7 Manfaat Buah Kolang-Kaling bagi Kesehatan

Kolang kaling

Setiap memasuki bulan puasa, ada beberapa menu andalan yang biasa disajikan saat waktu berbuka puasa. Dua di antaranya yaitu kolak atau juga sop buah. Biasanya, sajian isian kolak atau sop buah akan terasa lebih mantap jika dilengkapi dengan kolang-kaling. Tekstur kolang kaling yang kenyal menambah cita rasa kolak atau sop buah sehingga menjadi lebih kaya rasa. Kolang-kaling akan terasa lebih nikmat jika dipadukan dengan buah-buahan yang manis, maka tak heran jika kolang-kaling menjadi menu favorit bagi sebagian orang saat berbuka puasa.

Buah yang umumnya berbentuk bulat atau lonjong dan berwarna transparan ini memiliki nama ilmiah Arenga pinnata. Kolang-kaling sebenarnya berasal dari biji aren yang diproses sedemikian rupa sampai menjadi kolang-kaling. Biasanya proses diawali dengan perebusan selama beberapa waktu, direndam dengan larutan air dan kemudian difermentasi. Hasil dari proses inilah yang kemudian menjadi kolang-kaling seperti yang biasa kita konsumsi. 

Buah kolang-kaling dikenal kaya akan serat dan air. Selain itu, kolang-kaling juga banyak mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh seperti vitamin A, vitamin B7 (biotin), asam folat, zat besi, kalium, zink, dan sebagainya. Selain kesegarannya, kolang-kaling juga mempunyai banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara tidak berlebihan. Dikutip dari beberapa sumber, berikut di antara manfaat yang terkandung dalam buah kolang-kaling:

1. Mencegah Dehidrasi


Memakan kolang-kaling  dapat membantu kita untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini karena kandungan air dan serat yang tinggi, ditambah dengan bermacam vitamin dan mineral yang dimilikinya, membuat kolang-kaling baik untuk membantu mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan


Kandungan serat yang tinggi pada buah kolang-kaling efektif bagi kita yang memiliki masalah pencernaan. Kandungan serat ini dipercaya dapat membantu memperlancar sistem pencernaan yang terganggu. Oleh karena itu, mengkonsumsi kolang-kaling dapat menghindarkan kita dari sembelit atau konstipasi. Selain itu, mengkonsumsi kolang-kaling juga dapat membantu proses pengeluaran zat beracun dari saluran pencernaan.

3. Menjaga Metabolisme Tubuh


Kandungan zat besi, zink, kalsium dan kalium yang ada pada kolang-kaling bermanfaat dalam membantu proses metabolisme yang berlangsung di dalam sel-sel tubuh. Dengan mengkonsumsi kolang-kaling, maka metabolisme tubuh akan normal, sehingga tubuh akan mendapatkan pasokan energi dan stamina yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. 

4. Mencegah Anemia


Di antara kandungan yang ada dalam kolang-kaling adalah zat besi. Zat besi bekerja sebagai komponen dari hemoglobin yang berfungsi untuk memastikan pasokan oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar, dan jumlah zat besi yang mencukupi, maka tubuh akan terhindar dari resiko terkena anemia.

5. Menjaga Kekuatan Tulang


Selain susu, kolang-kaling juga merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang serta memperkuatnya. Kandungan kalsium yang tinggi pada buah kolang-kaling juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu, mengkonsumsi kolang-kaling juga dapat membantu proses pertumbuhan tulang.

6. Mengurangi Risiko Diabetes


Kolang-kaling dipercaya mampu membantu menstimulasi tubuh untuk memproduksi insulin. Hormon insulin dalam kolang-kaling ini bekerja untuk menjaga kadar gula dalam darah agar selalu stabil. Oleh karenanya, bagi penderita diabetes, dianjurkan untuk mengonsumsi kolang-kaling sesuai takaran tertentu.

7. Menurunkan Berat Badan


Selain mengandung karbohidrat, kolang-kaling juga mengandung gelatin yang cukup tinggi. Gelatin dapat berfungsi untuk menekan nafsu makan yang berlebihan. Kolang-kaling sangat cocok bagi yang sedang diet, karena mengkonsumsi kolang-kaling dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan pun bisa lebih terkontrol. 

Labels: Info & Sains, Kesehatan

Thanks for reading 7 Manfaat Buah Kolang-Kaling bagi Kesehatan. Please share...!

0 Komentar untuk "7 Manfaat Buah Kolang-Kaling bagi Kesehatan"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.