Buah Semangka, Kandungan dan Manfaatnya

Saat panas mentari sedang terik-teriknya, siapa pun pasti tergoda saat disuguhi buah semangka. Ukurannya yang lumayan besar dengan warna merahnya yang menggugah selera akan membuat kita tergiur untuk menyantapnya, apalagi di siang hari setelah berpeluh keringat usai bekerja seharian. Ngomong-ngomong tentang buah semangka, apakah anda tahu kandungan dan manfaat dari buah berbentuk bulat ini?.

buah semangka
via pixabay

Mengenal Buah Semangka


Buah semangka (bahasa Inggris: watermelon) merupakan tanaman buah yang tumbuh merambat dan masih berkerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae). Buah semangka atau yang memiliki nama latin Citrullus lanatus ini berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Menurut para ahli, buah ini pertama kali dipanen sekitar 5000 tahun yang lalu di Mesir, dan biasa dipakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka.

Terdapat puluhan varietas/ jenis buah semangka yang dibudidayakan, tetapi hanya beberapa jenis yang diminati para petani/konsumen. Di Indonesia, varietas yang cocok dibudidayakan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu semangka lokal (semangka hitam dari Pasuruan, semangka Batu Sengkaling dan semangka Bojonegoro) dan semangka hibrida impor (dari hasil silangan hibridasi) yang mempunyai keunggulan tersendiri.

Kandungan Buah Semangka


Buah semangka merah yang kita makan sehari-hari diketahui mengandung senyawa antioksidan lebih tinggi dari vitamin C dan E yang disebut Likopen. Likopen adalah pigmen merah pada tumbuhan, merupakan senyawa fitokimia yang terdapat dalam tomat, semangka, dan buah-buahan berwarna merah yang lain. Senyawa ini merupakan golongan karotenoid yang paling umum terdapat dalam tubuh manusia. Senyawa ini juga larut dalam air sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.
Buah semangka juga memiliki zat kalium dan kadar air dalam jumlah tinggi. Kandungan air dan kalium pada buah semangka tersebut dapat membantu menetralkan tekanan darah. Selain itu, manfaat buah semangka juga dapat memperkuat kinerja jantung dan memperkuat sistem pertahanan tubuh karena buah semangka juga mengandung antioksidan dan vitamin C. Kandungan dalam buah semangka secara umum dapat diuraikan sebagai berikut:
  • Sumber vitamin C dan juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, terutama melalui konsentrasi beta-karoten.
  • Kandungan senyawa antioksidan karoten kuat lebih unggul dari vitamin C dan E yang disebut likopen. 
  • Kaya akan elektrolit natrium dan kalium, cocok untuk mengganti cairan tubuh yang biasanya kita kehilangan zat ini ketika berkeringat. 
  • Kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi. Ahli makanan merekomendasikan buah semangka sebagai sumber yang sangat baik untuk vitamin B6, sumber vitamin B1 dan magnesium, karena kadar air yang lebih tinggi sekitar 92% dibanding buah-buahan lainnya.
  • Buah semangka memiliki efek pendinginan khusus dan kandungan citrulline yang tinggi, asam amino yang tubuh kita gunakan untuk membuat asam lain arginin, amino, yang digunakan dalam siklus urea untuk menghilangkan amonia dari tubuh.
  • Antioksidan membantu mengurangi keparahan asma. Hal ini juga mengurangi resiko kanker usus besar, asma, penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kanker prostat.
  • Sumber thiamin, kalium dan magnesium yang baik dalam melindungi tubuh kita dari berbagai jenis penyakit.
  • Buah semangka bebas dari lemak tetapi mampu membantu produksi energi. Ini melindungi terhadap degenerasi makula.

Manfaat Buah Semangka


Dengan kandungan nutrisi yang berlimpah, buah semangka memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut di antaranya:

1. Menjaga Tubuh Agar Terhindar dari Dehidrasi


Seperti diketahui, buah semangka mengandung 92% air dan elektrolit sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menghidrasi tubuh agar tidak terkena dehidrasi. Manfaat lainnya buah semangka juga baik untuk membantu suhu tubuh agar tetap stabil dalam cuaca panas yang menyengat.

2. Menjaga Kesehatan jantung


Kandungan Likopen yang tinggi dalam buah semangka efektif dalam melindungi sel jantung dari kerusakan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan citruline dan arginine dalam buah ini juga sama baiknya untuk kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi semangka, risiko munculnya penyakit jantung pun menjadi lebih kecil.

3. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit


Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah semangka juga bermanfaat untuk menjaga kulit dan batang rambut kita agar tetap lembab. Selain itu, buah semangka juga membantu dalam mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat dan baik untuk untuk kulit wajah.

4. Mengatasi Nyeri Otot


Bagi pekerja berat atau para atlet, kebiasaan meminum jus semangka sebelum berolahraga juga dapat menenangkan otot setelah berolahraga. Tubuh akan lebih kebal dari risiko nyeri otot dan menunjukkan denyut jantung yang stabil. Selain itu, kandungan arginine dan asam amino sitrulin juga mampu memperbaiki sirkulasi darah dan memberikan energi lebih banyak ketika sedang berolahraga.

5. Memerangi Kanker


Menambahkan buah semangka ke dalam menu makanan anda juga dapat mencegah dan melawan penyakit serius seperti kanker. Kandungan antioksidan buah semangka sangat terkonsentrasi dan memiliki kemampuan untuk membunuh kanker yang menyebabkan radikal bebas. Selain itu, likopen yang terkandung dalam semangka telah diteliti dapat mencegah kanker khususnya kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker usus besar.

6. Menurunkan Tekanan Darah


Buah semangka juga telah lama dikenal sebagai buah yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang normal, anda pun akan semakin dijauhkan dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

7. Mengobati Diabetes tipe 2


Kandungan arginin yang tinggi pada buah semangka dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 (karena gaya hidup). Penelitian menemukan arginin dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin, keduanya membantu menurunkan kadar glukosa yang tinggi dan berhubungan dengan diabetes. (diolah dari berbagai sumber). 

Labels: Info & Sains, Kesehatan

Thanks for reading Buah Semangka, Kandungan dan Manfaatnya. Please share...!