Selain Jeruk, 7 Buah Berikut ini juga Kaya akan Vitamin C


Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu jenis vitamin yang penting bagi tubuh manusia. Senyawa yang larut dalam air dan tidak  diproduksi oleh tubuh ini memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai jenis penyakit.

Vitamin C adalah nutrisi pembentuk kolagen, yaitu zat yang dibutuhkan untuk memperbaiki tulang dan gigi. Kegunaan lainnya yaitu berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan merawat kesehatan kulit. Selain daripada itu, vitamin C juga termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular.

Pada tubuh, kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan anemia, gusi berdarah, dan luka menjadi sulit untuk sembuh. Sumber penghasil vitamin C bisa diperoleh secara alami dari sayur dan buah-buahan. 

Selama ini, buah jeruk dikenal sebagai buah penghasil vitamin C terbanyak. Padahal selain jeruk, masih banyak buah-buahan lain yang juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan beberapa di antaranya lebih kaya kandungan vitamin C nya daripada buah jeruk.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 buah-buahan yang kaya akan Vitamin C selain jeruk:

1. Jambu Biji


Jambu biji
via pixabay

Buah yang memiliki nama latin guava ini diketahui memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibanding buah jeruk. Kandungan vitamin C dalam jambu biji adalah sebesar 206 mg, atau lebih tinggi dibandingkan kandungan pada buah jeruk yang hanya mengandung 59-83 mg saja per satu buahnya.

Selain vitamin C, dalam jambu biji juga terkandung serat larut sebanyak 5,4 gram yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menghindari terjadinya penumpukan kotoran di dalam usus. Dalam sehari, kita disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebesar 25 gram (untuk wanita) sampai 38 gram (untuk pria). 

2. Buah Kiwi


Kiwi
via pixabay

Buah kiwi juga merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk, yakni sebanyak 84 gram per satu buahnya. Kandungan antioksidan dari vitamin C yang tinggi dalam buah kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan berbagai macam radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, dalam buah kiwi juga terkandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Sedangkan mineral yang terkandung dalam buah kiwi adalah kalium, mangan, zat besi, dan magnesium. Tidak hanya itu saja, buah kiwi juga merupakan sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, yang mana omega 3 dapat membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Pepaya


Pepaya
via pixabay

Menurut penelitian, mengkonsumsi buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang. Hal ini karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya. Pada setengah buah pepaya terkandung kurang lebih 94 mg vitamin C, atau masih lebih tinggi dibanding pada jeruk.

Selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Beberapa manfaatnya bagi tubuh di antaranya yaitu untuk memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan mata, mengontrol tekanan darah, dan membantu metabolisme tubuh. 

4. Stroberi


Stroberi
via pixabay

Buah berwarna merah menggoda ini memang memiliki kandungan vitamin C yang lebih sedikit dibanding buah jeruk, yakni sebesar 52 mg (dalam 125 ml). Meski begitu, buah stroberi punya banyak manfaat bagi tubuh. Selain vitamin C, buah stroberi juga kaya akan antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium.

Tidak hanya itu, dalam buah stroberi juga terkandung asam ellagic dan antosianin yang mampu menangkal radikal bebas. Mengonsumsi buah ini secara rutin sangat bermanfaat bagi tubuh, yakni dapat membantu mencegah kanker, peradangan, penyakit syaraf, dan penuaan dini.

5. Nanas


Nanas
via pixabay

Dalam setengah gelas buah nanas (125 ml) terkandung vitamin C sebesar 39-49 gram. Selain vitamin C, buah nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain di dalamnya. Bromelain merupakan enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, menenangkan perut, serta juga dapat bertindak sebagai antiperadangan.

Buah nanas juga mengandung vitamin B kompleks, folat, dan vitamin A dalam jumlah sedikit. Selain berperan baik untuk sistem pencernaan, manfaat buah nanas lainnya yaitu dapat menangkal sakit akibat perut kembung dan mencegah kangker usus. 

6. Belimbing


Belimbing
via pixabay

Belimbing merupakan buah tropis yang juga kaya akan kandungan vitamin C. Buah yang berbentuk seperti bintang ini mengandung 46 mg vitamin C per 100 gramnya. Selain itu, belimbing juga kaya akan antioksidan alami, magnesium, potasium, fosfor, β-karoten dan vitamin A. Dalam buah belimbing juga terkandung serat dengan jumlah tinggi yang membantu mengendalikan kadar glukosa dalam darah.

Manfaat belimbing bagi kesehatan yang lain di antaranya yaitu bisa mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi, membantu metabolisme tubuh, menurunkan kolesterol, menghilangkan racun dari tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke. 

7. Mangga


Mangga
via pixabay

Meskipun kadar vitamin C pada buah mangga lebih sedikit dari jeruk, yakni hanya 29 mg, namun buah mangga juga memiliki beragam kandungan dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Selain kandungan vitamin C, dalam buah mangga juga terkandung vitamin A, vitamin B6, vitamin E, kalium, dan tembaga. Mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol.

Beberapa kandungan gizi dan vitamin yang terdapat dalam buah mangga ini terbukti dapat bermanfaat dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kangker, dan menjaga kesehatan jantung. 

Itulah informasi mengenai beberapa buah yang kaya akan kandungan vitamin C selain jeruk.

Selain kaya vitamin C, ternyata buah-buahan di atas juga punya beragam kandungan dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Kita dapat mengkonsumsi secara langsung, dibuat jus, atau pun menambahkannya sebagai pelengkap dalam sajian sop buah. Demikian. Semoga bermanfaat. 

Labels: Info & Sains, Kesehatan

Thanks for reading Selain Jeruk, 7 Buah Berikut ini juga Kaya akan Vitamin C. Please share...!

0 Komentar untuk "Selain Jeruk, 7 Buah Berikut ini juga Kaya akan Vitamin C"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.