7 Jenis Ikan Hias Cantik dan Populer Untuk Dipelihara

Bagi sebagian orang, memelihara ikan hias bisa menjadi kesenangan tersendiri untuk mengisi waktu luangnya. Sembari beristirahat setelah lelah beraktifitas, suasana hati akan kembali cerah ketika melihat ikan di akuarium berenang riang gembira. Ada banyak jenis ikan hias yang bisa anda coba pelihara di rumah anda. Cara perawatannya pun kebanyakan mudah untuk dilakukan. 

Sebagai pertimbangan, berikut ini kami akan sajikan informasi tentang 7 jenis ikan hias cantik dan populer yang cocok untuk anda pelihara. 

1. Ikan Koi


ikan koi
via pixabay.com

Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan hias populer di dunia. Untuk ukuran ikan hias, ikan ini dapat tumbuh cukup besar dengan ciri khas beragam corak warna-warni yang tampak sangat indah. Biasanya, ikan ini dipelihara di dalam kolam agar senantiasa dapat dinikmati kecantikannya. Mereka akan bergerombol berlarian kesana kemari berpadu dengan indahnya corak warna-warni di tubuh mereka. Bagi sebagian orang, ikan ini juga dipercaya dapat membawa keberuntungan sehingga banyak dipelihara orang. 

2. Ikan Arwana


ikan arwana
via istockphoto.com

Ikan Arwana adalah salah satu jenis ikan hias yang populer karena keindahannya. Ciri khas ikan ini yaitu memiliki corak sisik yang unik dan cantik. Ikan arwana juga memiliki dua sungut di bawah bibirnya yang berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa. Ikan ini akan tampak semakin elegan ketika sedang meliuk-liuk dengan sisik gemerlap memantulkan cahaya. Meski dapat dihargai cukup mahal, ikan ini cukup banyak peminatnya sehingga tidak heran orang-orang menjulukinya sebagai raja ikan hias. 

3. Ikan Mas Koki


ikan mas koki
via pewarta-indonesia.com

Ikan Mas Koki merupakan salah satu primadona ikan hias yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Ikan ini juga dijuluki sebagai ikan model sehingga cocok untuk dipelihara dalam akuarium sedang atau besar. Ada banyak jenis ikan mas koki di dunia yang biasa dibudidayakan sebagai ikan hias air tawar. Masing-masing memiliki bentuk badan unik dan corak warna beragam sehingga membuat jenis ikan ini banyak diburu oleh para kolektor ikan hias. Beberapa yang cukup populer di antaranya seperti ikan mas koki Oranda, Ranchu, Ryukin, Bubble Eye, dan lain sebagainya. 

4. Ikan Guppy


ikan guppy
via sukaikan.com

Selain ikan mas koki, ikan guppy juga merupakan jenis ikan hias yang biasa dipelihara dalam akuarium untuk dinikmati kecantikannya. Ikan ini memiliki ukuran tubuh mungil kurang lebih 2,5 sampai 5 cm. Salah satu daya tarik ikan guppy yaitu memiliki sirip-sirip cantik dengan berbagai motif warna yang menarik. Harga ikan ini juga cukup terjangkau dengan perawatan yang relatif mudah. Ikan ini mudah beradaptasi dan mudah pula berkembang biak. Beberapa jenis ikan Guppy populer di antaranya yaitu ikan Guppy Cobra, Japan Blue, dan Metalik. 

5. Ikan Molly


ikan molly
via gerava.com

Ikan Molly merupakan jenis ikan hias air tawar berukuran kecil yang cantik dan mudah dipelihara. Dengan bentuk tubuh unik dan corak warna menarik, ukuran ikan ini hanya mencapai maksimal 12 cm saat mereka dewasa. Ukuran tubuh ikan betina juga lebih besar daripada jantan. Ikan Molly suka bergerombol dan bisa  membaur dengan ikan-ikan kecil lainnya. Ikan ini juga memiliki daya tahan tubuh kuat meski tanpa alat pompa oksigen sama sekali. Dengan ukurannya yang kecil, maka anda tidak memerlukan akuarium besar untuk memelihara ikan ini.

6. Ikan Manfish


ikan manfish
via hewan.id

Ikan Manfish atau juga dikenal dengan nama angel fish adalah jenis ikan hias air tawar yang biasa diperlihara dalam akuarium. Salah satu keunikan ikan ini yaitu bentuk tubuhnya yang pipih dan mirip layang-layang, sehingga biasa juga disebut ikan layang-layang. Ikan kecil ini memiliki sifat cenderung pendiam, jarang bergerak, dan tidak begitu agresif seperti ikan kecil lainnya. Meski begitu, ikan manfish dapat dicampur dengan jenis ikan hias lain dalam satu akuarium. Pergerakannya yang tenang dan menghanyutkan sangat cocok untuk membuat rileks setiap penikmatnya. 

7. Ikan Cupang


ikan cupang
via pixabay.com

Siapa yang tidak tahu ikan cupang. Ikan ini biasa dipelihara karena mudah perawatannya. Jenis ikan ini memiliki sifat yang agresif sehingga lebih baik dipisahkan agar tidak saling bertarung. Meski kadang dijadikan aduan, ikan ini juga cocok sebagai ikan hias untuk mempercantik ruangan anda. Ikan ini memiliki beragam corak warna-warni menarik dengan bentuk sirip dan ekor yang menjuntai indah. Jika ingin memeliharanya, ikan ini bisa anda tempatkan dalam botol kaca atau akuarium kecil sebagai medianya. Adapun pakannya yaitu jentik nyamuk, cacing dara, ataupun cacing rambut.

Labels: Info & Sains

Thanks for reading 7 Jenis Ikan Hias Cantik dan Populer Untuk Dipelihara. Please share...!