10 Ide Bisnis Rumahan Yang Mudah dan Menguntungkan


Di zaman yang serba modern ini, jenis usaha baru pun bermunculan seiring dengan kebutuhan yang semakin beragam. Beragam bisnis yang menyediakan berbagai kebutuhan baik berupa barang dan jasa juga semakin menjamur di setiap tempat. Orang-orang pun semakin kreatif dalam mencari peluang usaha yang dinilai akan menguntungkan dan membawa kesuksesan. Bahkan usaha pun bisa dilakukan di rumah sendiri sehingga bisa lebih bebas dalam menjalankannya sesuai kehendak pemiliknya. 

Ide bisnis rumahan menguntungkan
pic via pexels.com

Ada banyak sekali ide bisnis rumahan yang bisa dicoba. Meski hanya bisnis rumahan, tidak jarang dari mereka yang sukses dalam menjalankannya. Dengan hanya modal kecil, banyak bisnis rumahan yang menjadi besar dan akhirnya berhasil meraup keuntungan yang melimpah. Bahkan banyak usaha rumahan yang awalnya hanya sekedar coba-coba namun akhirnya berkembang menjadi besar dan menjadi sumber penghasilan utama bagi yang menjalankannya. 

Bisnis rumahan memang cukup menjanjikan jika dikelola dengan baik. Jika anda sedang mencari referensi untuk bisnis rumahan yang hendak anda jalankan, bisnis apa saja yang kiranya mudah berpeluang menjadikan sukses?. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa informasi mengenai ide bisnis rumahan mudah dan menguntungkan yang bisa dipertimbangkan:

1. Air Minum Isi Ulang


Bagi anda yang tinggal di perkotaan mungkin tidak asing dengan bisnis galon air minum isi ulang. Tidak hanya di wilayah perkotaan, bisnis ini juga mulai merambah ke wilayah-wilayah pedesaan. Mungkin gaya hidup orang masa kini yang cenderung suka pada yang praktis-praktis sehingga membuat bisnis ini semakin menguntungkan. Peluang ini bisa anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis air minum isi ulang di sekitar rumah anda. Biasanya, orang-orang yang cenderung sibuk untuk sekedar masak air pastinya akan berlari ke tempat anda dan membeli air minum jualan anda. 

Hal yang perlu diperhatikan jika hendak membuka usaha ini adalah pelayanan nantinya harus optimal, kualitas air terjaga kebersihan dan kehigienisannya, serta proses antar jemput cepat sehingga pelanggan puas dengan pelayanan anda. Selain itu, penting juga diketahui bahwa jika hendak menjalankan bisnis ini, anda mesti memikirkannya secara matang. Perlu amati dulu lingkungan di sekitar rumah anda. Jika dirasa prospeknya akan cerah, maka bisa mewujudkannya. Namun jika dirasa prospeknya kurang cerah, atau mungkin sudah banyak yang menjalankan usaha sejenis di sekitar lingkungan anda, maka lebih baik cari usaha lainnya. 

2. Jasa Laundry Pakaian


Bagi anda yang rumahnya tidak jauh dari lingkungan kampus, pabrik, atau gedung-gedung perkantoran, anda bisa menjalankan usaha jasa laundry di rumah anda. Bagi para pegawai, karyawan, atau para mahasiswa, keberadaan laundry tentunya akan sangat membantu mereka sehingga mereka bisa tetap sibuk bekerja atau kuliah tanpa harus repot-repot mencuci pakaian mereka. Peluang ini sangat tepat jika dimanfaatkan untuk bisnis laundry di sekitar tempat tinggal anda. Pastinya anda akan banyak mendapat pelanggan dan peluang untung juga cukup besar jika bisa dimaksimalkan. 
Untuk menjalankan bisnis laundry, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menunjang usaha anda nantinya. Memang untuk itu anda perlu modal yang lumayan untuk beli mesin cuci, setrikaan baju dan perlengkapan lainnya. Selain itu, pelayanan juga harus diutamakan. Usahakan beri pelayanan yang bagus, tepat waktu, hasil cucian bersih, setrikaan rapi dan juga wangi. Jika anda dapat menjalankan bisnis ini dengan baik, maka peluang usaha ini dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan bagi anda.

3. Usaha Pertamini


Bisnis ini merupakan usaha yang kini sedang cukup diminati oleh banyak orang. Banyak juga yang pada mulanya penjual bensin eceran kini telah beralih menjadi pengusaha pertamini. Mungkin usaha ini kurang cocok bagi mereka yang tinggal di wilayah perkotaan, karena jumlah pombensin masih banyak dan cukup mudah ditemui. Namun bagi anda yang tinggal di daerah pedesaan, atau daerah yang masih sedikit pombensinnya, dengan memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan, usaha ini bisa jadi menjanjikan untuk jadi sumber penghasilan. 

Untuk menjalankan usaha ini, anda harus persiapkan sedini mungkin, karena ada beberapa prosedur yang mesti dijalankan untuk bisa membuka usaha pertamini ini. Selain beberapa prosedur yang harus dipenuhi, salah satu yang perlu diperhatikan adalah lokasi tempat pertamini anda nantinya. Pastikan juga nantinya anda tidak meningkatkan harga per liter dari bensin terlalu tinggi. Gunakan harga yang cukup standard dengan margin keuntungan yang masuk akal, sehingga pelanggan anda tidak merasa dirugikan. Jika usaha ini berhasil dijalankan dengan baik, keuntungan pun akan datang kepada anda. 

4. Jualan Pulsa dan Paket Data


Jualan Pulsa menjadi usaha yang menjanjikan seiring dengan jumlah pengguna ponsel yang semakin merata di masyarakat kita. Bisnis ini juga mudah dijalankan bahkan dengan modal yang tidak harus besar. Meski hasil keuntungan tidak begitu besar, jika anda serius menjalankannya usaha ini bisa memberikan keuntungan besar bagi anda, karena pastinya akan banyak yang membutuhkanya. Jika anda punya usaha yang lain, anda juga bisa menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan untuk tambah-tambah uang saku anda. 

Selain jualan pulsa, anda juga bisa menyediakan paket data untuk akses internet. Hampir sebagian besar masyarakat kini juga pengguna smartphone yang pastinya butuh akses internet untuk browsing atau akses media sosial. Peluang ini juga cukup menjanjikan jika anda juga menyediakan paket data untuk pelanggan-pelanggan anda. Anda pun tidak harus memiliki kios untuk menjalankan usaha ini. Anda bisa melakukan promosi dengan menawarkan kepada teman dekat atau tetangga agar usaha anda diketahui banyak orang. Jika ditelateni, usaha jualan pulsa dan paket data ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar bagi anda.

5. Catering Rumahan


Banyak usaha catering yang akhirnya berkembang dan menjadi besar dari merintis usaha skala rumahan. Jenis usaha ini cocok bagi ibu-ibu rumah tangga yang punya hobi memasak. Alasan usaha ini cukup menjanjikan adalah karena karena kebutuhan makanan pastinya akan selalu ada. Bagi para wanita karir yang sibuk bekerja, biasanya mereka akan lebih memilih memesan makanan catering sehingga tidak perlu repot memasak. Selain itu, usaha ini juga banyak dicari oleh keluarga yang hendak punya hajatan seperti acara keluarga, kantor, atau pesta perkawinan. 

Untuk memulai usaha ini, langkah awal anda bisa melakukan promosi saat acara keluarga, arisan, atau dari mulut ke mulut agar lebih dikenal oleh lingkungan sekitar anda. Yang perlu diperhatikan jika hendak menjalankan usaha ini adalah anda mesti variatif dalam menentukan aneka macam makanan yang disediakan. Selain itu, cita rasa masakan juga menjadi nilai utama yang membuat catering mampu berkembang dan maju dengan keuntungan yang besar. Usahakan anda buat rasa masakan yang tidak kalah dengan catering lain. Selain itu, usahakan harganya lebih terjangkau agar pelanggan puas dengan layanan katering anda. 

6. Jualan Roti atau Kue


Meski sudah banyak yang menjalankannya, usaha jualan roti atau kue juga bisa menjadi bisnis rumahan yang cukup menjanjikan untuk dijalankan. Usaha ini juga tidak memerlukan modal yang besar sehingga anda bisa berbisnis sembari menyalurkan hobi anda. Untuk membantu bisnis ini, anda juga bisa mengajak anggota keluarga yang terampil untuk membantu bisnis jualan kue dan roti anda. Jika anda kreatif dalam menciptakan kue atau roti yang menarik dan rasa yang enak, bukan tidak mungkin usaha ini akan memberi keuntungan besar bagi anda. 

7. Jasa Cuci Motor atau Mobil


Jika rumah anda berada di pinggir jalan raya atau dekat lalu lalang kendaraan, anda bisa pertimbangkan untuk membuka jasa cuci motor/ mobil mobil di garasi atau teras rumah anda. Banyaknya kendaraan bermotor yang berlalu lalang di depan usaha anda pastinya suatu saat mereka akan mengunjungi tempat anda untuk mencuci kendaraan mereka. Dengan bermodalkan mesin kompresor, sabun dan kelengkapan lainnya, anda sudah bisa membuka usaha pencucian kendaraan bermotor di rumah anda. Tidak butuh lama usaha ini pun dapat menghasilkan pundi-pundi uang bagi anda. 

8. Jasa Les Privat


Mungkin usaha jasa les privat ini cocok bagi anda lulusan sarjana yang kebetulan masih sulit mendapat pekerjaan. Atau bisa juga anda yang masih berstatus mahasiswa menjalankan jasa les privat ini untuk menyalurkan keilmuan anda dan membantu orang-orang di sekitar tempat tinggal anda. Dengan membuka jasa les privat, maka para orang tua akan menjadikan jasa yang anda jalankan ini sebagai alternatif mereka untuk memberi bimbingan belajar bagi putra-putri mereka. Yang terpenting, anda harus punya kemampuan mengajar agar usaha ini dapat berjalan efektif. Selain itu, tarif biaya hendaknya disesuaikan dengan ekonomi di lingkungan anda. 

9. Jasa Agen Pembayaran Online


Usaha bidang jasa ini juga cukup populer belakangan ini. Bisnis agen pembayaran online juga masih terbuka lebar jika anda hendak menjalankan usaha jenis ini. Orang-orang yang memiliki kesibukan padat sehingga butuh yang lebih cepat dan efektif tentunya sangat membutuhkan jasa anda untuk membayar tagihan listrik, PDAM, telepon, Internet, TV kabel, angsuran kredit, dan jenis pembayaran lainnya. Terlebih, prosedurnya juga cukup mudah karena sistem pembayarannya bisa dilakukan secara online. Untuk menjalankan usaha ini, anda hanya perlu mendaftar untuk menjadi agen pembayaran online dan pelanggan pun akan datang dengan sendirinya kepada anda.

10. Jasa Pengetikan dan Fotocopy


Usaha ini mungkin cocok untuk yang punya tempat tinggal berada di lingkungan kampus, sekolahan, atau perkantoran. Namun untuk menjalankan usaha ini, sebelumnya anda perlu merogoh kocek yang lumayan untuk membeli mesin fotocopy dan kelengkapan-kelengkapan lain yang dibutuhkan. Meski begitu, usaha ini mempunyai prospek yang cerah karena pastinya akan banyak dibutuhkan oleh para pelajar, mahasiswa, atau pegawai kantoran untuk mengcopi dokumen-dokumen yang mereka butuhkan. Selain jasa fotocopy, anda juga bisa melengkapinya dengan menyediakan jasa pengetikan, printing, atau pun penjilidan buku. Jika dijalani dengan tekun dan serius, usaha ini juga dapat memberi keuntungan besar bagi anda. 

Demikianlah di antara beberapa Ide Bisnis Rumahan Yang Mudah dan Menguntungkan yang bisa anda jalankan di rumah anda. Apa pun jenis usahanya, jika dapat dijalankan dengan baik insya Allah anda akan menuai hasil yang diharapkan. Semoga bermanfaat.

Labels: Tips & Cara

Thanks for reading 10 Ide Bisnis Rumahan Yang Mudah dan Menguntungkan. Please share...!