7 Cara Untuk Melindungi Akun Gmail Anda dari Tindakan Peretasan

Bagi penggiat dunia maya, memiliki akun email sudah menjadi keharusan untuk dapat mengakses segala keperluan secara online. Bisa dikatakan, email merupakan alamat resmi kita di dunia maya untuk dapat menggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia di sana. Dengan menggunakan email, kita dapat dengan mudah terhubung untuk melakukan berbagai macam kegiatan online seperti berkirim surat elektronik, mengakses situs jejaring sosial, membuka website, mengelola bisnis online dan lain sebagainya. 

akun gmail

Namun seiring perkembangan teknologi, berbagai macam tindak kejahatan di dunia maya juga semakin canggih, sehingga akun email kita pun juga rawan untuk diretas, data dicuri, dan kemudian disalahgunakan. Oleh karenanya untuk mengantisipasi hal itu, perlu kiranya bagi kita untuk melindungi akun email kita agar tetap aman dari tindakan jahat para peretas. Bagi anda pengguna layanan email dari google (gmail), beberapa cara yang perlu dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ganti Password Secara Berkala

Mengganti password secara berkala merupakan salah satu langkah antisipasi termudah untuk mengamankan akun gmail anda dari peretasan. Langkah ini juga merupakan tindakan antisipasi untuk mengamankan informasi penting anda apabila password telah diketahui oleh orang lain baik secara sengaja maupun tidak sengaja. 

Untuk lebih aman, gunakan password yang terdiri dari susunan kata rumit dengan kombinasi huruf, angka, simbol dan tanda baca. Semakin rumit kombinasi kata sandi dibuat, maka semakin kuat keamanan password akun anda. Namun perlu diingat, jangan sampai anda lupa password tersebut agar saat log in bisa masuk kembali tanpa mendapat masalah.

2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Selain menggunakan antisipasi mandiri, anda juga dapat menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh google dengan mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah. Fitur ini menawarkan metode perlindungan ganda dengan cara memasukan kode yang dikirim lewat ponsel yang didaftarkan, sehingga akun anda akan sangat sulit untuk diretas oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. 

verifikasi 2 langkah

Memang cara ini sedikit lebih ribet untuk dilakukan, namun terbukti cukup ampuh untuk mengamankan akun gmail agar tidak mudah dibobol oleh para peretas. Untuk mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah ini, anda dapat masuk menggunakan link berikut ini untuk mulai dan mengaktifkannya sesuai petunjuk tahapan-tahapannya. 

3. Hindari Penggunaan Password Sama di Situs Lain

Pada umumnya, kita terbiasa membuat kata sandi sama pada setiap situs yang kita miliki seperti situs sosial media, game, dan lainnya agar lebih mudah saat diakses. Tindakan ini sebenarnya sangat tidak disarankan karena sangat rawan terkena penyusupan sehingga akun gmail anda pun akan dapat diketahui lewat kata sandi yang sama seperti halnya pada situs-situs tersebut.

Bisa dibayangkan jika seseorang telah mengetahui kata sandi anda pada salah satu akun website tersebut, maka bukan tidak mungkin ia dapat dengan mudahnya mengakses akun website anda lainnya, termasuk tentunya akun gmail anda jika passwordnya sama. Oleh karenanya demi keamanan akun gmail, sebaiknya gunakan password berbeda pada setiap akun website yang anda kelola. 

4. Lakukan pemeriksaan Keamanan Akun

Saat menggunakan internet, sempatkan waktu anda untuk melakukan pemeriksaan akun anda secara rutin lewat fitur pemeriksaan akun yang telah disediakan oleh google. Pemeriksaan akun ini cukup penting karena dengan memanfaatkan fitur ini, kita pun dapat lebih cepat tanggap untuk mengamankan akun gmail kita saat muncul masalah di akun kita. 

cek keamanan akun

Untuk melakukan pemeriksaan akun, silahkan masuk ke My Account, dan kemudian pilih pada bagian pemeriksaan keamanan (security checkup). Selanjutnya klik tombol mulai (get started) dan ikuti setiap petunjuk penjelasan sesuai tahapan-tahapannya. Pastikan tidak ada hal yang mencurigakan, maka akun anda pun akan tetap aman dari tindakan peretasan. 

5. Lindungi Komputer/ Ponsel dari Virus

Sudah banyak virus atau malware diciptakan dan berkeliaran membahayakan komputer hingga dapat mengambil data pribadi penting lewat berbagai cara seperti menyusupi sebuah program dan lainnya. Untuk mengantisipasi akan hal ini, pastikan untuk selalu mengecek kesehatan komputer anda dengan menggunakan antivirus terpercaya agar komputer dan akun anda terlindungi dari tindakan peretasan.

Hal ini juga berlaku bagi anda yang seringkali mengakses internet lewat ponsel atau gadget kesayangan. Selain menggunakan antivirus, hindari juga menggunakan aplikasi bajakan karena sangat rentan dimasuki virus jahat yang dapat mencuri data si pengguna. Dengan menghindari menginstall software atau aplikasi bajakan, maka keamanan data pribadi pada akun anda pun akan lebih terjamin.

6. Selalu Update Sistem Operasi

Untuk menjalankan program aplikasi pada komputer, setiap komputer pastinya dilengkapi Sistem Operasi (OS) yang diprogram sedemikian rupa untuk memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien, dan dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada. Secara berkala, biasanya kita akan disuruh untuk memperbarui sistem manakala ada update terbaru untuk perangkat komputer kita.

Setiap terjadi pembaruan sistem, biasanya pihak pengembang juga menyisipkan pembaruan untuk sistem keamanan di dalamnya, sehingga pembaruan ini juga penting untuk anda lakukan untuk dapat lebih memproteksi akun-akun penting milik anda. Selain pada perangkat OS komputer, pembaruan sistem ini juga berlaku pada perangkat lunak elektronik lainnya seperti pembaruan sistem pada ponsel pintar berbasis android dan lainnya. 

7. Pastikan Log Out Setelah Memakai Komputer Umum

Bagi anda yang sering menggunakan fasilitas komputer kantor ataupun komputer warnet untuk mengakses situs lewat akun email, pastikan untuk selalu logout dari akun anda setelah selesai menggunakannya. Hal ini penting dilakukan karena fasilitas tersebut bukan anda saja yang menggunakan sehingga jika tidak logout, meskipun karena lupa, orang lain bisa mengetahui semua aktivitas dan data pribadi anda yang masih terbuka untuk diakses orang lain. 

Ini tentunya sangat berbahaya bagi akun anda jika data penting pribadi sampai dicuri dan disalahgunakan oleh orang yang mengakses komputer tersebut setelah anda. Jadi pastikan dan jangan sampai lupa untuk selalu logout dari akun anda setelah menggunakan fasilitas komputer yang digunakan secara umum untuk mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan. Oya cara ini juga berlaku misalnya ketika anda hendak meminjamkan laptop/komputer milik anda kepada teman agar akun lebih aman. 

Itulah beberapa langkah penting untuk Untuk Melindungi Akun Gmail Anda dari Tindakan Peretasan. Dengan menerapkan cara-cara di atas, setidaknya akun gmail anda akan lebih terjamin keamanannya. Semoga bermanfaat. 

Labels: Tips & Cara

Thanks for reading 7 Cara Untuk Melindungi Akun Gmail Anda dari Tindakan Peretasan. Please share...!