Cara Mengatur Teks Artikel Blog Agar Otomatis Rata Kanan Kiri


Setiap blogger punya gayanya masing-masing dalam menampilkan konten artikel yang ditulisnya. Sebuah artikel pastinya lebih dinilai dari isi yang berbobot ketimbang segi penulisan yang ditampilkan. Namun saya sendiri seringkali merasa risih jika sebuah artikel terlihat kurang rapi dilihat dari segi tampilan penulisannya. Biasanya, banyak kita jumpai artikel yang ditampilkan sebagaimana adanya. Artinya, penempatan tulisan mengikuti pengaturan standar yaitu alinea terlihat hanya rata kiri, sehingga tampilan di sisi kanan terlihat kurang rapi. Contohnya seperti tampilan berikut ini:

Tidak rata kanan kiri

Sebenarnya saya agak bingung menjelaskan ini, tapi intinya tampilan tulisan di sisi kanan terlihat tidak rata seperti halnya yang ada di sisi kiri. Nah, bagi anda yang punya pemikiran seperti saya, pastinya tampilan seperti itu kurang terlihat nyaman sehingga perlu adanya tindak lanjut agar "kerapian" artikel bisa terwujud. Setidaknya ada dua cara untuk membuatnya rapi, yaitu membuat postingan menjadi rata tengah atau menjadi rata kanan kiri. Saya sendiri memilih yang rata kanan kiri, sehingga tulisan terlihat benar-benar rapi seperti halnya sebuah makalah. Oleh karenanya, pada kali ini kita akan mengaturnya agar postingan menjadi rata kanan kirinya. Untuk mengaturnya, ada dua juga cara yang bisa kita lakukan, yaitu cara manual dan cara otomatis. 

Cara Manual

Cara yang pertama ini memang sudah disediakan dalam fitur yang bisa kita gunakan saat kita menulis artikel sebelum mempublishnya. Mungkin semua sudah tahu, caranya yaitu:

1. Misalnya kita sudah selesai menulis artikel dan siap untuk dipublish, maka untuk mengatur agar tulisan menjadi rata kanan kiri yang perlu dilakukan adalah copy semua tulisan dan pilih setting rata kanan kiri seperti berikut:

Mengatur rata kanan kiri manual
setting manual rata kanan kiri

2. Jika sudah silahkan publikasikan dan lihat hasilnya. Postingan pun menjadi rata kanan kiri. 

Cara Otomatis

Jika cara yang pertama kita mesti mengaturnya setiap kali menulis artikel, maka untuk cara yang kedua ini cukup simpel dan cukup sekali untuk mengaturnya. Dengan cara ini maka setiap kali kita menulis artikel akan secara langsung diatur rata kanan kirinya secara otomatis tanpa harus mengatur lagi secara manual. Caranya yaitu:

1. Pada dashboard blogger pilih menu tema. Jika khawatir error anda bisa download tema anda terlebih dulu. 

2. Setelahnya klik edit hml dan cari kode seperti berikut ini:

.post-body { position: relative; }

3. Tambahkan kode berikut ini ke dalam tanda kurung pada kode di atas

text-align: justify;

Sehingga setelah ditambahkan menjadi seperti ini.

.post-body { text-align: justify; position: relative; }

4. Jika sudah, silahkan simpan template anda kembali dan lihat hasilnya. 

Teks sudah rata kanan kiri
postingan menjadi rata kanan kiri

Dengan cara otomatis ini maka setiap postingan akan langsung berubah menjadi rata kanan kirinya secara otomatis. Bahkan tulisan terdahulu yang belum diatur pun juga akan ikut menjadi rata kanan dan kirinya.

Update!. Jika menggunakan cara otomatis ini, kadang pada beberapa template ada yang tampilan versi mobilenya akan menjadi error, maka cara mengatasinya kembalikan seperti semula dan cukup tambahkan kode berikut ini ke dalam pengaturan customize --> add CSS atau bisa juga masuk edit html dan letakkan kode berikut ini di atas kode ]]></b:skin>

.post-body: { text-align: justify; }

Demikianlah Cara Mengatur Teks Artikel Blog Agar Otomatis Rata Kanan Kiri. Semoga bermanfaat.

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Mengatur Teks Artikel Blog Agar Otomatis Rata Kanan Kiri. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Mengatur Teks Artikel Blog Agar Otomatis Rata Kanan Kiri"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.