dan menyejukkan mata. Karena suasananya yang tidak terlalu ramai, tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin merasakan kedamaian sembari bersantai melepas penat. 

Itulah informasi tentang beberapa wisata pantai cantik nan eksotis di wilayah Kebumen bagian kedua. Baca Berikutnya: Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen (Bag. III)

Labels: Jelajah, Kebumen

Thanks for reading Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen (Bag. II) . Please share...!