Pantai Kembar Terpadu, Wisata Pantai Asri di Kebumen dengan Konservasi Penyunya

Dua kali sudah saya mengunjungi pantai asri nan menawan ini. Awalnya tidak sengaja saya menemukan pantai kembar ini saat saya bersama teman saya memutuskan untuk refreshing dengan plesiran di salah satu dari sekian banyak pantai di sekitar pesisir selatan Petanahan - Suwuk. Pantai Kembar atau nama lengkapnya Pantai Kembar Terpadu ini berlokasi di desa Tambakmulyo, kec. Puring, atau sekitar 30 kilometer arah barat daya kota Kebumen.

Pantai Kembar Terpadu
dok. pribadi

Pantai yang berada di sebelah timur pantai Suwuk ini memang belum begitu populer bahkan oleh masyarakat Kebumen sendiri. Meskipun begitu, kini pantai ini mulai semakin dikenal dan menjadi salah satu destinasi wisata pantai andalan di Kabupaten Kebumen. Selain pemandangan yang masih asri dan belum terjamah banyak orang, keberadaan konservasi penyu di pantai ini juga menjadi nilai lebih yang membedakannya dengan pantai-pantai lainnya di Kebumen.

Pantai Kembar menyuguhkan indahnya panorama alam sekaligus wisata edukasi bagi wisatawan. Pantai yang juga berada di sebelah barat pantai Bopong dan pantai Sawangan ini memiliki area konservasi penyu yang digagas langsung oleh masyarakat sekitar. Dengan berfokus pada konservasi penyu, warga sekitar menjaga wilayah pantai agar tetap nyaman sebagai tempat bertelurnya para penyu. Para pengunjung pantai juga bisa melihat langsung tempat konservasi penyu karena  memang berada di sekitar pintu masuk menuju Pantai Kembar.

Konservasi penyu pantai Kembar
dok. pribadi

Pantai Kembar memiliki beberapa kolam penangkaran penyu yang dapat dilihat dan difoto oleh pengunjung. Jika pengunjung ingin lebih tahu tentang penangkaran penyu, terdapat petugas yang akan menjelaskan mengenai proses penangkaran penyu di sana. Mulai dari mengamankan telur-telur penyu, menempatkannya di lokasi yang steril, memantaunya, hingga menunggu masa pelepasan. Selain itu, para pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan soal jenis-jenis penyu, ukuran dan bobot penyu, hingga masa bertelurnya.

Di samping wisata edukasi, tentunya tidak ketinggalan juga untuk menikmati keindahan alamnya sembari mengamati deburan ombak yang mengalun indah. Hamparan pasir hitam yang lembut seakan mengajak pengunjung untuk bermain pasir atau merasakan sensasi kaki terkena air laut yang diterpa ombak. Meskipun tergolong tempat wisata baru, di pantai Kembar juga sudah banyak dibangun spot foto untuk kita dapat berfoto ria seperti gapura bambu, ayunan kembar di tepi pantai dan beberapa spot foto lain. 

Puas bermain pasir dan air, pengunjung bisa berteduh di bawah rerimbunan pohon yang masih banyak dijumpai di sepanjang pesisir pantai Kembar ini. Selain deretan pohon kelapa, pantai ini juga dikelilingi tanaman pandan sehingga membuat suasana pantai semakin sejuk. Sembari beristirahat menikmati angin sepoi-sepoi, terdapat banyak warung yang menjual aneka minuman dan makanan khas lokal Kebumen siap untuk memanjakan lidah kita. 

Ada banyak makanan khas lokal masyarakat Kebumen yang bisa kita coba di sini, mulai dari pecel, tempe mendoan, tahu uleg, lotek, soto dan kuliner-kuliner khas Kebumen lainnya. Para pemilik warung yang ramah akan siap melayani pesanan para pengunjung untuk menjajal aneka kuliner Kebumen yang nikmat tiada tara. Selain nikmat, kuliner-kuliner lokal ini juga sehat, mengenyangkan, serta tentunya dengan harga relatif murah dan terjangkau.

Pantai Kembar Asri Cantik
dok. pribadi

Adapun fasilitas-fasilitas umum yang disediakan pantai ini juga cukup lengkap seperti mushola, toilet umum, dan bangku-bangku untuk duduk. Pihak pengelola juga selalu merawat kebersihannya agar para pengunjung senantiasa nyaman saat mengunjungi pantai ini. Tertarik untuk mengunjungi pantai ini?, silahkan datang saja ke Pantai Kembar Terpadu yang berlokasi di desa Tambakmulyo, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah, Kebumen

Thanks for reading Pantai Kembar Terpadu, Wisata Pantai Asri di Kebumen dengan Konservasi Penyunya. Please share...!

0 Komentar untuk "Pantai Kembar Terpadu, Wisata Pantai Asri di Kebumen dengan Konservasi Penyunya"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.