Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen (Bag. III)

Merupakan bagian terakhir dari dua artikel sebelumnya (Baca: Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen Bag. I dan juga Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen Bag. II), pada postingan kali ini kembali akan kami informasikan tentang pantai-pantai cantik dan eksotis lainnya di wilayah Kabupaten Kebumen. Pantai-pantai tersebut sebagian telah dikenal oleh masyarakat sehingga cukup populer di kalangan wisatawan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasinya. 

1. Pantai Patemon/ Watu Pawon 


pantai patemon
via safarum.blogspot.com

Patemon adalah nama pantai eksotis dengan perbukitan menawan yang berlokasi di desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kebumen. Pantai ini didominasi oleh tebing atau bukit mirip pantai Watu Bale sehingga biasa juga disebut pantai Watu Pawon. Banyak spot-spot foto menarik dan instagramabble di pantai ini untuk memanjakan setiap pengunjung yang datang. Salah satunya yaitu spot jembatan pelangi yang letaknya agak menjorok ke bibir tebing. Lokasi ini menjadi tempat favorit selfie wisatawan dengan latar belakang birunya laut selatan dan bukit-bukit indah menawan. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap seperti tempat parkir, mushala, kamar mandi, gazebo, warung-warung makan dan lain sebagainya. 

2. Pantai Tanjung Karang Penganten 


pantai tanjung karang penganten
via pesonaindonesia.top

Masih di desa Pasir kecamatan Ayah, anda juga dapat mengunjungi pantai Tanjung Karang Penganten dengan keindahan tanjungnya yang menjorok ke lautan Samudera Hindia. Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung harus berjalan menyisir tepian bukit karst yang langsung berbatasan dengan lautan luas sehingga mesti berhati-hati agar tidak terpeleset, karena jalan juga cukup sempit dan kadang dijumpai titik jalanan terjal dan berbahaya. Namun begitu sampai di pantainya, anda akan disambut oleh pemandangan indah dan mempesona dengan sajian alam yang ditawarkan. Selain Tanjung Karang Penganten, ada juga tanjung lainnya seperti Tanjung Nagasari, Tanjung Karangbata, dan Tanjung Karangbolong. Beberapa goa alami juga dapat anda jumpai di sekitar pantai ini.  

3. Pantai Laguna Lembupurwo 


pantai lembupurwo
via wikipedia.org

Berlokasi di desa Lembupurwo, kecamatan Mirit, Kebumen, kita bisa menjumpai pantai Lembupurwo yang berada sekitar 1,5 km arah Selatan dari Jalan Daendels. Pantai ini cukup terkenal karena menyajikan suasana pantai yang masih alami dengan lagunanya yang menawan. Pantai ini juga dilengkapi dengan hamparan pohon cemara yang hijau sehingga terasa semakin sejuk berada di pantai ini. Pantai Lembupurwo memiliki pasir hitam seluas kurang lebih 3 km dengan ombak cukup besar khas pantai selatan pada umumnya. Jika datang di waktu yang tepat, anda juga dapat menyaksikan indahnya pemandangan sunset dan sunrise dari pantai Lembupurwo ini. Ohya di dekat pantai ini juga ada pantai Rowo yang tidak kalah indahnya dengan pantai ini. 

4. Pantai Wedi Putih


pantai wedi putih
via inibaru.id

Terletak di sekitar pantai Karang Agung, pantai Wedi Putih berlokasi di desa Argopeni kecamatan Ayah, Kebumen. Pantai ini memiliki garis pantai tidak terlalu luas dan memiliki pasir putih atau dipenuhi kerikil kecil yang terserak. Meski mungkin masih terdengar asing bagi banyak orang, pantai ini menyuguhkan panorama pantai yang indah bersanding dengan tebing-tebing karang yang tampak gagah berdiri menjulang. Memang butuh perjuangan ekstra dengan menyusuri jalan setapak untuk sampai di pantai tersembunyi ini. Meski begitu, semua akan terbayarkan manakala sampai di lokasi. Tidak hanya itu saja, di sekitar pantai ini juga dijumpai air terjun lumayan tinggi yang semakin melengkapi keindahan dari pantai ini. 

5. Pantai Ambal 


pantai ambal
via pantaiinside.blogspot.com

Berjarak sekitar 25 kilometer dari kota Kebumen, pantai Ambal berlokasi di desa Ambalresmi, kecamatan Ambal, Kebumen. Pantai ini cukup terkenal di kalangan wisatawan terutama bagi masyarakat Kebumen bagian timur dan sekitarnya. Pantai Ambal memiliki hamparan pasir lembut sepanjang 500 meter dan lebar 250 meter. Pengunjung dapat bermain air, membuat istana pasir atau berlarian sepuasnya menyusuri luasnya pantai ini. Areanya juga cukup bersih dan nyaman sehingga pengunjung akan betah untuk berlama-lama di pantai ini. Di pantai ini, wisatawan juga dapat bersantai sembari duduk-duduk memandangi alunan ombak besar yang bergulung-gulung menghempas ke pantai. 

6. Pantai Criwik 


pantai criwik
via screenshot youtube/ Pejalan Amatir

Beralih ke kecamatan Puring, di sini kita akan menjumpai pantai Criwik yang berada di dusun Criwik, desa Tambakmulyo, kecamatan Puring. Lokasi pantai ini bersebelahan dengan pantai Suwuk sehingga anda bisa mengunjungi dua pantai ini sekaligus secara bergantian. Pantai Criwik memiliki ciri khas pasir berwarna hitam dengan ombak besar khas pantai selatan Jawa. Di bagian barat pantai ini, terpampang panorama alam perbukitan yang membentang dengan gagahnya. Meski fasilitasnya belum selengkap pantai tetangganya, pantai ini masih alami sehingga suasana yang ditampilkan lebih natural, tenang, dan damai. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan diri sembari merefresh pikiran dari rumitnya kehidupan. 

7. Pantai Tanggulangin 


pantai tanggulangin
via edialisme.blogspot.com

Berjarak sekitar 23 km arah selatan Kota Kebumen, Tanggulangin adalah nama pantai dengan bentangan pemandangan indah yang menjadi muara dari Sungai Lukulo. Pantai ini berlokasi di desa Tanggulangin kecamatan Klirong, Kebumen. Selain pemandangan pantainya, pantai Tanggulangin juga dikenal karena keberadaan mercusuar legendaris yang berada di dekat pantai ini. Mercusuar ini berfungsi sebagai pemancar sinyal dan rambu laut bagi kapal besar dan nelayan yang melaut di malam hari. Meski begitu, wisatawan juga dapat naik ke atas mercusuar untuk dapat melihat indahnya pemandangan laut dari atas ketinggian. Biasanya para pengunjung yang naik ke atas mercusuar akan dibatasi jumlahnya sesuai kapasitas yang diperbolehkan. 

Itulah informasi tentang beberapa wisata bahari di Kebumen. Selain yang sudah disebutkan pada artikel sebelumnya dan juga artikel kali ini, sebetulnya masih ada beberapa pantai lainnya di Kebumen yang belum begitu dikenal karena belum dikelola atau masih dalam tahap pengembangan. Oleh karenanya, tidak menutup kemungkinan nantinya bakal muncul wisata pantai-pantai baru lainnya di Kebumen. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah, Kebumen

Thanks for reading Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen (Bag. III) . Please share...!