Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Yang Ada di Indonesia


Hidup selalu berputar dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita di masa yang akan datang. Oleh karenanya, perlu kiranya bagi kita untuk memiliki jaminan demi mengantisipasi segala sesuatu yang bisa saja terjadi pada diri kita nantinya. Selain berinvestasi lewat bank, asuransi sebagai salah satu lembaga keuangan lainnya juga bisa kita jadikan alternatif yang cukup baik untuk meminimalisir resiko atas kejadian yang tak terduga. Dengan berbagai keunggulannya, asuransi juga telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat modern untuk melindungi masa depannya. 

Asuransi

Namun sebelum memutuskan untuk ikut berasuransi, perlu kiranya bagi kita untuk mengetahui beragam jenis asuransi yang ada, sehingga nantinya kita bisa memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Dihimpun dari berbagai sumber, ada beragam jenis asuransi yang bisa kita temui di Indonesia, di antaranya yaitu:

1. Asuransi Jiwa


Asuransi jenis pertama ini merupakan yang paling sering kita jumpai. Subjek asuransi jiwa adalah kehidupan manusia. Oleh karenanya, jenis asuransi ini memberikan perlindungan khusus atas risiko kematian atau kondisi ketika seseorang tak lagi bisa mencari nafkah, misalnya akibat kecelakaan. Ketika seorang pemilik polis asuransi jiwa meninggal dunia, maka pihak tertanggung akan mendapat dana asuransi atas peristiwa tersebut. Jika demikian, biasanya yang menjadi pihak tertanggung adalah anggota keluarga si pemilik polis. Misalnya ayah suatu keluarga dengan tertanggung anak-anaknya. Dengan adanya asuransi jiwa, kelangsungan hidup serta masa depan anak bisa dilindungi meski sang ayah sebagai pencari nafkah sudah tiada lewat dana asuransi yang dicairkan.

2. Asuransi Kesehatan


Jenis asuransi ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Namun apa jadinya jika kita atau keluarga kita tiba-tiba jatuh sakit? Asuransi Kesehatan bisa dijadikan prioritas untuk dialokasikan sebagai pengeluaran tak terduga kala jatuh sakit. Asuransi kesehatan berguna untuk menangani kesehatan dan mengurangi risiko jika salah satu anggota keluarga sakit, terutama sakit keras seperti jantung, diabetes, dan lain-lain. Selain itu, asuransi kesehatan juga berguna untuk menanggung biaya dari proses perawatan sakit yang diderita. Perlindungan yang diberikan oleh asuransi ini akan lebih menjamin kesehatan tertanggung dengan mengklaim biaya atas segala pengobatannya saat jatuh sakit. 

3. Asuransi Properti 


Banyak pemilik rumah atau tanah yang ingin melindungi properti mereka dengan asuransi jenis ini. Seperti terlihat dari namanya, asuransi properti memberikan perlindungan atas properti dan aset di dalamnya terhadap resiko tertentu, seperti misalnya saat terjadi pencurian harta benda atau musibah kebakaran. Biasanya, properti yang bisa dilindungi asuransi jenis ini antara lain rumah dan gedung. Bagi anda yang memiliki properti di daerah-daerah yang terbilang cukup rawan, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jenis asuransi jenis ini untuk melindungi aset anda. 

4. Asuransi Pendidikan


Pendidikan adalah bekal untuk menatap masa depan dan meraih kejayaan. Untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang layak bagi anak-anak kita, asuransi pendidikan bisa dijadikan alternatif. Pendidikan memang sangat penting, namun faktor tingginya biaya pendidikan yang makin tinggi dari tahun ke tahun seringkali menjadi kendala. Oleh karenanya, pada masa kini jenis asuransi ini juga semakin banyak dilirik oleh para orang tua. Dengan asuransi pendidikan, maka akan memberikan perlindungan terhadap kepastian pendidikan anak dalam keluarga. Karena pentingnya pendidikan bagi masa depan anak, asuransi jenis ini juga bisa dibilang investasi seumur hidup, sehingga memang perlu diprioritaskan oleh para orang tua.

5. Asuransi Kendaraan


Asuransi jenis ini juga merupakan salah satu yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Seperti diketahui, keluarga masa kini sebagian besar memiliki kendaraan, baik itu mobil atau sepeda motor. Bagi pemilik kendaraan, asuransi kendaraan berfungsi untuk melindungi risiko atas kejadian yang menimpa diri atau kendaraan yang diasuransikan. Selain itu, asuransi ini juga dapat mengganti kehilangan atau kerusakan kendaraan tertanggung. Fokus dari menggunakan asuransi kendaraan ini adalah untuk memproteksi kendaraan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi kerugian yang lebih besar, anda juga bisa pertimbangkan untuk menggunakan asuransi jenis ini. 

6. Asuransi Perjalanan


Bagi anda yang suka bepergian atau hobi traveling, anda bisa pertimbangkan untuk memakai asuransi jenis ini. Asuransi perjalanan merupakan layanan proteksi terhadap risiko yang mungkin terjadi saat seseorang dalam perjalanan. Adapun yang ditawarkan dari asuransi perjalanan adalah proteksi dan penanggungan biaya jika pembeli premi mengalami kecelakaan, seperti misalnya jatuh sakit saat tengah berlibur, termasuk tanggungan biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, santunan kecelakaan pribadi, evakuasi medis, hingga barang-barang pribadi yang memiliki resiko kehilangan atau rusak. Asuransi jenis ini sangat bermanfaat untuk meringankan biaya yang timbul akibat insiden yang terjadi saat dalam perjalanan. Oleh karenanya, asuransi ini sangat cocok bagi para traveller. 

7. Asuransi Bisnis


Bagi para pengusaha atau pelaku bisnis, asuransi jenis ini memang diperuntukkan untuk mereka. Asuransi bisnis melindungi risiko yang bisa menimpa aset bisnis, seperti misalnya kehilangan atau berkurangnya aset sehingga berpengaruh pada bisnis. Layanan ini mencakup penggantian kerusakan, kehilangan, dan kerugian dengan jumlah yang besar jika terjadi pada bisnis tertanggung. Selain peralatan kerja, layanan asuransi ini juga biasanya meliputi perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis, asuransi jiwa menyeluruh untuk seluruh karyawan, paket lengkap asuransi kesehatan bagi karyawan, serta perlindungan investasi dan bisnis. Dengan asuransi bisnis ini, maka manfaatnya juga bisa untuk berjaga-jaga bila bisnis tidak lancar dan bisa menjadi daya tarik agar karyawan bisa tenang dalam bekerja.

Demikianlah di antara ragam jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui jenis-jenis asuransi yang ada, bagi anda yang hendak ikut asuransi bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Demikian, semoga bermanfaat.

Labels: Info & Sains, Tips & Cara

Thanks for reading Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Yang Ada di Indonesia. Please share...!