Mengenal Vertigo dan Bahan Rempah Alami Untuk Menyembuhkan Vertigo

Apa jadinya jika kepala terasa pusing dan dunia di sekeliling anda serasa berputar-putar?. Mungkin itulah yang disebut vertigo, anda yang pernah diserang vertigo pasti sudah hafal sensasi seperti itu. Saat vertigo menyerang, maka akibatnya anda jadi tidak bisa bekerja dan beraktivitas seperti biasanya. Bahkan untuk beristirahat pun juga sulit karena rasanya sungguh tidak nyaman. Sensasi ini bisa bertahan selama beberapa menit, jam, atau bahkan berhari-hari

Sakit Vertigo
ilustrasi via Istockphoto

Vertigo merupakan kondisi yang muncul akibat berbagai hal. Pada beberapa orang, Vertigo disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang menyerang telinga bagian dalam sehingga terjadi peradangan. Namun pada kasus lainnya vertigo muncul karena penyakit seperti meniere, vertigo posisional paroksismal benigna (BPPV), multiple sclerosis, tumor, stroke, dan perdarahan otak. Selain itu, vertigo juga bisa dipicu oleh cedera Ieher atau kepala, mabuk perjalanan, dan obat-obatan yang berefek samping pada telinga dan sakit kepala migrain. Namun, kasus-kasus tersebut jarang sekali terjadi.

Biasanya vertigo akan pulih sendiri setelah beberapa saat karena otak mulai menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi pada telinga bagian dalam anda. Namun dalam beberapa kasus, anda mungkin akan membutuhkan pengobatan dan perawatan profesional untuk meringankan dan mengobati vertigo. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik dan obat-obatan pereda mual dan pusing untuk mengatasi vertigo.

Gejala-Gejala Vertigo


Bagi setiap orang, tanda-tanda vertigo yang muncul bisa bervariasi. Untuk membedakan mana vertigo dan mana yang pusing biasa, perhatikan berbagai gejala vertigo berikut ini. Jika gejala-gejala yang muncul tidak kunjung hilang selama beberapa jam atau hari, sebaiknya segera periksakan diri anda ke tenaga kesehatan.

  • Merasa benda-benda di sekelilingnya berputar atau seolah-olah dirinya berjalan dan berpindah tempat padahal tidak bergerak sama sekali. 
  • Tidak bisa menjaga keseimbangan sehingga sulit berjalan dan berdiri. 
  • Mual yang kadang disertai dengan muntah-muntah karena pusing. 
  • Gerakan mata yang tidak wajar, misalnya dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah secara cepat. 
  • Muncul keringat dingin. 
  • Telinga berdenging. 
  • Gangguan pendengaran. 
  • Gangguan penglihatan, misalnya benda-benda yang dilihat.
  • Berkurangnya tingkat kesadaran. 

Berbagai Rempah untuk Meredakan Vertigo


Setelah anda mengonsumsi obat-obatan dari dokter, kadang gejala vertigo yang dirasakan begitu kuat sehingga anda butuh penolong lainnya. Tenang saja, anda bisa meringankan serangan vertigo dengan bahan-bahan sederhana dan alami yang bisa anda temukan di dapur. Bahan-bahan rempah apa saja yang bisa menyelamatkan anda dari serangan vertigo?. Simak informasinya berikut ini. 

1. Jahe

Khasiat jahe sudah dikenal sejak lama sebagai obat yang ampuh mengatasi mual, muntah-muntah, dan pusing. Selain itu, jahe juga bisa melancarkan peredaran darah sehingga otak pun akan mendapatkan suplai oksigen dari darah. Jika vertigo kambuh karena terjadinya infeksi virus atau bakteri, fungsi jahe sebagai antiradang bisa menolong anda lebih cepat. Untuk meredakan vertigo dengan jahe, seduh akar jahe atau jahe bubuk dengan air hangat atau teh.

Anda juga bisa menambahkan sedikit daun mint dalam seduhan tersebut untuk menghilangkan rasa mual. Selain mengobati peradangan, minum air jahe mampu mencegah dehidrasi yang berisiko memperparah gejala vertigo yang menyerang anda. Karena sifatnya yang serbaguna, anda dapat memanfaatkan jahe sebagai bumbu sayuran, sup, dan berbagai hidangan lainnya jika rasa jahe terlalu kuat bagi lidah anda.

2. Kayu Manis

kayu manis adalah rempah-rempah yang bagus untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu saja, kayu manis juga sumber potasium, mangan, kalsium, magnesium, seng, dan zat besi. Menambahkan kayu manis ke dalam masakan juga bisa menambah aroma lezatnya. Selain itu, kayu manis juga memiliki khasiat dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi vertigo.

Kayu manis diketahui dapat memberikan efek farmakologis seperti obat-obatan, yang mampu mengobati gejala vertigo. Kandungan minyak safrole, sinamadehide, eugenol, tanin, damar, dan kalsium oksanat pada kayu manis, dapat mengembalikan keseimbangan tubuh saat terkena vertigo.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Buahnya berasa pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah beragam. Air buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, serta membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor. Bisa juga sebagai campuran jamu.

Dalam dunia pengobatan herbal tradisional, khasiat jeruk nipis juga sudah tidak diragukan lagi, beberapa diantaranya adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sumber antioksidan, mencegah kerusakan sel tubuh, mengurangi tekanan darah tinggi, mengatasi vertigo, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

4. Madu

Madu diyakini memiliki sifat kuratif untuk meringankan aliran darah ke otak sehingga sangat disarankan buat yang mengalami vertigo. Cukup dua tetes madu, madu dipercaya sebagai obat tradisional vertigo paling ampuh untuk meredakan sensasi berputar ketika vertigo sudah mulai menyerang. Madu juga dipercaya dapat melancarkan aliran darah ke otak, sehingga keseimbangan tubuh akan semakin terkontrol dengan lebih baik.

Minuman rempah obat vertigo
ilustrasi via gsilab.id


Minuman Rempah Sederhana Untuk Mengobati Vertigo 

Bahan


  • 1 ruas jahe 
  • 1/2 jeruk nipis peras
  • 1 Kayu manis
  • 250 ml air 
  • Madu secukupnya

Cara Membuat

Seduh jahe dan kayumanis dengan air panas. Setelah hangat, tambahkan jeruk nipis dan madu. Minuman siap dinikmati.

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Mengenal Vertigo dan Bahan Rempah Alami Untuk Menyembuhkan Vertigo. Please share...!