Awal Mula Terciptanya Karakter Spiderman

Karakter Spiderman merayap di dinding

Spiderman adalah salah satu tokoh karakter superhero yang cukup populer. Karakter fiktif dari Marvel Comics yang diciptakan oleh penulis Stan Lee dan artis Steve Ditko ini pertama kali muncul dalam Amazing Fantasy #15 pada Agustus 1962. Spiderman termasuk salah satu superhero paling populer dan sukses secara komersial. Sebagai karakter unggulan Marvel dan maskot perusahaan, ia telah muncul dalam bentuk yang tak terhitung jumlahnya dari media, termasuk beberapa serial televisi animasi dan live-action, sindikasi strip koran komik, dan dalam serangkaian film.

Meski Spiderman termasuk karakter superhero paling sukses sepanjang sejarah, tapi tahukah anda bahwa awalnya tokoh Superhero ini hampir tidak dirilis?

Pencipta karakter Spiderman, mendiang Stan Lee yang wafat pada November 2018 lalu, pernah mengemukakan kepada wartawan di Tokyo, bahwa awal mula dia menemukan ide untuk menciptakan karakter Spiderman adalah saat dia sedang melihat seekor lalat menempel di dinding. Dia kemudian berpikir untuk menciptakan karakter superhero yang memiliki kemampuan menempel di dinding seperti halnya lalat. Dia memikirkan nama karakter yang tepat untuk superhero yang akan dibuatnya.

Awalnya muncul dalam pikirannya untuk menyebut karakter tersebut dengan nama flyman (manusia lalat). Namun hal itu tidak terdengar cukup dramatis, lagi pula apa yang bisa dilakukan superhero ini nantinya. Kemudian ia berpikir kembali dan menemukan nama Mosquito man (manusia nyamuk), namun ia merasa masih kurang cocok dengannya. Akhirnya setelah berpikir lama, mendapat inspirasi dari seekor laba-laba, maka terciptalah nama Spiderman. Menurutnya, nama karakter ini kedengarannya sangat dramatis.

Dalam rancangannya, Lee memutuskan membuat karakter ciptaannya itu sebagai seorang remaja yang mempunyai banyak masalah pribadi. Karakter ini digambarkan tinggal dengan bibinya yang sakit dan membutuhkan obat-obatan dan dia harus menjaganya. Selain menjaga bibinya, sebagai seorang superhero ia juga tentu harus melawan orang-orang jahat.

Lee mengatakan bahwa setelah berhasil menciptakan dan menemukan gambaran dari karakter Spiderman tersebut, tahap berikutnya ia membawa ide rancangannya tersebut ke penerbit. Namun setelah Stan Lee memperlihatkan idenya kepada penerbit, Sang penerbit justru berkata, "Stan, itu ide terburuk yang pernah saya dengar".

Pada masa itu memang ada anggapan bahwa seorang superhero harus dewasa dan tidak dapat memiliki masalah. Karena itulah mengapa ia disebut superhero. Begitulah kata Sang Atasan Lee. Sang penerbit yang merupakan atasan Lee itu juga menambahkan dalam perkataannya, "Orang membenci laba-laba, sehingga anda tidak bisa memanggilnya pahlawan Spiderman!".

Meski tidak mendapat dukungan dari atasannya itu, Lee diberi izin untuk memasukkan cerita dari karakter ciptaannya, Spiderman, dalam edisi terakhir sebuah buku. Dalam wawancaranya Stan Lee mengatakan, "Hanya untuk bersenang-senang, untuk mengeluarkannya dari pikiran saya dan akhirnya saya menempatkan Spiderman pada edisi terakhir sebuah buku dan kemudian melupakannya".

Tanpa dinyana, meski hanya jadi bagian akhir sebuah buku, kisah Spiderman ciptaannya justru kemudian melejit dan meledak di pasaran.

Stan Lee menuturkan bahwa sebulan kemudian, setelah semua angka penjualan masuk, sang atasan datang ke kantornya. Atasan itu berkata, "Ingat karakter Spiderman yang kita berdua sangat sukai, mari kita jadikan dia karakter reguler". "Begitulah kisah Spidey lahir", ujar Stan Lee sambil bertepuk tangan dan tertawa, sebagaimana dilansir AFP. Demikianlah awal mula terciptanya karakter Spiderman.

Sumber dinukil dari wikipedia dan Suara Merdeka, 2 Desember 2017
Labels: Info & Sains

Thanks for reading Awal Mula Terciptanya Karakter Spiderman. Please share...!

1 comments on Awal Mula Terciptanya Karakter Spiderman

  1. Kisah STAN LEE Menciptakan Spiderman
    https://www.youtube.com/watch?v=rCflBCbWl74

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.