7 Tips (Strategi) dalam Menjalankan Usaha Agar Cepat Sukses

Banyak usaha yang terpaksa gulung tikar karena salah dalam strategi pemasarannya. Di tengah sengitnya persaingan usaha di zaman yang serba modern ini, memang berbagai cara pun dilakukan oleh para pelaku usaha untuk memasarkan dagangannya agar semakin dikenal dan diminati oleh banyak orang. Keadaan ini tentunya membuat kita juga harus lebih kreatif dalam menciptakan stategi untuk memasarkan barang dagangan kita. Memang produk atau barang yang berkualitas adalah salah satu kunci sukses usaha yang haruslah selalu diutamakan, namun yang tidak kalah pentingnya agar usaha banyak dilirik pelanggan adalah tentunya strategi dalam memasarkan apa yang kita jual.

7 Tips dalam Menjalankan Usaha Agar Cepat Sukses
ilustrasi via ciputrauceo.net

Bagi Anda yang baru saja memulai usaha meskipun kecil-kecilan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat usaha anda agar laris manis dan sukses meraup banyak penghasilan. Hal-hal yang bisa anda lakukan di antaranya yaitu:

1. Memilih Nama Brand Yang Tepat

Bagi anda yang ingin usahanya cepat dikenal oleh banyak orang, sebelumnya anda bisa menentukan terlebih dahulu nama brand usaha anda yang unik, lain dari yang lain, dan mudah diingat tapi tetap mencerminkan usaha yang anda jalani. Sebagai contoh misalnya anda bisa pilih nama yang gampang diucapkan atau pun nama yang terkesan nyleneh tapi tetap sesuai etika sehingga orang-orang akan penasaran dan tertarik untuk mencoba atau menjajal produk anda. Jika mereka kemudian menyukai produk atau dagangan anda, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan-pelanggan tetap anda. Selain itu, nama yang unik ini juga bisa membuat usaha kita semakin cepat dikenal karena membuat banyak orang penasaran.

2. Melakukan Promosi secara Efektif

Agar barang dagangan anda semakin dikenal luas, anda meski kreatif dalam mengenalkan atau mempromosikan usaha bisnis anda. Cara mudahnya mungkin bisa anda lakukan mulai dari mulut ke mulut dengan menawarkan barang dagangan kepada tetangga di sekitar anda. Atau anda juga bisa memanfaatkan media sosial yang ada seperti facebook, intagram atau whatsapp untuk mempromosikan usaha anda. Cara ini tentunya lebih efektif dan efisien karena promosi akan tersebar dengan sendirinya lewat media sosial. Selain itu, jika anda baru saja memulai usaha bisa juga ada menerapkan harga promo agar banyak yang tertarik untuk mengunjung toko/warung/usaha anda.
3. Pemilihan Lokasi Yang Tepat

Lokasi yang tepat turut mempengaruhi sukses atau tidaknya usaha yang hendak anda jalani. Jika anda ingin agar tempat usaha anda ramai pembeli, tentunya anda harus menentukan tempat yang strategis untuk memasarkan usaha anda. Sebagai contoh misalnya anda bisa mencari tempat yang ramai atau banyak dilalui orang seperti di pinggir jalan besar atau di persimpangan-persimpangan jalan yang mudah terlihat orang banyak. Pemilihan lokasi tersebut merupakan salah satu strategi anda untuk menjaring pelanggan dan juga tempat untuk mengenalkan produk-produk anda.

4. Tentukan Pasar Pelanggan

Jika produk anda ditujukan untuk kalangan tertentu, maka sebaiknya anda tentukan terlebih dulu target pasar anda. Sebagai contoh misalnya usaha anda di bidang penjualan pakaian dengan style ala ala model Korea, maka anda bisa menargetkan pasar anda pada kalangan remaja yang suka bergaya ala Korea-Koreanan. Atau contoh lain misalnya usaha anda di bidang penjualan peralatan-peralatan sekolah dan segala tetek bengeknya, maka jadikanlah kalangan pelajar sebagai target pasar anda. Dengan menentukan target pasar pelanggan anda, maka akan mempermudah anda dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan terhindar dari pembuangan biaya dan waktu yang sia-sia.

5. Menjaga Kepuasan Pelanggan

Ungkapan terkenal yang mengatakan pembeli adalah raja mungkin ada benarnya. Jika kita ingin pelanggan puas dengan produk atau barang dagangan kita, maka kita harus senantiasa menjaga kepuasan pelanggan dengan menjaga kualitas barang yang kita jual. Untuk memastikannya, kita juga bisa menjalin komunikasi dengan pelanggan kita untuk menanyakan testimoni mereka mengenai produk usaha kita ataupun menginfomasikan produk yang baru kita keluarkan. Dengan demikian, pelanggan pun akan semakin betah dan tidak bakal kabur ke tempat lain. 


6. Pemberlakuan Diskon Untuk Menarik Banyak Pelanggan

Selain menjaga kepuasan pelanggan, anda juga dapat mempertimbangkan untuk memberikan diskon secara berkala atau undian hadiah menarik agar pelanggan semakin betah di toko/tempat usaha anda. Sebelum memberlakukan hal ini anda juga bisa memperhatikan cara promosi kompetitor-kompetitor anda agar anda tidak kalah bersaing dengan usaha mereka. Jika memang pemberlakuan diskon ini diyakini dapat meningkatkan hasil penjualan kita, maka diskon dapat diberlakukan sesuai dengan perhitungan yang tepat. Dengan memberikan diskon, maka akan ada kemungkinan datangnya pelanggan-pelanggan baru yang mendekat kepada anda. 

7. Terus Berinovasi 

Agar usaha anda semakin maju dan berkembang, anda tidak boleh berhenti dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaru agar produk anda selalu selaras dengan perkembangan zaman dan selalu mengikuti keinginan dan kehendak pelanggan-pelanggan anda. Untuk dapat menciptakan inovasi yang tepat, anda bisa meminta saran dan pendapat dari pelanggan-pelanggan anda, atau bisa juga dari mencari dari berbagai informasi yang ada di internet. Dengan adanya inovasi-inovasi yang semakin beragam, maka anda tidak akan kehabisan ide dalam membuat produk anda agar semakin disukai oleh pelanggan-pelanggan anda. Dengan terus berinovasi, maka usaha juga akan semakin maju dan berkembang. 

Demikianlah 7 Tips yang bisa anda lakukan dalam Menjalankan Usaha Agar Cepat Meraih Sukses sesuai keinginan anda. Selain ketujuh tips di atas tentunya kita juga harus selalu berdoa agar setiap langkah kita senantiasa mendapat kemudahan dari Yang Kuasa. Semoga bermanfaat. (diolah dari berbagai sumber) 

Labels: Tips & Cara

Thanks for reading 7 Tips (Strategi) dalam Menjalankan Usaha Agar Cepat Sukses. Please share...!