10 Tempat Wisata Hits dan Populer di Wonogiri

Berada di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Wonogiri menyimpan sejuta kekayaan alam yang lengkap mulai dari pegunungan hingga pesisir pantainya. Banyaknya jenis bebatuan kapur di wilayah ini juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga dikemas menjadi tempat-tempat wisata menarik bagi para wisatawan. Ada beragam jenis wisata yang bisa anda jumpai di Wonogiri. Mulai dari wisata pantai, air terjun, bukit, goa, hingga waduk bisa anda jelajahi saat berkunjung ke Wonogiri. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kami informasikan 10 tempat wisata hits dan populer di Wonogiri. 

1. Waduk Gajah Mungkur


waduk gajah mungkur
via wikipedia.org

Dari dulu Wonogiri memang terkenal dengan Waduk Gajah Mungkurnya, bahkan waduk ini juga menjadi salah satu ikon wisata dari kota ini. Waduk Gajah Mungkur berlokasi di Godean, Sendang, kecamatan Wonogiri. Dinamakan waduk gajah mungkur karena lokasi waduk ini tidak jauh dari Pegunungan Gajah Mungkur yang berada di sebelah barat waduk. Selain berfungsi untuk pengairan, waduk yang dibuat dengan membendung sungai Bengawan Solo ini juga menjadi tempat wisata menarik bagi para wisatawan. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya yaitu naik jetski atau boat untuk mengelilingi waduk, spot-spot foto menarik, atau sekedar memancing di area yang sudah disediakan. 

2. Pantai Nampu


pantai nampu
via pantainesia.com

Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatannya, ada banyak wisata pantai di Wonogiri. Salah satu yang terkenal yaitu pantai Nampu yang berlokasi di desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Pantai Nampu merupakan destinasi wisata pantai unggulan dan favorit bagi masyarakat Wonogiri dan sekitarnya. Ciri khas dari pantai ini yaitu memiliki dataran pantai berpasir putih yang landai dengan tebing-tebing karang yang berada di sisi sebelah baratnya. Deburan ombak yang beradu dengan dinding-dinding karang tersebut juga semakin menambah keeksotisan dari pantai ini. Pantai ini sangat cocok untuk mengisi liburan wisata anda bersama keluarga tercinta.

3. Puncak Secokro


puncak secokro
via ksmtour.com

Beralih ke wisata pegunungan, kali ini kita menjumpai Puncak Secokro yang berada di Sumberrejo, desa Bakalan kecamatan Purwantoro. Puncak Secokro merupakan tempat wisata berupa menara pandang yang kini sedang cukup hits di kalangan wisatawan. Dari menara pandang ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan bukit dengan hamparan alam yang berada di bawahnya. Hijau dan rindangnya pepohonan terasa sangat menyejukan mata dengan hawa udara yang sejuk dan menyegarkan. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan kepenatan sembari menyegarkan pikiran. Tersedia juga beberapa gazebo untuk bersantai sembari berbincang dengan para sahabat.

4. Air Terjun Girimanik


air terjun girimanik
via paradiso-wonogiri.blogspot.com

Wisata air terjun juga banyak dijumpai di wilayah Wonogiri, salah satu yang terkenal yaitu air terjun Girimanik di desa Setren, Kecamatan Slogohimo. Air terjun Girimanik merupakan obyek wisata air terjun dengan paket lengkap untuk memanjakan wisatawan yang datang berkunjung. Ada tiga air terjun di kawasan ini, yaitu air terjun Manik Moyo, air terjun Tinjo Moyo, dan air terjun Condromoyo. Tempat wisata ini memang telah dikenal luas sehingga selalu ramai wisatawan saat musim liburan tiba, saat akhir pekan, atau bahkan pada hari-hari biasa. Selain merasakan dinginnya air terjun, wisatawan juga dapat menikmati segarnya udara pegunungan sembari bersantai di bawah rimbunnya pohon pinus yang berada di sekitar lokasi. 

5. Bukit Cumbri


bukit cumbri
via inews.id

Berlokasi di desa Kapyar, Kecamatan Purwantoro, Bukit Cumbri menawarkan pesona keindahan alam perbukitan yang menawan dengan spot-spot foto yang keren dan instagramabble. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda penyuka tantangan dan penjelajahan. Untuk menuju ke atas bukit, anda mesti berjalan mendaki terlebih dahulu sehingga butuh tenaga dan stamina prima agar sampai ke puncaknya. Adakalanya jalur pendakian licin dan terjal sehingga anda juga mesti berhati-hati saat berjalan. Namun begitu sampai di atas bukitnya, anda akan dibuat terpana dengan indahnya pemandangan alam yang tersaji. Anda juga dapat melihat sunrise dan sunset cantik di tempat ini.

6. Museum Karst Wonogiri


museum karst
via jateng.xplorenesia.co.id

Selain wisata bertema alam, Wonogiri juga mempunyai museum Karst yang berlokasi di desa Gebangharjo, kecamatan Pracimantoro. Museum Karst adalah museum yang berisi koleksi informasi dan contoh batuan kapur (Karst) sebagaimana banyak dijumpai di wilayah Wonogiri. Museum ini bahkan dinilai merupakan museum karst terbesar dan terunik di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Tempat ini sangat cocok sebagai wisata edukasi untuk menambah pengetahuan. Di museum ini, pengunjung dapat melihat jenis-jenis bebatuan karst serta sejarah goa-goa melalui contoh batuan, diorama, dan film dokumenter. Wisatawan bahkan dapat melihat langsung beberapa gua yang berada di sekitar museum. 

7. Museum Wayang Indonesia


museum wayang
via travel.tribunnews.com

Selain museum karst, anda juga dapat mengunjungi museum wayang yang terletak di dalam kompleks Padepokan Pak Bei Tani M Ng. Prawirowihardjo di kecamatan Wuryantoro, Wonogiri. Museum ini diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri, Presiden Indonesia saat itu pada tanggal 1 September 2004. Di museum ini, pengunjung dapat menambah pengetahuannya tentang dunia wayang yang merupakan warisan adiluhung dari kebudayaan nenek moyang kita. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat melihat ratusan koleksi aneka jenis wayang yang tersimpan di museum ini. Museum ini biasanya ramai dikunjungi para pelajar yang ingin mengetahui tentang seluk beluk wayang. 

8. Telaga Claket


telaga claket
via travel.kompas.com

Telaga Claket merupakan tempat wisata berupa telaga cantik dengan pemandangan alam yang begitu mempesona. Lokasinya berada di desa Sendangijo, kecamatan Selogiri. Di tempat ini, tersedia beberapa kolam pemancingan bagi anda yang memiliki hobi memancing. Sementara bagi para kawula muda, tersedia juga fasilitas outbond yang berada di area sekitar telaga ini. Banyak juga spot-spot foto menarik dan instagramabble bagi anda yang hobi berfoto selfie. Karena pemandangannya yang indah, tempat ini juga sering digunakan untuk berbagai keperluan foto seperti foto pra wedding dan sebagainya. Tempatnya yang nyaman dan asri juga sangat cocok untuk melepas penat sembari menyegarkan pikiran. 

9. Gua Putri Kencono


goa putri kencana
via Instagram @thisisindonesian

Ingin menjelajahi dalamnya perut bumi, anda dapat mengunjungi goa Putri Kencono yang berlokasi di desa Wonodadi, kecamatan Pracimantoro. Menurut sejarahnya, pemberian nama Putri Kencono didasarkan pada pengalaman warga sekitar yang mengaku pernah melihat sesosok putri bernama putri kencono di gua tersebut. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa petualang. Berada di dalam goa ini, anda akan dibuat takjub saat melihat berbagai stalagtit dan stalagmit yang terbentuk secara alami di sepanjang lorongnya. Goa seluas kurang lebih 1000 meter ini juga telah dilengkapi dengan alat bantu penerangan sehingga pengunjung dapat mengabadikan moment-moment menarik saat berfoto dengan latar belakang maha karya alam tersebut. 

10. Sendang Asri Wonogiri


sendang asri wonogiri
via javatravel.net

Jika anda berkunjung ke waduk Gajah Mungkur, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Sendang Asri yang lokasinya berdekatan dengan waduk tersebut. Sendang asri merupakan taman rekreasi keluarga sehingga sangat cocok untuk liburan akhir pekan anda bersama keluarga tercinta. Tempat wisata ini juga menawarkan paket wisata lengkap dengan beragam wahana seperti waterboom, kolam renang, kereta kelinci, taman satwa, dan beragam fasilitas lainnya. Tidak heran tempat ini merupakan wisata favorit bagi anak-anak. Puas bermain air, anda juga bisa berwisata kuliner untuk mencicipi aneka kuliner khas Wonogiri yang bisa dijumpai di sekitar lokasi. 

Itulah informasi tentang 10 Tempat Wisata Hits dan Populer di Wonogiri yang sayang untuk anda lewatkan saat berkunjung ke Wonogiri. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah

Thanks for reading 10 Tempat Wisata Hits dan Populer di Wonogiri. Please share...!