Mengkudu (Pace), Buah Ajaib Yang Kaya akan Kandungan dan Manfaat


Pada masa lalu, buah ini seringkali terabaikan karena aromanya yang tidak enak dan rasanya sedikit pahit. Namun kini, karena khasiatnya, buah ini justru banyak diolah menjadi suplemen dan obat yang ampuh dalam menumpas beragam jenis penyakit. Buah ini adalah mengkudu/ keumeudee (Aceh)/ pace, kemudu, kudu (Jawa)/ cangkudu (Sunda)/kodhuk (Madura)/ tibah (Bali). Buah yang memiliki nama latin Morinda citrifolia ini tergolong dalam famili Rubiaceae. Buah ini banyak ditemukan di kawasan Asia tenggara.

Buah mengkudu atau di jawa disebut pace

Sejak 1500 tahun yang lalu, penduduk kepulauan Hawai menganggap tumbuhan buah mengkudu ini sebagai barang keramat. Masyarakat Hawai yang mengenalnya dengan sebutan noni menduga kalau tumbuhan buah mengkudu ini memiliki banyak manfaat. Oleh karenanya, mereka juga menjuluki buah mengkudu (noni) sebagai Hawaii magic plant, karena buah ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman buah mengkudu hampir bisa tumbuh di mana saja. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu bisa mencapai 3–8 m, daunnya tebal dan lebar, serta memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Buah mengkudu kaya akan sumber karbohidrat, tinggi vitamin A, vitamin C, zat besi dan niasin. Daging buahnya rendah lemak dan tinggi protein. Nutrisi inilah yang sangat diperlukan tubuh untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit.


Kandungan dan Manfaat Buah Mengkudu


Buah mengkudu kaya akan kandungan dan manfaat di dalamnya. Di antara kandungan dan manfaat buah mengkudu yaitu:

1. Buah mengkudu memiliki kandungan zat nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, asam amino, peptida, enzim. Kesemuanya tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu juga merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu antara lain xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll. Keseimbangan zat-zat yang terkandung dalam buah mengkudu ini juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Dalam Mengkudu juga terdapat zat anti bakteri. Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu dapat berfungsi untuk mematikan bakteri penyebab infeksi seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
3. Buah mengkudu mengandung Scolopetin. Senyawa scolopetin ini sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.

4. Buah mengkudu mengandung Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

5. Buah mengkudu mengandung Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapat dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tetapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

6. Buah mengkudu mengandung zat Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh. 

7. Buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh. Penelitian juga menunjukan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

8. Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena serangan jantung. 

9. Buah mengkudu memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi. Buah mengkudu juga dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya bisa digunakan untuk meredam sakit kepala. 

10. Buah mengkudu memiliki kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana yang memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh.

11. Dalam buah mengkudu juga terkandung adanya senyawa 2-methoxy -1,3,6-trihydroxyanthraquinone. Penelitian telah menyatakan bahwa senyawa ini baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker serta baik juga untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

12. Kandungan nutrisi yang ada pada buah mengkudu dapat berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah. Oleh karenanya mengkonsumsi buah mengkudu dalam bentuk jus, buah segar atau suplemen sangat dianjurkan, karena kandungan nutrisinya bisa mencegah terkena hipertensi. Tekanan darah juga menjadi lebih stabil.

Sumber: wikipedia, detik.com
Labels: Info & Sains, Kesehatan

Thanks for reading Mengkudu (Pace), Buah Ajaib Yang Kaya akan Kandungan dan Manfaat. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengkudu (Pace), Buah Ajaib Yang Kaya akan Kandungan dan Manfaat"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.