10 Tempat Wisata Alam Hits dan Populer di Brebes

Berada di perbatasan Jawa Tengah di bagian barat lautnya, Kabupaten Brebes memang lebih dikenal sebagai penghasil bawang merah dan telor asin di Indonesia. Namun selain daripada itu, kabupaten ini juga menyimpan sejuta panorama keindahan alam yang begitu mempesona dan siap untuk menanti kunjungan wisata anda. Jika anda sedang mencari informasi tentang tempat-tempat wisata alam yang hits dan populer di Brebes, berikut informasinya.

1. Wisata Alam Kaligua 


kaligua
via detik.com

Berada di Brebes sangat disayangkan jika tidak mengunjungi kawasan wisata alam Kaligua yang berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan. Kawasan wisata ini merupakan hamparan perbukitan berupa perkebunan teh dengan pemandangan alam yang hijau, asri, dan alami. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri sembari melepaskan penat dari padatnya aktivitas sehari-hari. Berada di ketinggian antara 1.500 – 2.050 mdpl, udara di tempat ini juga terasa sangat sejuk dan menyegarkan. 

2. Pantai Randusanga 


randusanga
via indopariwisata.com

Sebagai kota pesisir, Kabupaten Brebes juga memiliki destinasi wisata pantai yang menjadi unggulannya. Salah satu di antaranya yaitu pantai Randusanga yang berada di Randusanga Kulon, sekitar 7 km dari jalur pantura. Pantai berpasir putih ini menyuguhkan panorama pantai utara jawa yang indah dengan deburan ombak tidak terlalu besar. Selain wisata pantai, pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan kawasan tambak ikan milik para nelayan. Pemandangan sunset di pantai ini juga sangat cantik dan indah. 

3. Kalibaya Park 


kalibaya park
via today.line.me

Beralih ke kecamatan Salem, di sini kita menjumpai kawasan wisata Kalibaya Park yang berada di desa Pasir Panjang, kecamatan Salem. Kalibaya merupakan singkatan dari "Kawasan Lio Rimba Raya" yang berada di atas Puncak Gunung Malio. Di tempat ini, kita bisa menyaksikan luasnya wilayah perbukitan dengan landskap alam yang cantik, asri, dan alami. Hamparan waduk di bawahnya juga semakin melengkapi keindahan dari tempat ini. Kawasan ini sangat cocok untuk tempat anda berefreshing sembari menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

4. Curug Putri 


curug putri
via travel.tribunnews.com

Curug Putri adalah tempat wisata berupa air terjun yang berada di Mendala, Kecamatan Sirampog. Sesuai dengan namanya, curug putri menawarkan cantiknya pemandangan air terjun setinggi kurang lebih 35 meter. Tidak hanya itu saja, curug ini juga dihiasi dengan tebing batu yang membentuk pahatan alami sehingga tampak eksotis. Curug putri ini memiliki debit air yang cukup deras sehingga airnya masih tetap mengalir saat musim kemarau tiba. Wisatawan dapat bermain air atau sekedar bersantai sambil menikmati keindahan air terjun. 

5. Ranto Canyon 


ranto canyon
via brobali.com

Jika anda penyuka petualangan, maka anda bisa mengunjungi Ranto Canyon yang berlokasi di Gunungtajem, Winduasri, kecamatan Salem. Di sini, pengunjung akan ditantang untuk berjalan menyusuri derasnya aliran sungai sepanjang 769 meter yang mengalir di antara dua tebing dengan pemandangan eksotik. Tebing-tebing ini tampak membentuk formasi bebatuan yang keren sehingga mata akan terpukau dibuatnya. Jika ingin mengunjungi tempat ini, tersedia berbagai paket menarik yang siap memacu adrenalin anda seperti cliff diving, river trekking dan snorkeling.


6. Bukit Panenjoan 


panenjoan
via grongker.weebly.com

Bukit panenjoan adalah kawasan wisata berupa perbukitan yang berlokasi di desa Wanoja, kecamatan Salem. Wisata Bukit Panenjoan menyuguhkan keindahan panorama perbukitan dengan udara yang bersih, sejuk, dan segar. Pemandangan alam yang hijau dan asri juga sangat cocok untuk menentramkan jiwa yang sedang gundah gulana. Bagi anda yang hobi berburu foto, di tempat ini juga tersedia spot-spot menarik seperti gardu pandang untuk mengabadikan foto istimewa anda dengan latar perbukitan yang mempesona. 

7. Desa Wisata Ciseureuh 


desa wisata
via liputan6.com

Berkunjung ke desa Wisata Ciseureuh, anda akan dibuat kagum dengan suguhan kearifan lokalnya. Kampung wisata ini berada di kaki gunung Kumbang, desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan. Masyarakat di desa ini dikenal sangat kuat dalam menjaga budaya dan tradisi lokal leluhurnya sehingga banyak tradisi unik yang bisa anda dijumpai di desa wisata ini. Masyarakat desa ini juga memiliki pantangan-pantangan unik yang masih dipatuhi hingga kini. Selain masyarakatnya, Desa Wisata Ciseureuh juga menyuguhkan keindahan alam pedesaan yang masih asri dan alami. 

8. Cagar Alam Telaga Renjeng 


renjeng
via jateng.tribunnews.com

Cagar Alam Telaga Renjeng ini berlokasi di kaki Gunung Slamet, tepatnya di desa Pandansari, kecamatan Paguyangan. Di tempat ini, kita bisa menyaksikan indahnya pemandangan pegunungan yang tampak hijau dan asri. Di telaga ini, kita juga bisa memancing ikan sembari menikmati sejuknya udara yang berhembus sepoi-sepoi. Jika anda berlibur bersama keluarga, di tempat ini juga tersedia beberapa wahana permainan bagi anak-anak sehingga anda bisa bersantai sembari menikmati pemandangan di sekitar telaga yang menyejukkan mata. 

9. Pemandian Air Panas Tirta Husada 


tirta husada
via ihategreenjello.com

Masih berada di kecamatan Paguyangan, destinasi berikutnya ini merupakan sebuah tempat wisata mata air panas sehingga cocok bagi anda yang ingin memanjakan tubuh dengan berendam di air panas. Pemandian Air Panas Tirta Husada berlokasi di desa Kedungoleng, kecamatan Paguyangan. Tempat ini menyediakan beragam fasilitas seperti kolam pemandian air panas, kolam renang anak, dan kamar mandi VIP. Selain berendam air panas, tempat ini juga menyuguhkan hijaunya pemandangan alam dengan sejuknya hawa perbukitan yang asri dan alami. 

10. Waduk Penjalin 


penjalin
via travel.tribunnews.com

Waduk Penjalin adalah sebuah waduk tua dengan luas sekitar 1,5 km persegi yang kini telah berbenah dan menjelma menjadi tempat wisata hits di kalangan warga Brebes. Waduk yang berlokasi di desa Winduaji, kecamatan Paguyangan ini menawarkan keindahan alam waduk yang cantik dan asri. Selain pemandangan yang ciamik, pengunjung juga dapat mengelilingi area waduk dengan naik perahu yang telah disiapkan oleh pihak pengelola. Fasilitasnya pun cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan wisatawan yang datang berkunjung. 

Itulah informasi mengenai 10 Tempat Wisata Alam Hits dan Populer yang berada di Kabupaten Brebes. Semoga bermanfaat. 

Labels: Jelajah

Thanks for reading 10 Tempat Wisata Alam Hits dan Populer di Brebes. Please share...!