7 Destinasi Wisata Keren dan Hits di Kabupaten Brebes

Sebagai salah satu Kabupaten terluas di Jawa Tengah, Kabupaten Brebes memiliki bentang alam yang lengkap mulai dari kawasan pantai, dataran rendah perkotaan, hingga daerah pegunungan. Maka tidak heran jika di kota yang terkenal dengan produksi telor asin dan bawang merahnya ini juga terkenal akan keragaman tempat wisata yang tiada duanya. Bagi anda yang sedang mencari tahu tentang tempat-tempat wisata keren dan hits di kabupaten Brebes, berikut ini kami sajikan informasinya untuk anda. 

1. Pulau Cemara Sawojajar 


pulau cemara
via yukpigi.com

Pesona wisata pantura yang keren dapat anda jumpai saat berkunjung ke Pulau Cemara Sawojajar. Pulau ini merupakan hamparan pasir putih yang membentuk pulau di tengah laut. Secara administratif, lokasinya masuk wilayah Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari. Meski harus naik perahu terlebih dulu untuk sampai di lokasi, pulau ini memiliki pemandangan pantai yang sangat bagus dengan air laut yang sangat jernih. Anda dapat berenang, bermain pasir atau sekedar bersantai di bawah rimbunnya pohon cemara yang berada di sekitar pantai. 

2. Waduk Malahayu 


malahayu
via potretjabar.com

Selain sebagai sarana irigasi untuk mencukupi kebutuhan air penduduk, keberadaan waduk juga telah banyak disulap menjadi tempat wisata yang menarik. Salah satunya yaitu Waduk Malahayu yang berada di desa Malahayu, kecamatan Banjarharjo. Waduk ini dibangun pada masa kolonial Belanda dan memiliki luas sekitar 944 hektar. Dari waduk ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam berupa luasnya waduk berpadu dengan hamparan hutan jati yang menyejukkan mata. Jika anda mempunyai hobi memancing, tempat ini sangat sayang untuk anda lewatkan. 

3. Candi Pangkuan 


candi pangkuan
via candipangkuan.blogspot.com

Candi Pangkuan adalah kawasan hutan tua yang banyak ditumbuhi pepohonan yang sudah berusia ratusan tahun. Di lokasi ini juga terdapat sebuah artefak candi yang ditemukan oleh penduduk pribumi pada sekitar tahun 1965. Kawasan ini berlokasi di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan. Jika mengunjungi tempat ini, anda akan disambut oleh banyaknya kawanan monyet jinak yang berkeliaran di sekitar pepohonan. Pengunjung dapat bercengkrama bersama monyet-monyet tersebut sembari menikmati indahnya pemandangan alam yang tiada duanya.


4. Agrowisata PG Jatibarang 


pg jatibarang
via wisatatempatku.com

Agrowisata ini merupakan perluasan usaha dari PG Jatibarang yang sudah berusia 175 tahun lebih. Berlokasi di Jalan Raya Jatibarang – Slawi, Kecamatan Jatibarang, kawasan ini menyuguhkan suasana tempo dulu berupa bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang sarat akan nilai sejarah. Selain itu, kawasan ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik seperti kereta wisata, taman bermain anak, kolam renang, kolam terapi ikan, flying fox dan lain sebagainya. Tempat ini sangat cocok untuk liburan anda bersama keluarga tercinta.

5. Curug Awu 


curug awu
via citatrans.com

Curug Awu merupakan air terjun tersembunyi yang berada di desa Wanareja, kecamatan Sirampog. Pengunjung mesti berjalan melewati jalan setapak untuk sampai di lokasi curug. Meski melelahkan, sepanjang jalan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu eksotis dan asri. Begitu sampai di lokasi curug, pengunjung akan kembali dibuat terpesona karena keindahannya. Curug Awu menyajikan panorama keindahan air terjun setinggi kurang lebih 100 meter. Percikan air yang jatuh dari ketinggian ini menjadi sangat lembut sehingga dinamakan curug awu.

6. Bukit Baper 


bukit baper
via jateng.tribunnews.com

Jika anda sedang mencari tempat wisata dengan spot-spot keren dan instagramable, silahkan kunjungi Bukit Baper yang terletak di perbatasan antara Brebes dan tegal, atau tepatnya berada di desa Batursari, kecamatan Sirampog. Bukit Baper menyajikan pemandangan perbukitan yang indah. Dari atas ketinggian, kita bisa menyaksikan hamparan alam yang hijau dan asri berpadu dengan permukiman penduduk yang ada di bawahnya. Bagi yang suka hunting foto, tersedia spot-spot menarik untuk berfoto dengan latar perbukitan yang eksotis dan memukau. 

7. Hutan Mangrove Pandansari 


mangrove pandansari
via akurat.co

Pada awalnya, hutan mangrove ini dibuat oleh pemerintah guna mencegah abrasi di sepanjang pesisir pantai Brebes. Namun setelah dikelola dengan baik, kini kawasan ini juga menjadi destinasi wisata andalan yang banyak menarik wisatawan. Hutan mangrove ini masuk dalam kompleks Desa Wisata Pandansari Kaliwlingi kecamatan Brebes. Di tempat ini, pengunjung dapat berjalan menyusuri luasnya hutan mangrove sembari menikmati segarnya udara. Jangan lupa untuk mengambil foto-foto keren di spot-spot menarik yang telah disediakan. 

Itulah informasi mengenai 7 Tempat Wisata Keren dan Hits di Kabupaten Brebes. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah

Thanks for reading 7 Destinasi Wisata Keren dan Hits di Kabupaten Brebes. Please share...!