Cara Melaporkan Terjadinya Bom Klik atau Invalid Click kepada Google Adsense


Baru beberapa hari iklan telah tayang normal kembali di blog ini setelah dibatasi, tiba-tiba malam ini saya dikejutkan ketika membuka akun adsense saya. Di sana tertera jumlah penghasilan tertaksir tiba-tiba menjadi membengkak besar tidak sewajarnya. Penghasilan bahkan mencapai sepuluh kali lipat lebih dari biasanya. Jumlah klik pun tercatat sekitar 50 puluhan, padahal biasanya untuk blog saya yang tergolong baru dalam dunia adsense ini masih berkisar 10 - 15 klik saja per harinya. Di satu sisi saya memang merasa senang, tapi di satu sisi yang lain saya curiga dengan keganjilan ini. Lonjakan yang begitu besar ini saya rasa sangat tidak wajar sehingga saya pun harus segera mengambil tindakan agar akun adsense saya tetap aman. 

Lapor terjadi bom klik

Istilah jumlah lonjakan klik yang tidak wajar ini biasa disebut bom klik. Dengan terjadinya bom klik ini, maka pendapatan CTR menjadi meningkat dengan begitu cepat. Beruntung saya sebelumnya telah mendapat pengetahuan tentang hal ini, sehingga tahu tentang cara mengatasi keganjilan seperti ini. Alih-alih merasa senang, saya justru menjadi kesal kepada orang yang tega berbuat hal seperti ini kepada saya. Apa motivasinya sehingga tega melakukan hal tidak bertanggung jawab seperti ini kepada saya. Namun dari kejadian seperti ini ada hikmah yang bisa saya ambil sebagai pembelajaran ke depannya. Saya juga hanya bisa berharap semoga oknum-oknum yang biasa melakukan hal seperti ini lekas sadar dengan apa yang dilakukannya.

Awalnya saya memang sempat panik, namun saya ingat bahwa jika terjadi aktivitas tidak wajar pada akun adsense karena terjadi bom klik, maka kita harus segera melaporkan hal ini kepada Google Adsense. Dengan begitu, maka Google Adsense akan segera menindak lanjuti hal ini sehingga akun Adsense tetap aman dan terhindar dari banned. Meski jumlah penghasilan kembali kecil seperti semula, hal itu lebih baik daripada blog terkena banned sehingga tidak bisa lagi menjalankan adsense. Jika anda mengalami hal seperti ini, berikut cara melaporkan terjadinya Bom Klik Atau Aktivitas Klik Tidak Valid (Invalid Click) Ke Google Adsense

1. Kunjungi link berikut ini:


2. Setelah terbuka maka tampilannya akan seperti berikut ini

Form untuk lapor

Isi kolom-kolom yang tersedia di atas dengan data anda dan isi laporan anda. Misalnya seperti berikut ini

Nama

Isi dengan nama anda yang dicantumkan pada akun adsense anda. 

Alamat email:

Isi dengan email anda yang terkait dengan akun adsense.

ID Penayangan

Isi dengan ID penayang akun adsense anda. Anda bisa melihatnya di dashboard Adsense pada menu akun ➡ informasi akun. Misalnya: pub-9519XXXXXXXXXXXX

URL lokasi tampilan kode iklan:

Isi dengan URL website/blog anda. 

Topik

Ada dua pilihan, untuk kasus ini pilih melaporkan aktivitas yang tidak biasa pada account saya

Pilih aktivitas laporan

Tanggal dan Waktu aktivitas klik

Isi dengan tanggal terjadinya aktivitas bom klik pada iklan di blog anda. 

Paragraf yang menjelaskan alasan tentang aktivitas klik yang menurut Anda tidak sah

Isi dengan laporan anda tentang terjadinya bom klik atau Invalid Click. Anda bisa menggunakan bahasa Inggris atau bisa juga menggunakan bahasa Indonesia. Contoh singkatnya seperti berikut ini:

Telah terjadi lonjakan jumlah klik yang banyak dan tidak wajar pada blog saya, mohon segera ditindak lanjuti. 

Kolom terakhir

Untuk isian terakhir anda bisa sertakan data apa pun dari log atau laporan lalu lintas situs, aplikasi seluler, dan/atau saluran YouTube Anda yang menunjukkan alamat IP, perujuk, atau permintaan mencurigakan yang dapat menjelaskan terjadinya aktivitas tidak valid. Jika anda bingung anda bisa kosongkan saja kolom ini.

3. Jika sudah dirasa lengkap dan tidak ada yang ketinggalan, silahkan kirimkan laporan anda. 

Setelah laporan terkirim, biasanya tidak lama kemudian secara berangsur-angsur saldo anda akan berkurang dan akhirnya kembali normal seperti biasanya. Anda juga bisa menggunakan form ini setiap kali terjadi bom klik ataupun klik tidak valid lainnya seperti saat terjadi klik iklan sendiri secara tidak sengaja pada blog anda. Dengan pelaporan ini maka kita telah berinisiatif baik untuk melaporkan pelanggaran yang terjadi kepada Google Adsense, sehingga dengan demikian akun Adsense akan tetap aman dan tetap bisa menghasilkan bagi kita. Demikian. Semoga bermanfaat.

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Melaporkan Terjadinya Bom Klik atau Invalid Click kepada Google Adsense. Please share...!

5 comments on Cara Melaporkan Terjadinya Bom Klik atau Invalid Click kepada Google Adsense

  1. Alhamdulillah. Makasih mas jadi terbantu sama informasi di artikelnya. Saya kaget barusan kena bom klik sampai RKT nya lebih dari 200% hari ini. Tp sekarang alhamdulillaah sudah balik lagi normal... Sukses selalu mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih doanya mas, senang bisa membantu.

      Hapus
  2. Makasih Banyak Gan Artikelnya sangat bermanfaat sekali, sebab pernah terjadi bom klik pada blog saya, maka saya langsung praktekan. Pihak Adsensense langsung merespon seperti uraian dalam artikel.

    BalasHapus
  3. Makasih banyak atas ilmunya gan, saya udah praktekan pada blog saya yang pernah terjadi bom klik. Untunglah ketemu sama artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, senang bisa membantu. Terima kasih kunjungannya.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.