Solusi Cara Menghilangkan Auto Ads Matched Content (Konten Sesuai) dibawah Footer


Bagi para publisher Adsense di blognya, memasang jenis iklan Auto Ads merupakan solusi baru bagi yang tidak suka ribet ketika harus mengedit template blog. Dengan memasang iklan Auto Ads, kita tidak dipusingkan dengan setting ukuran maupun penempatan iklan karena semua akan dikerjakan oleh google.

Iklan auto ads

Terlebih Iklan Auto Ads ini juga memiliki nilai CPC yang lumayan tinggi sehingga dapat meningkatkan penghasilan dari adsense. Namun sayangnya masih ada kekurangan dari jenis iklan ini, salah satunya yaitu dari segi penempatan iklan. Salah satu yang mencolok adalah tampilan jenis iklan matched content (konten sesuai) yang biasanya berada di bawah footer. 

Mungkin ada yang merasa nyaman dengan posisi iklan di bawah footer ini, tapi banyak juga yang merasa kurang pas, karena dengan iklan berada di posisi paling bawah, maka biasanya iklan akan terabaikan oleh pembaca blog kita. Tampilan iklan matched content di bawah footer ini muncul baik dalam tampilan web maupun tampilan mobile. Idealnya, iklan jenis konten sesuai ini biasanya diletakan di bagian bawah artikel sebagai related post. Oleh karenanya, bagi yang tidak suka, perlu kiranya untuk mengatasinya agar posisi iklan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Berikut screenshot salah satu contoh posisi iklan di bawah footer:

Contoh iklan konten sesuai di bawah footer
via palembang.blog

Sebenarnya jika kita melihat panduan memasang adsense, ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatur jenis iklan Auto Ads yang hendak kita tampilkan di blog kita. Kita bisa mengatur mana iklan yang ingin kita tampilkan dan mana yang tidak. Untuk mengaturnya, ikuti tutorial berikut ini:

1. Buka menu iklan otomatis lalu klik yang bergambar pensil.

Setting auto ads

2. Jika sudah terbuka, kita bisa mengatur mana iklan yang ingin ditampilkan dan mana yang tidak. 
  
Setting auto ads 2

3. Jika kita ingin menghilangkan iklan di bawah footer, maka tinggal kita setting off pada jenis iklan matched content dan kemudian klik simpan.

Namun cara ini, berdasarkan pengalaman saya sendiri, ternyata tidak berhasil. Iklan matched content justru tetap muncul di bawah footer. Akhirnya saya coba cari solusinya dengan googling dan ketemu. Untuk mengatasinya, mungkin anda bisa mencoba cara berikut ini:

1. Buka menu iklan otomatis lalu pilih buat group iklan dengan cara pilih Group URL baru pada bagian bawah setelan global.

Setting auto ads 4

2. Buat Group URL lalu pilih url Blog anda yang ingin dihilangkan auto adsnya di bagian bawah footer.

3. Pada pilih setelan iklan matikan jenis Iklan Konten yang sesuai. 

Setting auto ads 4

4. Terakhir buat nama group URL anda kemudian simpan.

Menurut keterangan yang tertulis, kita mesti menunggu maksimal hingga 1 x 24 jam, dengan demikian iklan Auto Ads yang berada di bawah footer akan hilang.

Dan ternyata, setelah lebih dari 24 jam (berdasar pengalaman di blog saya), iklan masih juga tetap muncul di bawah footer. Akhirnya saya biarkan sembari berharap nantinya akan hilang dengan sendirinya. Namun hari berganti hari ternyata iklan masih muncul di bawah footer. 

Solusi Ditemukan, suatu ketika saya sedang melihat tampilan edit template blog saya, dan kemudian pandangan saya tertuju pada kode jenis iklan yang berada di deretan kode di atas kode </body>. Setelah saya pastikan, kode tersebut merupakan jenis iklan matched content yang sebelumnya belum pernah saya pasang secara manual di blog saya, tetapi terpasang sendirinya di situ. Setelah saya coba hapus kode tersebut (biasanya ciri-cirinya ada tulisan autorelaxed), hilanglah iklan matched content di bawah footer. Jika anda mengalami seperti saya, anda bisa cek dalam edit template anda barangkali kode iklan ini terpasang di dalamnya, dan anda dapat menghapusnya. Demikianlah solusi untuk menghilangkan iklan Auto Ads Matched Content (konten sesuai) yang muncul di bawah footer, semoga bermanfaat.

Labels: Blogging

Thanks for reading Solusi Cara Menghilangkan Auto Ads Matched Content (Konten Sesuai) dibawah Footer. Please share...!

5 comments on Solusi Cara Menghilangkan Auto Ads Matched Content (Konten Sesuai) dibawah Footer

  1. naahh, ini yg sedang dicari caranya, makasih ngelmunya langsung ke tekape.

    BalasHapus
  2. Udah di cek di atas body jg ga ada, ada jg script lazyload adsense, apakah karena lazyload tersebut ya? Malah iklan feed yg dulunya ada jd ga ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek lagi pengaturan iklan auto ads di akun adsensenya, karena skarang tampilannya udh berbeda dari sewaktu artikel ini dibuat. Pastikan format iklan untuk iklan matched content (konten yg sesuai) tidak diaktivkan. Kalau bukan itu masalahnya, coba cari lg di bagian sekitar html footernya kalau-kalau ada kode iklannya di situ, nanti tinggal dihapus.

      Hapus
    2. Kemarin penayangannya di blokir bagian hompepagenya,,karena muculnya di bagian homepage mode mobile aja...tp masih ada, namun sekarang udah bener udah ada tepat diatas footer.

      Hapus
    3. Syukurlah kalo sudah bener. Senang mendengarnya.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.