Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Upaya Mengisi Kemerdekaan Pada Masa Kini

Proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah hasil perjuangan panjang dan tidak kenal lelah yang telah berhasil diraih oleh para pejuang pendahulu kita. Dengan semangat perjuangan yang membara, mereka dengan tulus ikhlas mengorbankan jiwa raga serta harta untuk memperoleh kemerdekaan yang direbut oleh bangsa asing. 

Banyak di antara para pejuang yang gugur di medan laga dalam perang untuk mewujudkan kemerdekaan, sehingga mereka tidak bisa menikmati alam kemerdekaan hasil perjuangan mereka. Meski begitu, mereka bangga dan bersyukur karena kita sebagai generasi penerus bisa menikmati kemerdekaan dan bebas dari belenggu penjajahan.

bendera merah putih
via merdeka.com

Pada dasarnya, kemerdekaan adalah hak segala bangsa, oleh karenanya kemerdekaan juga harus diperjuangkan dan dimiliki oleh setiap bangsa, termasuk bangsa Indonesia. Semangat heroik dan patriotik yang ditunjukkan oleh para pejuang kita pada dasarnya juga didasarkan pada kesadaran tersebut, dimana hal itu juga sejalan dengan nilai-nilai luhur tentang persamaan derajat, harkat, dan martabat, serta hak dan kewajiban sesama umat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Semangat heroik dan patriotik para pejuang kita untuk memperoleh kemerdekaan juga tumbuh dan berkembang dengan adanya perasaan nasib dan sepenanggungan, yaitu sama-sama mengalami penderitaan akibat dari adanya penjajahan oleh bangsa asing. Oleh karenanya, masing-masing elemen bangsa kemudian bersatu demi berjuang bersama untuk meraih kemerdekaan. 

Proklamasi kemerdekaan adalah puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam membebaskan diri dari belenggu penjajahan sejak berabad-abad lamanya. Pada akhirnya, harapan untuk merdeka itu terwujud dengan dicetuskannya Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Istilah proklamasi berasal dari bahasa Yunani "proclamatio" yang berarti pengumuman kepada seluruh rakyat, sehingga proklamasi kemerdekaan bisa diartikan sebagai pengumuman kepada seluruh rakyat tentang adanya kemerdekaan. Bagi bangsa Indonesia, proklamasi juga berarti memberikan inspirasi, bahwa setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan serta bersama-sama memperjuangkan tercapainya cita-cita nasional bangsa Indonesia.

Selain itu, proklamasi kemerdekaan juga menjadi sarana untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur. Dengan kemerdekaan maka bangsa Indonesia memiliki kedaulatan untuk membangun kepribadian bangsa dan negara yang bersumber kepada nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi nasional Indonesia, yaitu Pancasila.

Sebagai warga negara Indonesia yang terlahir di tanah air Indonesia, kita harus menyadari besar jasa para pahlawan pendiri negara ini. Sudah selayaknya kita mensyukuri kemerdekaan ini dan berterima kasih atas perjuangan para pahlawan pendiri bangsa.

Selain meneladani nilai-nilai perjuangan mereka, kita juga wajib menghargai jasa-jasa mereka dengan cara terus berjuang untuk mempertahankan keutuhan dan kelestarian bangsa dan negara Indonesia. Penghargaan terhadap para pejuang bangsa dapat kita tunjukkan dengan berbagai upaya untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang.

Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan berbagai aktivitas yang mengarah kepada tercapainya tujuan nasional dalam tata aturan bernegara yang sesuai dengan hukum dasar negara, seperti:

1. Selalu setia mempertahankan keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa seluruh wilayah negara.

2. Rela berkorban untuk membela tanah air dari serangan musuh.

3. Giat belajar, bekerja keras, dan berkarya nyata untuk membangun bangsa dan negara.

4. Memupuk rasa toleransi terhadap perbedaan dengan berpegang pada prinsip Bhinneka Tunggal Ika.

5. Menunjukkan rasa solidaritas dan kebersamaan antar suku bangsa dalam pembangunan di seluruh wilayah negara Republik Indonesia.

6. Membangun negara dengan memanfaatkan sumber daya alam sebijak-bijaknya untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

7. Menghormati dan menjunjung tinggi hukum yang berlaku.

Labels: Horizon

Thanks for reading Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Upaya Mengisi Kemerdekaan Pada Masa Kini. Please share...!