7 Wisata Kepulauan Seribu Yang Keren dan Cantik


Berada di sebelah utara pulau Jawa bagian Barat, Kepulauan Seribu memiliki lebih dari 100 pulau kecil yang terbentang di sepanjang utara ibukota Jakarta. Kepulauan Seribu terdiri atas beberapa pulau menawan yang secara administratif berada dalam wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Beberapa pulau tersebut berpenghuni dengan jumlah penduduk sebanyak lebih kurang 23.897 jiwa (2017) yang tersebar di sebelas pulau kecil. Namun ada pula beberapa pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata bagi para pelancong yang ingin berlibur. 

Dengan jumlah pulau yang lumayan banyak, tentunya banyak pula pilihan tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi saat berlibur di kepulauan Seribu ini. Kami pilihkan 7 di antaranya pulau-pulau keren dan cantik yang sayang jika anda lewatkan. 

1. Pulau Tidung


Jembatan Cinta Pulau Tidung
via yacsher.com

Merupakan salah satu tempat favorit kunjungan para wisatawan, pulau Tidung memiliki pemandangan alam yang indah dengan pesona khas wisata pantainya. Pulau ini terdiri atas Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan Cinta yang terkenal sebagai salah satu ikon di tempat ini.

Di tempat ini, anda bisa bermain air sepuasnya, naik banana boat, snorkeling atau menyewa sepeda untuk mengelilingi Pulau ini. Jangan lupa untuk menikmati keindahan sunrise atau sunset mentari di pulau ini. Puas bermain, anda juga bisa bermalam di salah satu destinasi wisata terfavorit di Kepulauan Seribu ini. 

2. Pulau Bidadari


Pulau bidadari cantik
via simphortour.com

Pulau yang masih berdekatan dengan daratan Jakarta ini juga menjadi tempat favorit untuk berlibur. Dengan jarak sekitar 15 Km, hanya butuh waktu tempuh sekitar 35 menit untuk menuju tempat ini menggunakan speedboat dari Marina Ancol Jakarta.

Di sekitar pulau ini, anda bisa mengunjungi gugusan pulau kecil yang sarat dengan nilai sejarah seperti Pulau Kahyangan, Onrust dan Kelor. Pulau-pulau tersebut pernah dipakai oleh Belanda sehingga banyak dijumpai bangunan peninggalan Belanda seperti benteng. Selain wisata sejarah, tempat ini juga cocok untuk wisata keluarga karena tersedia fasilitas yang cukup lengkap seperti taman bermain anak, kolam renang dan beragam fasilitas lainnya. 

3. Pulau Pelangi


Pulau Pelangi
via nusatour.co.id

Jika anda liburan bersama anggota keluarga atau teman-teman kerja, pulau pelangi bisa menjadi destinasi wisata yang cocok untuk disinggahi. Selain menyajikan panorama keindahan pantai dan pemandangan cantik di bawah laut, pulau pelangi juga cocok sebagai tempat berlibur untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini sangat lengkap mulai dari arena bermain anak-anak, arena olahraga, restoran, fasilitas bermain air, peralatan memancing, menyelam dan lainnya. Di sini juga menyediakan penginapan di pinggir pantai sehingga anda dapat bersantai sembari melihat keindahan pemandangan laut yang luas. 

4. Pulau Pramuka


Pulau Pramuka
via blog.airpaz.com

Dengan suguhan bahari bawah laut yang luar biasa indah, tempat ini merupakan destinasi favorit bagi orang-orang yang punya hobi snorkeling. Di bawah permukaan air laut, kita bisa menyaksikan indahnya terumbu karang serta ikan warna-warni yang memanjakan mata.

Selain wisata bawah air, kita juga bisa melihat tempat penangkaran penyu di pulau Pramuka ini. Kita bisa mengamati lucunya penyu-penyu muda maupun dewasa yang akan dilepas kembali ke laut. Jika ingin bermalam di sini, anda tidak perlu khawatir karena di tempat ini juga tersedia penginapan berupa rumah warga lokal maupun vila untuk tempat beristirahat. 

5. Pulau Pari


Pulau Pari
via pulauseributraveling.id

Jika ingin mengunjungi tempat yang masih asri dan belum banyak dijamah orang, anda bisa berlibur di pulau Pari. Dengan pemandangan serta keasriannya, Pulau Pari memang menjadi salah satu destinasi favorit di Kepulauan Seribu. Di pulau ini, kita bisa mengunjungi pantai Pasir Perawan yang masih cantik karena belum terjamah banyak orang.

Pantai ini menyajikan hamparan pasir putih halus yang dikelilingi pemandangan laut serta bakau yang sangat indah. Airnya yang jernih kehijauan akan membuat kita betah bermain untuk sepuasnya bersama orang-orang tersayang. Jika ingin bermalam, tersedia home stay atau rumah penduduk untuk menginap di pulau Pari ini. 

6. Pulau Putri


Pulau Putri dan akuarium raksasa
via kaskus.co.id

Selain menyuguhkan panorama pantai serta kekayaan terumbu karang yang indah, Pulau Putri juga menawarkan liburan eksklusif dan pengalaman wisata yang tak terlupakan dengan sejumlah fasilitas mewah yang ditawarkan.

Salah satu suguhan yang menjadi andalan di pulau ini adalah adanya akuarium bawah laut (undersea tunnel aquarium). Kita bisa menelusuri terowongan dalam akuarium raksasa ini untuk melihat langsung kekayaan bawah laut yang indah dan mempesona. Akuarium raksasa ini dilapisi oleh kaca tebal yang tembus pandang, sehingga kita bisa menyaksikan kehidupan bawah laut secara nyata di depan mata. Selain itu, ada banyak fasilitas lain yang bisa anda nikmati di pulau ini. 

7. Pulau Harapan


Pulau Harapan
via pinterest.com

Pulau Harapan berlokasi lebih jauh dibandingkan dengan Pulau Pari, Tidung, maupun Pulau Pramuka. Pulau ini memiliki bibir pantai berpasir putih yang indah dengan airnya yang jernih berwarna biru kehijauan. Kabarnya, pulau ini juga memiliki terumbu karang yang indah bahkan diklaim yang terbaik dibanding pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, sehingga banyak spot diving dan snorkeling yang bisa anda coba di pulau ini.

Di sekitar pulau ini juga terdapat pulau-pulau kecil yang bisa anda kunjungi seperti pulau Perak dan Bira Besar. Fasilitas di pulau Harapan ini juga cukup lengkap mulai dari penginapan (homestay), tempat makan, dan beragam hiburan bagi wisatawan. 

Itulah 7 destinasi Wisata Kepulauan Seribu Yang Keren dan Cantik untuk tempat berlibur anda. Demikian, semoga bermanfaat. Baca juga selanjutnya: 7 Tempat Wisata Kepulauan Seribu Yang Keren dan Cantik Bag. Kedua

Labels: Jelajah

Thanks for reading 7 Wisata Kepulauan Seribu Yang Keren dan Cantik. Please share...!