7 Produk Elektronik Asli Indonesia Yang Sering Dikira Buatan Luar Negeri


Seringkali kita jumpai suatu brand atau produk elektronik yang terlihat dari namanya seperti nama-nama dari luar negeri, namun pada kenyataannya bisa jadi ternyata produk asli buatan Indonesia. Produk-produk lokal dalam negeri itu bahkan mampu bersaing dengan produk buatan luar negeri dan merajai pasarnya masing-masing. Saking populernya bahkan banyak di antara kita yang mengira bahwa produk-produk elektronik tersebut buatan dari luar negeri, padahal asli made in Indonesia. 

Produk elektronik
ilustrasi barang-barang elektronik via google

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 7 produk Elektronik terkenal buatan Indonesia yang sering dikira buatan luar negeri

1. Polytron

Polytron merupakan salah satu brand elektronik asli Indonesia yang mampu bersaing dengan produk-produk buatan dari Jepang, Korea atau yang lainnya. Perusahaan ini berpusat di Kudus, Jawa Tengah dan telah berdiri sejak 16 Mei 1975. Pendiri Polytron adalah Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Polytron kini memiliki dua pabrik yakni di Kudus dan Semarang, Jawa Tengah. Produk-produk buatan Polytron antara lain LED TV, TV Tabung, Audio system, smartphone, tablet, feature phone, hingga perangkat perabotan rumah tangga seperti kulkas, AC, mesin cuci, dan lain-lain. 

2. Advan

Pertama kali saya tahu advan adalah merek sebuah laptop. Namun selain laptop, Advan juga memproduksi beragam perangkat elektronik lain seperti TV, smartphone, tablet, bahkan flashdisk. Perusahaan Advan telah berdiri di Jakarta sejak tahun 1998. Perusahaan ini juga pernah bekerjasama dengan beberapa negara seperti Korea, Amerika dan beberapa negara di Asia Pasifik. Selain itu, Advan juga mempunyai banyak mitra bisnis kelas dunia lainnya untuk menghasilkan berbagai produk-produk teknologi yang berkelas dunia.

3. Miyako

Mungkin sekilas nama Miyako seperti nama produk dari Jepang, namun kenyataannya Miyako adalah produk elektronik asli Indonesia. Miyako adalah produk elektronik kebutuhan rumah tangga dari PT Kencana Gemilang yang berdiri sejak tahun 1970. Bertahun-tahun lamanya produk ini telah malang melintang mengisi perabotan rumah tangga masyarakat Indonesia. Bahkan pada tahun 2013 yang lalu, miyako juga sempat mendapat penghargaan SICS Award dari SUCOFINDO. Produk-produk Miyako antara lain blender, kipas angin, magic warmer, mixer, rice box, regulator gas, vacuum cleaner, cooker, coffee maker, hair dryer, juicer, magic warmer plus, mixer, oven, rice cooker, toaster, water dispenser, kompor gas, setrika, dan lainnya.

4. Sanken

Sama halnya dengan Miyako, Sanken juga telah lama bergerilya memasarkan produk-produknya di segenap penjuru pelosok negeri ini. Produk asli Indonesia yang berkantor pusat di Tangerang ini telah berdiri sejak tahun 1995 dan terus berinovasi menciptakan peralatan modern dengan meningkatkan penggunaan komponen lokal. Produk-produk Sanken fokus pada peralatan rumah tangga karena seluruh proses produksi dilakukan di pabrik milik sendiri. Produk-produk Sanken yang menonjol di antaranya mesin cuci, dispenser standing, kulkas, rice cooker dan kipas angin. Pada tahun 2003 yang lalu, Sanken juga pernah memperoleh penghargaan Superbrands dan ICSA. Pada tahun 2010, Sanken juga kembali meraih penghargaan Top Brand kategori dispenser air minum. 

5. Maspion

Perusahaan yang didirikan sejak tahun 1962 ini berkantor pusat di Surabaya, Indonesia. Produk dari Perusahaan yang dimiliki oleh Alim Investindo ini merupakan salah satu produk yang cukup legendaris di Indonesia. Maspion juga merupakan salah satu produsen perkakas rumah tangga yang cukup besar di Indonesia. Perusahaan Maspion memiliki keahlian yang kuat di bidang pemasaran dan manufaktur berbagai produk peralatan rumah tangga. Nama Maspion sendiri konon merupakan singkatan dari Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional.  Produk-produk buatan Maspion terdiri dari berbagai perlengkapan kebutuhan rumah tangga seperti Kipas angin, Pipa paralon, pipa PVC dan PVE, peralatan dapur seperti teko, panci, wajan teflon, blender, dan lainnya.

6. Shimizu

Pada tahun 1990, SHIMIZU mengawali bisnisnya dengan pabrik di daerah Cikupa, Tangerang. Pada tahun 2002 mulai menempati pabrik baru dengan lahan seluas 1,5 hektar di Balaraja, Tangerang. Shimizu memang lebih dikenal fokus pada produk-produk jenis pompa air. Hingga kini, pengembangan teknologi SHIMIZU telah menghasilkan lebih dari 20 model pompa air yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Produk-produk Shimizu juga telah diuji melalui pengujian Badan International dan memperoleh sertifikat produksi bertaraf internasional (CE). SHIMIZU merupakan produk pompa air pertama di Indonesia yang meraih sertifikat Standard Nasional (SNI).

7. Cosmos

Berdiri sejak tahun 1976, Cosmos adalah perusahaan produsen alat elektronik rumah tangga asli Indonesia yang berkantor pusat di Cengkareng, Jakarta. Pada awalnya, perusahaan Cosmos menargetkan untuk menyaingi produk-produk merek luar negeri yang merajalela di tahun 1970-an. Hingga kini, ada beragam produk yang dihasilkan oleh perusahaan dengan nama PT Star Cosmos ini. Berbagai varian produk tersebut juga pernah membuat Cosmos memperoleh penghargaan Top Brand pada tahun 2012. Produk-produk buatan Cosmos di antaranya yaitu kipas angin, juicer, mixer, oven, rice cooker dan sebagainya. 

Demikianlah di antara produk-produk Elektronik terkenal buatan Indonesia yang sering dikira buatan luar negeri. Ternyata produk-produk dalam negeri memang tidak kalah kualitasnya dengan produk-produk buatan dari luar negeri. Sebagai anak bangsa, pastinya kita patut bangga dengan produk-produk lokal asli Indonesia tersebut. Dan semoga pencapaian-pencapaian mereka dapat memberi motivasi bagi kita agar dapat lebih berguna bagi negeri tercinta ini. Sekian.

Labels: Info & Sains

Thanks for reading 7 Produk Elektronik Asli Indonesia Yang Sering Dikira Buatan Luar Negeri. Please share...!

0 Komentar untuk "7 Produk Elektronik Asli Indonesia Yang Sering Dikira Buatan Luar Negeri"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.