7 Wisata Taman Hiburan di Kebumen

Berwisata bersama sahabat atau keluarga tercinta memang menjadi momen yang tepat untuk saling mengenal pribadi masing - masing karakter. Oleh karenanya, mengunjungi tempat wisata berupa taman rekreasi atau wahana hiburan menjadi destinasi yang tepat untuk meluangkan waktu bersama saat mengisi liburan. Jika anda sedang berada di kota Kebumen, beberapa tempat wisata di bawah ini mungkin bisa anda jadikan rujukan untuk mengisi musim liburan anda. 


1. Kampung Etnik Kebumen 


kampung etnik
via topwisata.info

Kampung Etnik Kebumen merupakan salah satu tempat wisata di Kebumen yang menyajikan sensasi kearifan lokal dan budaya tradisional khas jawa. Lokasinya berada di dukuh Legok Rt 01,06, Legok Lor, Pejagoan, Kec. Pejagoan, Kebumen. Di tempat ini, pengunjung akan disambut oleh bangunan bungalow unik bernuansa etnik. Suasana yang ditampilkan juga sangat cocok untuk berburu spot-spot foto selfie yang keren dan instagenik. Beberapa wahana yang tersedia di kampung etnik Kebumen di antaranya yaitu bungalow, kolam renang, sewa baju adat, flying fox, sepeda air, akuarium, dan sebagainya. 

2. Jemur Adventure Park (JAP) 


jemur adventure park
via ihategreenjello.com

Jemur Adventure Park, atau juga dikenal dengan nama JAP Kebumen merupakan wahana wisata alam berkonsep Adventure Outbond yang berlokasi di desa Jemur, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen. Tempat wisata yang masih dalam proses pengembangan ini didirikan melalui program PNPM yang bertujuan untuk mengembangkan potensi desa. Meski tergolong obyek wisata baru, animo pengunjungnya sudah cukup banyak meski kebanyakan berasal dari wisatawan lokal. Beberapa wahana permainan yang bisa dijumpai di tempat ini di antaranya yaitu great wall climbing, sliding rope, flying fox, rail ways, elwys walk, dan sebagainya. 

3. Kedungdowo Adventure Park 


kedung dowo adventure park
via twitter.com

Berlokasi di desa Kedungdowo, Kecamatan Poncowarno, Kebumen, obyek wisata Kedungdowo Adventure menyajikan keindahan panorama alam berupa pegunungan, air terjun, dan lainnya. Salah satu yang menjadi favorit pengunjung yaitu Gunung Pusar Bumi yang merupakan sebuah bukit titik tertinggi di desa Kedungdowo. Pengunjung juga dapat berkemah sembari menyambut datangnya pagi untuk melihat sunrise yang cantik. Selain itu, dijumpai pula curug-curug indah yang belum banyak terjamah oleh wisatawan. Wahana-wahana yang bisa dinikmati pengunjung di tempat wisata ini antara lain flying fox melintasi waduk pejengkolan, rapelling wall, naik perahu, jembatan gantung, dan lain sebagainya. 

4. Brujul Adventure Park 


brujul adventure park
via explorewisata.com

Brujul Adventure Park (BAP) merupakan obyek wisata alam yang dirintis oleh masyarakat desa Peniron kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Tempat wisata yang diresmikan pada tanggal 30 April 2017 ini berjarak kurang lebih 12 km dari kota Kebumen. Brujul sendiri adalah nama sebuah gunung di kawasan hutan ini yang juga memiliki nama lain gunung Srandil dan gunung Gedung. Beberapa fasilitas dan wahana yang bisa dinikmati pengunjung di tempat ini antara lain flying fox, sepeda layang, panahan dan wahana balon udara. Tersedia juga gazebo untuk tempat istirahat serta tempat acara reuni atau kumpul keluarga.

5. Taman Kota Jenderal HM Sarbini 


taman kota hm sarbini
via tempatwisataunik.com

Berlokasi di dekat pusat kota Kebumen, Taman Kota Jenderal HM Sarbini berada di jalan Ahmad Yani, atau berjarak sekitar 1,7 km dari Alun-Alun kota Kebumen. Nama taman ini sendiri diambil dari nama jenderal HM Sarbini, tokoh yang menjadi kebanggaan masyarakat Kebumen karena kiprahnya di militer dan pemerintah. Taman kota ini dibuka pada tahun 2012 dan memiliki luas kurang lebih 7.860 meter persegi. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga tercinta karena memiliki suasana yang asri dengan sejumlah pepohonan yang rimbun. Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat ini di antaranya yaitu bangunan pendopo, taman, spot-spot foto keren, area bermain anak, dan lain sebagainya. 

6. Taman Bunga Ambal 


taman bunga ambal
via inews.id

Terletak di area persawahan wilayah pesisir pantai Ambal, kebun bunga Ambal berlokasi persis di desa Ambalresmi, kecamatan Ambal, kabupaten Kebumen. Taman ini sudah ada sejak tahun 2018 dan telah banyak menarik animo wisatawan untuk berkunjung. Kebanyakan dari mereka datang untuk berswafoto dengan latar hamparan bunga yang cantik berwarna-warni. Sejumlah tanaman hias yang ditanam di lahan seluas 600 meter persegi ini di antaranya yaitu bunga matahari, magona, pagoda, suring, dan bunga-bunga lainnya. Sejumlah fasilitas pendukung juga telah dibangun untuk melengkapi tempat wisata ini seperti warung makan, jembatan selfi, dan lainnya. 

7. Taman Reptil Adiluhur 


taman reptil
via bernasnews.com

Anda ingin berlibur sembari mengenalkan beberapa hewan reptil kepada buah hati tercinta, silahkan datang saja ke Taman Reptil Adiluhur yang berlokasi di Jl. Kaleng No. 11 Desa Adiluhur, Dukuh Alasmalang, RT.02/RW.03, Gebang, Adiluhur, Kec. Adimulyo. Di tempat ini, pengunjung dapat liburan sembari mengenal, belajar, serta berinteraksi dengan beberapa satwa reptil seperti ular, buaya, kadal australia dan lainnya. Beberapa hewan lain juga dijumpai seperti musang, kucing hutan, landak, dan masih banyak lainnya. Selain itu, pengunjung juga dapat diberikan edukasi tentang pembelajaran bahasa Inggris karena desa Adiluhur ini juga merupakan Kampung Wisata yang ada di Kabupaten Kebumen.

Demikianlah informasi tentang beberapa tempat wisata taman dan hiburan di Kebumen yang kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah, Kebumen

Thanks for reading 7 Wisata Taman Hiburan di Kebumen. Please share...!