Kursi roda buatan Peneliti LIPI yang bisa digerakan dengan pikiran

Kursi roda buatan LIPI yang bisa digerakan dengan pikiran

Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi dewasa ini juga semakin pesat dengan terus bermunculannya berbagai penemuan atau hasil karya manusia yang berguna dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang. Sejumlah peneliti dari lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah berhasil mengembangkan sebuah kursi roda dengan menggunakan teknologi Electroencephalography (EEG).

Kursi roda yang belum diberi nama itu kabarnya benar-benar bisa digerakkan hanya dengan pikiran. Kursi roda elektrik ini diharapkan dapat membantu penyandang disabilitas yang tak bisa menggerakkan anggota badan, seperti penderita stroke, sehingga pengguna bisa menggerakkan serta mengendalikan kursi roda hanya dengan memikirkan perintah.

Ada beberapa komponen penting pada kursi roda sehingga bisa digerakan dengan pikiran. Diantaranya elektroda yang total berjumlah 32 sebagai penangkap sinyal dari otak yang terpasang pada benda semacam penutup kepala. Sedangkan pada bagian belakang kursi roda terdapat perangkat untuk memperkuat sinyal. Sinyal otak punya tegangan kurang dari 60 mikrovolt sehingga harus diperkuat agar cukup untuk menggerakkan sebuah benda.

Pada prosesnya, data sinyal yang telah diperkuat akan masuk ke komputer, kemudian dengan sebuah aplikasi khusus yang dikembangkan oleh LIPI akan mengekstrak dan mengidentifikasi sinyal. Muhammad Agung, peneliti Balai Pengembangan Instrumentasi yang terlibat pembuatan kursi roda ini mengatakan bahwa tujuan dari ekstraksi sinyal adalah untuk mengetahui ciri sinyal yang dibutuhkan, berapa frekuensinya, dan berapa amplitudonya. Sinyal yang terpilih kemudian dikirim ke bagian pengontrol. Pengontrol inilah yang kemudian memerintahkan kursi roda untuk bergerak.

Memang kursi roda buatan LIPI ini masih belum sempurna dan masih dalam tahap pengembangan. Inilah yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi para pengembang alat berteknologi EEG ini. Kemungkinan, produk ini bisa selesai dikembangkan dalam 2-3 tahun ke depan. Kini, pengembangannya masuk tahun keempat. Program pada tahun ini adalah menguji coba fungsi kursi roda secara terbatas sambil terus menyempurnakannya.


Sumber : Kompas.com
Labels: Info & Sains, Kesehatan

Thanks for reading Kursi roda buatan Peneliti LIPI yang bisa digerakan dengan pikiran. Please share...!

0 Komentar untuk "Kursi roda buatan Peneliti LIPI yang bisa digerakan dengan pikiran"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.