Cara Agar Bisa Menuliskan Kode Html di Komentar Blog

tulis html

Sebagai pemilik blog yang juga membahas tutorial seputar blogging, tentu tidak jarang anda membahas tentang pemasangan kode-kode script yang harus diletakkan ke dalam html template untuk fungsi-fungsi dan penerapan tertentu. Akibatnya, kadang muncul beberapa pertanyaan di kolom komentar yang mempertanyakan tentang pemasangan kode-kode tersebut ketika belum bisa dipahami oleh si penanya (pemberi komentar). 

Setelah menuliskan penjelasan tentang peletakkan kode-kode html tersebut di kolom komentar, tiba-tiba balasan jawaban yang telah anda buat tidak bisa dikirim dan muncul peringatan seperti berikut ini:

tidak bisa publish komentar

Apa gerangan yang sedang terjadi?. Mengapa hal ini terjadi pada diri saya?. Mungkin seperti itulah perasaan anda saat mendapati tentang fenomena ini. 

Perlu diketahui, ternyata bukan anda saja yang mengalami hal ini. Bagi pemilik blog berplatform blogspot, kita memang tidak bisa meletakkan kode-kode html ke dalam komentar blog. Dengan kata lain, kolom komentar blogger tidak mengizinkan kita untuk menuliskan/menyisipkan kode HTML. Bukan hanya itu saja, kita pun juga tidak bisa meletakkan javascript ke dalamnya. Jika tetap memaksa, maka hasilnya akan tetap seperti di atas, alias ditolak. 

Kalau begini jadinya, lalu bagaimana cara kita untuk menjelaskan kepada si penanya agar jawaban kita bisa dipahami jika tidak bisa memasukkan kode-kode tersebut?. 

Tenang, anda jangan menyerah karenanya. Ternyata ada trik tersendiri agar kita bisa berhasil meletakkan kode-kode html tersebut ke dalam kolom komentar dan akan muncul setelah komentar dipublish. Bagaimana caranya?. Simak langkah-langkah di bawah ini. 

Cara Menuliskan Kode Html ke dalam Komentar Blogger


Sama halnya dengan pemasangan beberapa kode script yang tidak bisa disimpan ke dalam html template, solusi untuk masalah ini juga sama, yaitu dengan memparse kode-kode tersebut terlebih dulu. 

1. Silahkan tulis dulu balasan komentar anda ke dalam kolom komentar, termasuk dengan kode-kode htmlnya. 

2. Setelah itu, copy balasan anda tersebut dan silahkan parse menggunakan tool parse yang tersedia. 

Sebagai contoh, saya gunakan Parse HTML for Blogger untuk memparsenya. Misal balasan komentar saya seperti berikut ini:
Kalau tidak ada, silahkan cari kode <h3 class='post-title entry-title'> kemudian letakkan kode berikut ini di atasnya:

<b:include data='posts' name='breadcrumb'/>
Setelah diparse menggunakan Parse HTML for Blogger, maka hasilnya menjadi seperti berikut ini:
Kalau tidak ada, silahkan cari kode &lt;h3 class=&#039;post-title entry-title&#039;&gt; kemudian letakkan kode berikut ini di atasnya:

&lt;b:include data=&#039;posts&#039; name=&#039;breadcrumb&#039;/&gt;
3. Kalau sudah, silahkan copy hasil parse -an tersebut dan pastekan kembali ke dalam kolom komentar blogger. 

4. Publish komentar dan lihat hasilnya. 

Dengan menerapkan cara ini, kode-kode html dan javascript pun sekarang bisa anda tampilkan di kolom komentar blog anda. Ohya, contoh hasilnya juga bisa anda lihat di kolom komentar di bawah ini. 

Kalau anda merasa tidak perlu menggunakan tool untuk memparsenya, anda juga bisa mem'parse'nya sendiri secara manual dengan cara menghapalkan kode-kode yang harus diubah seperti berikut ini:
  • < diubah menjadi &lt;
  • > diubah menjadi &gt;
  • " (dua tanda petik) diubah menjadi &quot;
  • ' (satu tanda petik) diubah menjadi &#039;
  • & diubah menjadi &amp;
Silahkan pilih cara mana yang anda sukai. Hasilnya sama saja, tergantung anda mau cara ribet atau yang simpel dan cepat. Demikian. Semoga bermanfaat.

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Agar Bisa Menuliskan Kode Html di Komentar Blog. Please share...!

1 comments on Cara Agar Bisa Menuliskan Kode Html di Komentar Blog

  1. Contoh peletakkan kode html dalam komentar:

    Kalau tidak ada, silahkan cari kode <h3 class='post-title entry-title'> kemudian letakkan kode berikut ini di atasnya:

    <b:include data='posts' name='breadcrumb'/>

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.