Tips Agar Tetap Semangat Berpuasa Meski Tidak Sahur


Tidak sahur di sini maksudnya karena ketidaksengajaan ya, karena namanya bersantap sahur merupakan anjuran dari Nabi sehingga hendaknya jangan kita tinggalkan. Rasulullah SAW bersabda, "Makanlah sahur kalian, karena ada keberkahan di dalamnya" (HR. al-Bukhari). Selain sunnah Rasul, tentunya banyak pula manfaat lain dari bersantap sahur terutama untuk kelancaran kita saat berpuasa. 

Semangat puasa
via pixabay

Namun karena suatu alasan, kadang kala kita melewatkan bersantap sahur sehingga tidak dinyana sudah waktu imsak saat bangun di pagi hari. Hal ini misalnya terjadi karena satu keluarga kebablasan tidak ada yang terbangun, atau mungkin bagi anda yang tinggal di kost lupa setel alarm dan teman tidak ada yang bangunin sehingga waktu sahur pun bablas. 

Jika terjadi seperti ini, biasanya kita pun akan merasakan lemah, letih dan lesu saat puasa di siang harinya karena perut kosong. 

Nah, bagaimana cara menyiasatinya agar meski tidak sahur tetapi kita bisa tetap semangat saat menjalankan puasa?. Berikut ini kami rangkumkan beberapa tipsnya untuk anda:

1. Mantapkan Niat


Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap Muslim dengan niat menjadi salah satu rukunnya. Oleh karenanya, niat ini tidak boleh terlupa agar puasa kita menjadi sah. Bagi masyarakat pedesaan, perihal niat ini cukup terbantu dengan adanya tradisi melafadzkan niat puasa bersama (tentunya juga dengan krenteg dalam hati) seusai shalat tarawih berjamaah di masjid atau mushala. 

Selain niat sebagai rukun puasa, agar kita bisa tetap semangat berpuasa meski lupa sahur ada baiknya kita juga meniatkan diri atau memantapkan diri saat sedang berpuasa dengan memahami esensi dari berpuasa yang sesungguhnya. 

Puasa tidak hanya menahan lapar, namun juga menjauhi hal-hal yang dapat membatalkan dan menjaga perilaku kita agar terhindar dari tindak maksiat dan perbuatan sia-sia. Harapannya, tentu saja agar kita bisa meraih keutamaan pahala berpuasa sehingga dapat termasuk sebagai golongan Muttaqiin (Orang-orang yang bertaqwa). 

2. Menyibukkan Diri


Tips lainnya agar kita bisa tetap "bertenaga" saat berpuasa meski tidak makan sahur yaitu dengan menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat. Gunakan waktu anda sebaik mungkin dengan beraktivitas. Tidak usah yang berat-berat, cukup gerakan badan dengan kegiatan bermanfaat untuk mengisi waktu luang anda hingga tiba waktu berbuka puasa. 

Sering kali timbulnya rasa malas itu terjadi karena kita tidak beraktifitas, sehingga kita jadi malas gerak dan semangat pun hilang. Maka untuk mengatasi hal itu, kita bisa mencari berbagai kesibukan sembari menunggu waktu berbuka. 

Jika memang anda tidak sedang bekerja, kerjakanlah aktivitas-aktivitas ringan tapi berguna untuk mengisi waktu. Misalnya ikut beres-beres rumah atau menyapu halaman. Jangan gunakan waktu kosong anda untuk tidur seharian, karena justru akan membuat anda menjadi lemas dan tidak bertenaga. 

3. Tunda Dulu Kegiatan Sekiranya Menguras Tenaga


Bisa jadi mungkin sebelumnya anda punya rencana di siang hari saat berpuasa untuk mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan yang cukup menguras tenaga. Misalnya mungkin anda ingin mengecat rumah, beres-beres gudang, atau renovasi rumah agar saat hari raya nanti rumah anda menjadi kinclong dan asri. Namun bagaimana jadinya jika anda lupa tidak makan sahur?. 

Agar anda mampu bertahan sampai bedug maghrib, sebaiknya tunda dulu kegiatan atau aktivitas menguras tenaga seperti renovasi rumah, angkat-angkat barang berat, atau aktivitas menguras tenaga lainnya. 

Apalagi jika hal itu tidak begitu mendesak, maka memang sebaiknya tunda dulu rencana anda tersebut di lain hari agar tidak menggangu kewajiban berpuasa anda. Atau jika anda merasa mampu karena pekerjaan tersebut dirasa tidak terlalu berat, kerjakan pelan-pelan saja semampunya agar tetap dapat mempertahankan puasa anda. 

4. Ingatlah Manfaat Berpuasa


Banyak keutamaan yang didapat dari menjalankan ibadah puasa. Kita sering mendengarnya dari ceramah para Kiyai atau ustadz saat mengisi kultum atau tausyiah di masjid. Bulan Ramadhan adalah bulan suci penuh berkah dengan segala keistimewaannya. 

Kewajiban puasa di dalamnya juga merupakan ibadah istimewa dengan pahala tak terhingga karena Allah sendiri yang menentukan. Oleh karenanya, jika kita mampu menjalankannya dengan sebaik-sebaiknya, niscaya akan ada pahala besar menanti untuk kita. 

Keutamaan puasa
via pixabay

Selain balasan yang besar, berpuasa juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bisa dikatakan bahwa rasa lapar atau lelah ini bukan berarti apa-apa mengingat manfaat berpuasa dan keutamaannya dalam meningkatkan ketaqwaan dan kesehatah tubuh kita. 

Kiranya dengan mengetahui hal ini seharusnya dapat semakin memantapkan rasa iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Untuk di antara beberapa manfaat dari berpuasa untuk kesehatan, anda bisa baca pada postingan-postingan berikut ini:


Itulah beberapa tips agar kita tetap bisa semangat berpuasa meski tidak bersantap sahur. Jangan jadikan lupa sahur sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Tetap semangat beraktivitas dan tingkatkan ibadah agar puasa kita dinilai berkualitas di sisi Allah SWT. Amiin.

Labels: Tips & Cara

Thanks for reading Tips Agar Tetap Semangat Berpuasa Meski Tidak Sahur. Please share...!

0 Komentar untuk "Tips Agar Tetap Semangat Berpuasa Meski Tidak Sahur"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.