Manfaat Tidur Siang (Qailulah)

Ilustrasi tidur siang

Budaya tidur siang di sela waktu beraktivitas memang belum menjadi tradisi di Indonesia. Bahkan ada sebagian masyarakat kita yang menganggap bahwa tidur siang adalah kebiasaan bagi mereka yang malas. Padahal jika kita menilik yang terjadi pada negara-negara maju, mereka bahkan menerapkan aturan untuk tidur siang bagi warganya. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada dan Jepang telah menjadikan tidur siang sebagai kebiasaan dan budaya yang dianjurkan bagi para pekerja dan siswa untuk meningkatkan produktivitas kerja. 

Di Jepang, rata-rata perusahaan di sana mengizinkan karyawannya untuk beristirahat siang sekitar 30 menit. Hal itu diberikan karena tidur siang dianggap dapat lebih mendukung produktivitas karyawannya. Karyawan dapat tidur siang di jam kerja yang diberikan sekitar 30 menit. Sementara di China, sebuah sekolah dasar di China bagian barat bahkan sudah memasukan jadwal tidur siang dalam jam sekolahnya. Sekolah tersebut mengalokasikan waktu sekitar 30 menit bagi siswa untuk tidur di kelas. Kegiatan itu biasa disebut Wu Jiao, sebagaimana dilansir dari Daily Mail. 

Tidur Siang (Qailulah) Dianjurkan Nabi


Jauh sebelum negara-negara maju mempraktikannya, sebenarnya kebiasaan tidur sebentar di siang hari ini sudah dicontohkan oleh Baginda Besar Nabi Agung Muhammad SAW sejak berabad-abad yang lalu. Dalam Islam, tidur siang biasa disebut "qailulah". Tidur siang dianjurkan dalam Islam, bahkan disunnahkan. Dalam Kamus Lisanul Arab dijelaskan bahwa makna Qailulah adalah tidur pada pertengahan siang. 

Qailulah tidak harus tidur, istirahat pada siang hari juga sudah termasuk qailulah. Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada umat Islam untuk memiliki kebiasaan tidur siang karena hal tersebut dapat membantu seseorang terbangun di malam hari untuk melaksanakan qiyamullail. Qailulah dapat dilakukan sebelum ataupun sesudah waktu zuhur tetapi lebih baik jika dilakukan setelah waktu dzuhur sebagaimana kebiasaan Rasulullah dan para sahabat dahulu.

Manfaat Qailulah (Tidur Siang)


Menurut berbagai penelitian, tidur siang bagus bagi kesehatan. Tidur siang bermanfaat untuk memulihkan dan mengistirahatkan otak dan tubuh. Para ahli biasa menyebutnya "power nap". Satu penelitian pernah mengungkapkan, tidur sekitar 15-20 menit pada siang hari bagus buat tubuh kita. Selain itu, tidur pada tengah hari juga membantu memperbaiki ingatan dan mengurangi resiko penyakit jantung. Mereka yang biasa tidur siang juga akan memiliki daya ingat yang lebih tajam dibandingkan orang-orang yang tidak melakukannya.

Pada umumnya kita bakal merasa lelah setelah delapan jam bangun dari tidur malam, atau beraktivitas dari pagi hingga siang hari. Pikiran menjadi tidak konsen, belum lagi ditambah makan siang yang membuat kita mengantuk, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya penurunan efektifitas kita dalam bekerja. Maka kita pun butuh beristirahat sejenak, agar tubuh kembali fit. Nah, tidur siang adalah solusi yang paling efektif. 

Para ahli menyarankan agar kita tidur pada siang hari antara 15-20 menit. Selama tidur, biasanya kita bakal mengalami beberapa fase, yaitu tidur ringan, REM (rapid-eye movement), dan fase tidur dalam (lelap). Tetapi, tidur 20 menit tidak sampai mengantar kita ke fase tidur lelap. Oleh karenanya, tidur yang tidak sampai lelap itulah yang dinamakan power nap. 

Lalu bagaimana bagi kita yang memiliki kesibukan agar bisa tidur siang?. Cara yang paling baik adalah bergantung atas waktu yang kita punya. Kalau cuma punya waktu lima menit, maka cukup dengan menutup mata saja. Lumayan buat mengurangi stress. Tetapi kalau ada waktu lumayan banyak, maka yang bisa kita lakukan adalah:

Pertama, cari tempat paling tenang dan buat suasana senyaman mungkin. 

Kedua, minum kopi atau teh sesaat sebelum tidur. Ya, sebenarnya efek kafein pada kopi atau teh baru bekerja setelah 45 menit. Jadi, kalau kita tidur 20 menit, mata kita nantinya akan segar kembali pas sudah bangun, pikiran menjadi lebih fokus, tubuh lebih fit dan tidak ada keluhan masih mengantuk pas bangun tidur. 

Ketiga, bila perlu pasanglah alarm, misal untuk 20 menit ke depan. Dan, segera bangun setelah alarm berbunyi. Kalau sudah bangun, segera basuh muka dengan air atau berwudhulah, dan hadapkan wajah ke arah terang, misal lampu atau keluar jendela. Maka badan dan pikiran akan menjadi segar kembali. 


Sumber: Suara Merdeka 6 april 2014, dll.
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Manfaat Tidur Siang (Qailulah). Please share...!

0 Komentar untuk "Manfaat Tidur Siang (Qailulah)"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.