7 Jenis Ikan Budidaya Mudah dan Menguntungkan

Tidak kalah dengan ikan laut, ikan air tawar juga merupakan salah satu komoditi unggulan dengan permintaan pasar cukup tinggi. Tidak heran kini banyak orang mencoba untuk membudidayakan jenis-jenis ikan tertentu sebagai penopang ekonomi keluarganya. Tidak harus menggunakan kolam permanen, kita pun bisa menggunakan media kolam terpal untuk menjalani bisnis ini. 

Pertanyaannya kemudian, ikan jenis apa yang akan dibudidayakan?. Nah, berikut ini kita akan mengenal 7 jenis ikan air tawar budidaya mudah dan menguntungkan. 

1. Ikan Gurameh


ikan gurameh
via 99.co

Ikan gurame (Osphronemus goramy) adalah sejenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Asia Tenggara dan Asia Selatan. Gurame sangat digemari karena dagingnya padat, gurih, dan enak. Di alam, ikan ini biasa hidup di rawa-rawa dan sungai. Namun karena besar potensinya, ikan ini juga banyak dibudidayakan oleh para peternak ikan. Budidaya ikan gurame dapat dilakukan di berbagai tempat dengan memperhatikan beberapa hal seperti suhu air, kualitas air, kandungan oksigen, pakan dan lain sebagainya. 

2. Ikan Nila


ikan nila
via paktanidigital.com

Ikan Nila (Oreochromis niloticus) termasuk jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini diintroduksi dari wilayah Afrika bagian timur pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan populer bagi para peternak. Meski begitu, ikan nila juga menjadi hama di sungai-sungai dan danau karena dapat menggantikan posisi ikan pribumi Indonesia. Ikan nila memiliki bentuk ukuran sedang dengan panjang mencapai sekitar 30 cm. Ikan ini juga mudah berkembang biak sehingga cocok untuk dibudidayakan untuk konsumsi atau dipasarkan. 

3. Ikan Lele


ikan lele
via liputan6.com

Tidak dipungkiri bahwa ikan lele (Clarias) memang termasuk salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Ikan lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki kumis panjang yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Ada banyak spesies ikan lele yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia, ikan lele banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi. Budidaya ikan lele tergolong cukup mudah karena tidak memerlukan banyak perawatan dan memiliki masa tunggu panen yang singkat.

4. Ikan Mas


ikan mas
via ilmubudidaya.com

Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang sudah tersebar luas di Indonesia. Ikan mas mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Secara morfologis, ikan mas memiliki bentuk tubuh agak memanjang dan memipih tegak. Hampir seluruh bagian tubuhnya ditutupi sisik dengan warna seperti hijau, biru, merah, kuning keemasan atau kombinasi dari warna-warna tersebut sesuai dengan rasnya. Saat ini, ada banyak jenis ikan mas yang biasa dibudidayakan. Salah satunya yaitu ikan mas majalaya dari Jawa Barat.

5. Ikan Mujair


ikan mujair
via agrowindo.com

Mujair adalah sejenis ikan air tawar dengan nama ilmiah Oreochromis mossambicus. Konon, ikan yang tergolong jenis ikan konsumsi ini pertama kali ditemukan oleh pak Mujair di muara sungai pantai Serang di selatan Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939. Sebab itulah kemudian namanya disebut ikan mujair. Ikan ini memiliki pertumbuhan relatif cepat dan sangat peridi, karena mulai berbiak pada umur sekitar 3 bulan, dan setelah itu dapat berbiak setiap 1½ bulan sekali. Tidak heran, tingkat populasi yang dapat meningkat sangat pesat ini menjadikan ikan ini cocok untuk dibudidayakan. 

6. Ikan Patin


ikan patin
via finansialku.com

Meski belum sepopuler seperti beberapa ikan di atas, budidaya ikan patin kini semakin diperhitungkan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ikan patin memiliki rentang harga antara 15 sampai 30 ribuan per kilonya. Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang cukup digemari banyak orang karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu saja, ikan ini juga aman untuk dikonsumsi bagi orang yang mempunyai alergi terhadap ikan. Jika anda mempunyai halaman rumah yang cukup luas, budidaya ikan patin mungkin bisa menjadi solusi alternatif untuk masalah keuangan anda. 

7. Ikan Bawal


ikan bawal
via calonbos.com

Ikan Bawal merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang diperkirakan berasal dari Hawaii maupun Brazil. Di habitatnya, ikan ini bisa ditemui di sungai, danau, waduk dan perairan tawar lainnya. Sepintas, ikan ini memiliki bentuk dan corak warna seperti ikan piranha, hanya saja ukurannya lebih besar dan giginya tidak setajam ikan piranha. Ikan bawal termasuk jenis ikan konsumsi yang dapat ditemui di pasar-pasar. Ikan ini juga banyak dibudidayakan karena pemeliharaannya tidak begitu sulit, cepat besar dan mudah sekali dipasarkan.

Labels: Info & Sains

Thanks for reading 7 Jenis Ikan Budidaya Mudah dan Menguntungkan. Please share...!