10 Tempat Wisata Hits dan Populer di Kebumen

Kebumen merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal akan keragaman kondisi alam yang indah tiada duanya. Meski sebagian wilayah merupakan dataran rendah, beberapa wilayah di Kabupaten ini merupakan daerah pantai dan pegunungan sehingga banyak dijumpai tempat-tempat wisata eksotis yang selalu ramai akan kunjungan wisatawan. Melansir dari wikipedia, ada lebih dari 50 tempat wisata yang tersebar di Kabupaten Kebumen. Namun pada kesempatan kali ini, akan kami informasikan 10 di antaranya destinasi wisata yang cukup hits dan populer di kalangan wisatawan. 

1. Bukit Pentulu Indah 


bukit pentulu indah
via explorewisata.com

Wisata bertema perbukitan memang menjadi trend kunjungan wisatawan dewasa ini, salah satunya yaitu Bukit Pentulu Indah yang berlokasi di desa Kaligending, Karangsambung, Kebumen. Bukit Pentulu Indah merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup hits di Kebumen, khususnya di kalangan muda-mudi. Di tempat ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah berupa kawasan perbukitan luas dengan landskap alam yang begitu mempesona. Tersedia gardu pandang untuk dapat menikmati indahnya panorama alam atau berburu spot foto-foto menarik. Pada saat-saat tertentu, gagahnya gunung Sindoro dan Sumbing juga dapat disaksikan dengan jelas dari atas puncak bukit ini.

2. Pantai Menganti 


pantai menganti
via idntimes.com

Dikaruniai banyak pantai eksotis nan mempesona, pantai Menganti menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Kebumen yang wajib masuk daftar list kunjungan wisata anda. Pantai yang terkenal akan keindahan kawasan pesisir dengan hijaunya alam perbukitan ini berlokasi di desa Karangduwur, kecamatan Ayah, Kebumen. Banyak orang mengatakan pemandangan di pantai ini mirip dengan pemandangan di New Zealand sehingga sangat sayang untuk anda lewatkan. Pasirnya yang putih dengan deretan pohon kelapa di pinggir pantai juga semakin melengkapi keindahan dari pantai ini. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung seperti tempat parkir, warung makan, mushola, bahkan hotel atau penginapan.

3. Goa Jatijajar 


goa jatijajar
dok. pribadi

Berwisata di kota Kebumen akan kurang lengkap jika belum berkunjung ke Goa Jatijajar di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Sebelum banyak dijumpai tempat-tempat wisata seperti sekarang ini, goa Jatijajar memang telah dikenal sebagai salah satu wisata andalan Kebumen sedari dulu. Goa ini memiliki panjang sekitar 250 meter dari mulut goa hingga pintu keluarnya. Terdapat fasilitas jembatan, tangga, dan lampu penerangan yang cukup di dalam goa sehingga pengunjung dapat melihat-lihat dengan jelas isi rongga dalam goa seperti jenis-jenis bebatuan atau ornamen-ornamen alami. Bukan hanya itu saja, di dalam goa ini dijumpai beberapa sungai atau sendang seperti sendang Mawar, sendang Kantil, dan sendang-sendang lainnya.

4. Waduk Sempor 


waduk sempor
via pegipegi.com

Waduk sempor merupakan waduk penampung air yang berlokasi di desa Sempor, kecamatan Sempor. Waduk ini terletak 8 km di sebelah utara kota Gombong dan berada di ketinggian kurang lebih 30 mdpl. Fungsi waduk ini sebenarnya untuk membantu pengairan sawah warga di wilayah Kebumen bagian barat. Meski begitu, keindahan panorama alam yang disajikan membuat waduk ini menjadi tujuan destinasi wisata yang cukup banyak menarik pengunjung. Hamparan air waduk cukup luas itu berpadu dengan indahnya pemandangan alam perbukitan di sekitar waduk yang tampak hijau dan asri. Beragam fasilitas pendukung juga cukup lengkap untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung ke waduk dengan luas sekitar 275 hektare ini. 

5. Curug Silancur 


curug silancur
via modatranswisata.blogspot.com

Berlokasi di dusun Pujegan, desa Wadasmalang, kecamatan Karangsambung, Kebumen, Curug Silancur menjadi salah satu destinasi wisata air terjun di Kebumen yang siap menanti kunjungan wisata anda. Curug atau air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dimana airnya jatuh ke bawah menimpa bebatuan purba yang memang banyak dijumpai di wilayah Karangsambung. Untuk menjumpai air terjun ini, pengunjung butuh perjuangan ekstra karena lokasinya yang cukup menantang. Meski begitu, rasa lelah akan terbayarkan ketika sampai di lokasi oleh keindahan curug dan pemandangan di sekitarnya. Tempat wisata ini belum terlalu ramai wisatawan sehingga cocok bagi anda yang ingin bertualang sembari mengharapkan ketenangan menyatu dengan alam.

6. Benteng Van der Wijck 


benteng van der wijck
via wonderful kebumen

Ingin berwisata sejarah sembari liburan bersama keluarga tercinta, kunjungi saja Benteng Van der Wijck yang berada di Jl. Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong, Kebumen. Benteng Van der Wijck merupakan tempat wisata berupa benteng bersejarah peninggalan Hindia Belanda yang dibangun pada abad ke 18 M. Benteng yang dulunya berfungsi sebagai pertahanan ini masih berdiri kokoh hingga saat ini sehingga menjadi salah satu destinasi wisata di Kebumen yang berhasil menarik wisatawan setiap harinya. Berbagai fasilitas pendukung juga telah dibangun oleh pihak pengelola untuk memanjakan pengunjung yang datang seperti fasilitas taman bermain atau kereta mini untuk mengelilingi area benteng.

7. Kebun Bunga Ambal 


kebun bunga ambal
via inews.id

Terletak di area persawahan wilayah pesisir pantai Ambal, kebun bunga Ambal sudah ada sejak tahun 2018 lalu dan telah banyak menarik wisatawan untuk berkunjung. Kebanyakan dari mereka datang untuk berswafoto dengan latar hamparan bunga yang cantik berwarna-warni. Sejumlah tanaman hias yang ditanam di lahan seluas 600 meter persegi ini di antaranya yaitu bunga matahari, magona, pagoda, suring, dan bunga-bunga lainnya. Sejumlah fasilitas pendukung juga telah dibangun untuk melengkapi tempat wisata ini seperti warung makan, jembatan selfi, dan fasilitas lainnya. Jika anda ingin berkunjung ke sini, lokasi persisnya berada di desa Ambalresmi, kecamatan Ambal, Kebumen. 

8. Wisata Alam Jembangan 


jembangan
via tokoilmukita.blogspot.com

Wisata Alam Jembangan adalah kawasan wisata bertema alam dengan sajian pemandangan alam yang indah dan asri. Tempat wisata ini berjarak sekitar 20 km dari Kota Kebumen, atau tepatnya berada di desa Jembangan, kecamatan Poncowarno, Kebumen. Kawasan ini terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu Telaga Hijau, Jembatan Gantung dan Waduk Pejengkolan. Keberadaan hutan di sekitar telaga juga menjadi daya tarik tersendiri yang semakin membuat tempat ini terasa sejuk dan nyaman. Tempat ini sangat cocok untuk mengisi musim liburan anda bersama keluarga tercinta. Beragam fasilitas juga tersedia cukup lengkap termasuk perahu untuk menikmati pemandangan sekitar telaga dan fasilitas tempat bermain anak yang diberi nama Fantasy Zoo. 

9. Cagar Alam Geologi Karangsambung 


cagar alam karangsambung
via travelingyuk.com

Ingin menambah pengetahuan anda tentang sejarah bumi tempat kita berpijak ini, anda bisa mengunjungi Cagar Alam Geologi yang berlokasi di kawasan sekitar kecamatan Karangsambung, Kebumen. Kawasan ini disebut-sebut sebagai salah satu lokasi dengan jenis batuan terlengkap di muka bumi sehingga sering dikunjungi oleh para peneliti atau akademisi untuk melakukan penelitian. Di tempat ini, pengunjung akan mendapatkan banyak wawasan seputar fenomena geologi yang terjadi hingga membentuk patahan dan formasi batuan yang sangat beragam. Pengunjung juga bisa tahu bagaimana permukaan laut bisa terangkat serta pengetahuan tentang berbagai jenis batuan beku dan batuan sedimen yang begitu menakjubkan.

10. Pemandian Air Panas Krakal 


pemandian krakal
via bernas.id

Setelah lelah seharian menjelajahi kota Kebumen, adalah waktu yang tepat untuk bersantai sembari merelaksasi tubuh dengan mengunjungi pemandian air panas Krakal yang berlokasi di desa Krakal, kecamatan Alian, Kebumen. Di pemandian ini, pengunjung dapat menikmati guyuran air belerang yang efektif untuk penyembuhan penyakit kulit dan melancarkan peredaran darah. Selain fasilitas kamar mandi, tempat ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas lain seperti kolam renang dan taman bermain anak. Ohya, setelah puas mandi air hangat, pengunjung juga dapat sekalian mengunjungi aneka jenis kupu-kupu cantik di tempat wisata lain yaitu Alian Butterfly Park yang berlokasi di depan pemandian ini.

Itulah tadi informasi tentang 10 tempat wisata hits dan populer di Kabupaten Kebumen. Semoga bermanfaat. 

Labels: Jelajah, Kebumen

Thanks for reading 10 Tempat Wisata Hits dan Populer di Kebumen. Please share...!