10 Tempat Wisata Keren dan Eksotis di Dataran Tinggi Dieng

Kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu destinasi wisata populer yang bisa anda jumpai di wilayah provinsi Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di dua wilayah kabupaten yakni Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara menunjukkan bahwa kawasan ini menyimpan banyak pesona wisata menarik yang sayang untuk anda lewatkan. Pada postingan kali ini, kita akan mengenal beberapa tempat wisata keren dan menarik yang ada di kawasan dataran tinggi Dieng.

1. Telaga Warna


telaga warna
via katalogwisata.com

Berlokasi di Dieng Wetan, Kab. Wonosobo, anda akan menemukan sebuah tempat wisata alam cantik nan eksotis bernama telaga warna. Salah satu keunikan dari telaga ini yaitu sering memunculkan nuansa warna - warna unik sehingga tampak indah. Terlebih saat anda mengunjungi telaga ini pada musim kemarau (bulan Juli hingga Agustus), anda akan berkesempatan lebih besar untuk dapat melihat warna air dari telaga ini berubah menjadi merah, hijau, biru, putih, hingga lembayung. Secara ilmiah, perubahan warna ini terjadi berkaitan dengan keberadaan ekosistem yang ada di telaga tersebut. 

2. Telaga Pengilon


telaga pengilon
via tempatwisatasekitar.blogspot.com

Telaga pengilon terletak bersebelahan persis dengan Telaga Warna. Nama pengilon sendiri diambil dari kata dalam bahasa jawa yang berarti cermin. Hal ini mungkin karena keistimewaan dari telaga ini dimana airnya sangat jernih sehingga bisa untuk bercermin (ngilo). Telaga pengilon memang dikenal memiliki air sangat jernih dan tidak mengandung berbagai zat kimia seperti belerang, sehingga bisa dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai tempat memancing dan sumber mata air untuk pertanian. Lokasinya yang dikelilingi perbukitan juga semakin menambah keeksotisan dari telaga ini. 

3. Telaga Merdada


telaga merdada
via hoteldanwisata.com

Selain telaga warna dan telaga pengilon, kawasan Dieng juga memiliki Telaga Merdada yang tidak kalah eksotisnya dengan telaga-telaga sebelumnya. Telaga merdada sendiri merupakan yang terbesar di antara beberapa telaga yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Kabarnya air dari telaga ini tidak pernah surut sehingga biasa dijadikan sebagai pengairan untuk ladang pertanian warga. Selain itu, telaga ini juga biasa digunakan oleh para pemancing untuk menyalurkan hobi, atau juga para wisatawan untuk sekadar berkeliling telaga dengan perahu kecil yang disewakan oleh penduduk setempat.

4. Komplek Candi Hindu


candi Dieng
via today.line.me

Selain keindahan alamnya, kawasan Dieng juga sarat akan sejarah peradaban masa lalu yang tiada duanya. Sekumpulan candi peninggalan umat Hindu dapat ditemukan di sini. Candi-candi tersebut menjadi saksi bisu pesatnya perkembangan agama Hindu di Jawa pada masa lalu. Kompleks Candi ini juga dikenal sebagai salah satu candi tertua di Jawa yang dibangun pada sekitar abad ke 7 M. Candi-candi Hindu tersebut antara lain: Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama, Candi Nakula-Sadewa, Candi Parikesit, dan Candi Dwarawati.

5. Kawah Sikidang


kawah sikidang
via ladypinem.com

Kawasan pegunungan Dieng yang memiliki aktivitas vulkanik juga menyimpan wisata kawah - kawah vulkanik dengan aroma belerangnya. Salah satu yang populer dan dikenal banyak orang adalah kawah sikidang. Kawah Sikidang adalah kawah di dataran tinggi Dieng yang paling populer dikunjungi wisatawan karena aksesnya paling mudah dicapai. Kawah ini terkenal karena lubang keluarnya gas selalu berpindah-pindah di dalam suatu kawasan luas. Dari karakter inilah namanya berasal karena penduduk setempat melihatnya berpindah-pindah seperti hewan kijang (kidang dalam bahasa Jawa). Jika berkunjung ke sini, pastikan anda sedia masker agar kesehatan tidak terganggu. 

6. Bukit Sikunir


bukit sikunir
via pegipegi.com

Bagi anda para pecinta alam, mengunjungi bukit Sikunir akan memberikan pengalaman tak terlupakan karena tempat ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit paling cantik di Jawa Tengah. Nama Sikunir sendiri berasal dari tanaman rempah Kunir (kunyit) yang berwarna kuning, seperti halnya pantulan sinar matahari ketika terbit (sunrise). Bukit ini memiliki ketinggian 2.300 mdpl dan dan bisa dicapai dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 60 menit. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung juga dapat menyaksikan indahnya pemandangan gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Merapi dari bukit Sikunir. 

7. Gunung Prau


gunung prau
via pendaki.id

Selain bukit Sikunir, berwisata ke gunung prau akan cocok bagi anda yang ingin merasakan tantangan lebih dengan melakukan aktivitas pendakian. Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di kawasan Dieng dengan ketinggian hampir mencapai 2.600 mdpl. Untuk sampai ke puncaknya, waktu yang ditempuh adalah sekitar 3 sampai 4 jam tergantung kondisi fisik setiap pendaki. Dari atas puncaknya, anda dapat menyaksikan gagahnya pemandangan gunung lainnya seperti Gunung Sindoro dan Sumbing. Indahnya sunrise dan sunset juga dapat pengunjung saksikan dari atas puncak gunung prau ini. 

8. Gua Semar


goa semar
via indonesiakaya.com

Goa Semar merupakan salah satu goa yang berada di kompleks kawasan Taman Wisata Alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Selain goa semar, ada juga goa lainnya seperti goa jaran dan goa Sumur. Goa-goa ini merupakan goa yang dikeramatkan dan sering digunakan sebagai tempat untuk olah spiritual. Beberapa kalangan biasa menjadikan goa-goa ini sebagai tempat untuk bersemedi. Konon dahulu para raja-raja Jawa dan pemimpin negara juga pernah bertapa atau semedi di goa ini. Bahkan menurut sejarah, Presiden kedua Republik Indonesia, Bapak Soeharto juga pernah bertapa di area goa ini pada tahun 1974. 

9. Sumur Jalatunda


sumur jalatunda
via traverse.id

Sumur Jalatunda adalah sumur alami yang terbentuk karena aktivitas vulkanik gunung berapi. Sumur ini terletak di wilayah Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo, tepatnya di desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara. Untuk menuju lokasi, pengunjung mesti menaiki kurang lebih 257 anak tangga hingga sampai ke lokasi sumur berada. Meski begitu, indahnya pemandangan alam perbukitan di sekitar tempat ini akan ditemui di sepanjang perjalanan. Sumur jalatunda memiliki kedalaman sekitar 100 meter dengan air berwarna kehijauan. Bagi warga sekitar, sumur raksasa ini juga masih dianggap keramat dan bukan sumur biasa.

10. Dieng Plateau Theater


Dieng Plateau Theater
via jejakpiknik.com

Dieng Plateau Theater merupakan gedung bioskop yang menyajikan film dokumenter tentang kawasan wisata di dataran tinggi Dieng. Di tempat ini, wisatawan akan mendapatkan pengetahuan tentang segala hal tentang Dieng seperti sejarah peristiwa masa lalu, kondisi geografis, penduduk, budaya masyarakat, dan lain-lain yang berkaitan dengan kawasan Dieng. Dengan menonton film tersebut, pengunjung pun jadi tahu tentang segala hal yang ada di kawasan wisata alam ini. Ruangan bioskop ini mampu untuk menampung sekitar 100 orang dan beroperasi dari jam 7 pagi hingga sekitar jam 6 petang. 

Demikianlah informasi tentang 10 Tempat Wisata Keren di Dataran Tinggi Dieng. Semoga bermanfaat.  

Labels: Jelajah

Thanks for reading 10 Tempat Wisata Keren dan Eksotis di Dataran Tinggi Dieng. Please share...!