7 Tips Sukses Berjualan di Media Sosial


Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi dan informasi, ragam kegiatan manusia pun ikut bertransformasi ke arah yang lebih modern, salah satunya yaitu dalam teknik berjualan. Jika pada masa lalu berjualan hanya dilakukan di tempat-tempat tertentu seperti di pasar atau toko-toko, kini kita sudah tidak asing dengan yang namanya bisnis jual beli online. Dengan meningkatnya jumlah pengguna media sosial yang merambah semua kalangan, kebanyakan para pebisnis pada masa kini juga sudah memanfaatkan media sosial untuk kegiatan promosi dan penjualan produk mereka.

Jualan di media sosial 1
via pixabay

Penggunaan media sosial sebagai lahan untuk jualan online ini memang relatif simpel dan efektif, kita bisa memasarkan produk dengan mudah tanpa harus ribet memasarkannya secara langsung. Siapa pun dapat melakukannya, bahkan ibu-ibu rumah tangga juga bisa menjalankan bisnis ini. Selain itu, penggunaan media sosial sebagai media promosi berjualan juga gratis, sehingga biaya yang kita keluarkan bisa diminimalisir untuk keperluan teknis nantinya. Meski begitu, jualan lewat media sosial juga rawan gagal jika anda salah dalam melangkah. Untuk itu, sebelumnya anda perlu mempelajari tips-tips dalam berjualan online agar bisnis yang akan anda praktekkan dapat berhasil nantinya. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 tips berjualan di media sosial agar dapat berjalan sukses: 

1. Tentukan Media Sosial Yang Digunakan


Dari beberapa media sosial yang ada, terlebih dahulu tentukan mana yang hendak digunakan untuk bisnis jualan anda. Ada facebook, Instagram, twitter dan lainnya, bisa pilih mana yang sekiranya cocok untuk bisnis online shop anda. Atau juga bisa menggunakan lebih dari satu media sosial untuk meningkatkan promosi jualan agar lebih banyak yang mengenal dan mengetahui jualan anda. Jika misalnya terbiasa, lebih familier dan merasa cocok menggunakan facebook untuk jualan produk anda, maka anda bisa memaksimalkannya sebagai ladang bisnis jualan. 

Mungkin facebook pengoperasiannya lebih mudah sehingga bisa diatur dan disesuaikan tampilannya agar bisa lebih efektif dalam mempromosikan bisnis anda. Terlebih pengguna facebook di Indonesia juga lumayan banyak sehingga pastinya dapat lebih banyak menarik konsumen-konsumen anda. Atau bisa juga pertimbangkan media sosial yang sedang ngetren seperti instagram untuk bisnis jualan anda. Pengguna instagram juga kini lumayan banyak karena fitur-fitur keren yang disediakan, anda bisa memaksimalkan hal itu. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan agar anda tetap dapat menjalankan bisnis online dengan nyaman. 

2. Tentukan Target Pasar Potensial


Agar promosi penjualan tepat sasaran, anda mesti tentukan target market potensial kepada pelanggan-pelanggan tertentu yang anda tuju, seperti misalnya untuk kalangan anak muda atau ibu-ibu. Hal ini berkaitan erat dan harus disesuaikan dengan produk-produk yang anda promosikan dan akan anda jual kepada para konsumen anda. Sebagai contoh produk yang hendak dijual adalah pakaian olahraga seperti jersey bola dan sebagainya, maka targetkan pelanggan adalah dari kalangan anak-anak muda yang gemar berolahraga, jangan tawarkan produk-produk kepada ibu-ibu yang pastinya lebih tertarik pada baju muslimah misalnya, hal ini tidak akan efektif.

Penentuan target yang anda bidik ini memang penting agar jualan tepat sasaran dan sesuai kriteria anda. Untuk melakukannya, anda bisa buat semacam group di Whatsapp atau lainnya dengan mengangkat tema khusus seputar produk-produk yang anda jual di sana. Cara ini juga bisa sekalian mempromosikan produk-produk anda kepada para anggota group tersebut. Jika ada di antara para anggota group yang tertarik pada apa yang anda ulas, mereka inilah target yang berpeluang menjadi pelanggan-pelanggan setia anda. Intinya, anda mesti kreatif untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan potensial anda. 

3. Gunakan Foto Profil Untuk Tampilkan Produk


Tips ketiga yang cukup penting untuk dilakukan adalah menampilkan produk pada foto profil anda. Agar lebih efektif, anda bisa mengganti foto profil secara berkala untuk menampilkan produk-produk unggulan yang dijual dalam bisnis online anda. Sebagai contoh misalnya anda bisa ganti minimal sebulan sekali dengan gambar yang lebih fresh tentang produk-produk yang anda jajakan. Dengan mengupdate foto profil secara rutin, maka akan terlihat di timeline teman-teman anda di sosial media. Hal ini tentunya juga membuat anda terlihat serius dalam berbisnis di mata teman-teman medsos anda.

Penggantian foto profil secara berkala ini memang cukup efektif karena nantinya akan dilihat di beranda setiap orang, dengan begitu calon konsumen akan melihat profil serta postingan anda. Selain itu, tampilan foto profil tersebut juga dapat memancing rasa penasaran teman-teman sosmed anda, sehingga kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk mengetahui produk-produk jualan anda. Setelahnya, bukan tidak mungkin mereka akan membeli produk-produk yang anda tawarkan. Kalau pun mereka belum tertarik, mungkin suatu saat mereka akan kembali karena mereka sudah mengenal anda. 

4. Buat Status yang Menarik Untuk Memancing Pelanggan


Maksimalkan fitur update status dengan memposting kalimat-kalimat yang dapat menarik konsumen. Anda bisa menggunakan bahasa-bahasa marketing yang mengundang penasaran agar orang-orang tertarik untuk mengunjungi jualan anda. Bisa juga mempromosikan produk-produk anda pada moment-moment yang tepat seperti melihat musim di mana produk-produk tersebut akan ngetren atau hangat dibicarakan. Hal ini juga berguna untuk menjaring sebanyak-banyaknya bakal calon pelanggan-pelanggan anda nantinya. 

Dengan update status yang menarik, biasanya akan banyak like dan share pada postingan anda, sehingga hal itu juga akan mendekatkan anda dengan para konsumen. Namun hendaknya hindari kalimat-kalimat yang tidak perlu seperti mengandung hoax atau SARA, karena bisa saja mereka menjadi tidak berminat dengan jualan anda. Gunakanlah kalimat dengan cara yang baik dan berisi. Selain itu, agar pengunjung tidak terganggu dengan postingan-postingan anda, gunakan waktu selang-seling untuk update status. Jangan terlalu sering, tapi juga jangan terlalu lama tidak posting, karena nanti dikira jualan anda sudah tutup. 

5. Selalu Gunakan Hastag Pada Setiap Postingan


Gunakan selalu hastag saat mempromosikan produk, terutama bagi anda yang menggunakan Instagram dan twitter. Pastikan juga gunakan hastag yang relevan dengan apa yang hendak anda promosikan. Hastag ini sering digunakan untuk mencari informasi, sehingga postingan anda akan dapat mudah terindeks dan ditemukan oleh orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan produk-produk anda. Anda bisa menuliskan misalnya #PusatKerudungTermurah, #BajuKokoTerbaik, dan sebagainya. 

Penggunaan hastag juga bisa anda sertakan saat misalnya sedang mengadakan promo atau penawaran diskon untuk produk-produk tertentu. Gunakan hastag yang sesuai dan selipkan satu hastag populer. Dengan produk yang mudah ditemukan oleh orang-orang, maka produk anda juga akan semakin populer dan dikenal oleh banyak orang. Intinya, gunakan hastag yang menarik dan relevan untuk membuat banyak orang mudah melakukan pencarian terhadap produk anda di Instagram, Twitter, facebook dan yang lainnya. 

6. Berikan Layanan  Terbaik dan Respon Cepat kepada Pelanggan


Sebagai penjual, anda mesti selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon pembeli anda, meskipun hanya lewat online. Pelayanan yang baik dalam bisnis online ini biasanya juga berkaitan dengan bagaimana respon anda dalam menanggapi pertanyaan pengunjung jualan anda. Oleh karenanya, disarankan bagi anda untuk merespon secepat mungkin dan sejelas mungkin pertanyaan-pertanyaan yang masuk lapak jualan anda. Hal ini bertujuan agar calon pembeli tidak kecewa dengan pelayanan anda, sehingga mereka tidak kabur atau batal untuk membeli produk anda. 

Respon yang cepat ini penting karena pada dasarnya sebagian besar pembeli tidak akan sabar menunggu pertanyaan-pertanyaan yang tidak kunjung dibalas, sehingga pada akhirnya mereka akan meninggalkan lapak anda dan beralih kepada penjual yang lain. Seperti dalam dunia nyata, jadikan calon pembeli sebagai raja yang sebisa mungkin dilayani dengan baik agar mereka merasa nyaman saat memilih produk-produk anda. Kalaupun adakalanya konsumen hanya bertanya-tanya saja belum tentu membeli, anda tanggapi saja dengan baik sesuai kebutuhan, barangkali lain waktu berminat membelinya. 

7. Bangun Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan


Tips terakhir ini masih berkaitan dengan tips sebelumnya. Agar anda semakin dekat dengan konsumen sehingga mereka semakin betah dan loyal kepada anda, jalinlah hubungan yang baik dengan para konsumen anda. Hal ini juga kembali pada tujuan dasar penggunaan media sosial itu sendiri, yakni membangun interaksi dengan teman atau pengguna media sosial lainnya. Oleh karenanya, manfaatkanlah media sosial yang anda gunakan untuk berjualan itu dengan pelayanan terbaik yang anda bisa, agar tercipta hubungan baik antara anda dan para konsumen. 

Berjualan di media sosial 2
via pixabay

Komunikasi yang baik antara anda dan para konsumen juga akan menciptakan kepercayaan dari para konsumen terhadap produk-produk anda. Kepercayaan ini penting karena dengan begitu bisa saja mereka akan merekomendasikan jualan anda kepada teman-teman konsumen anda tadi sehingga produk anda pun akan semakin dikenal oleh banyak orang. Jika terjadi hal demikian, bukan tidak mungkin jualan akan ramai dengan pembeli yang antri untuk membeli produk-produk anda. Dengan begitu, kesuksesan pun akan bisa anda raih dengan mudahnya. 

Demikianlah di antara beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam berjualan di media sosial. Jika anda sudah menjalankan tips-tips di atas dan berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan bisnis online anda, langkah terakhir yaitu tinggal berdoa dan pasrahkan semuanya kepada Yang Maha Kuasa agar Dia berkenan memberi kesuksesan pada bisnis online yang anda jalani ini. Sekian, Semoga bermanfaat. 

Labels: Tips & Cara

Thanks for reading 7 Tips Sukses Berjualan di Media Sosial. Please share...!